Resep Balado Ayam Spesial Lebaran

oleh Maya Galuh
11:28 AM on Jul 15, 2015

Anda kurang suka sajian opor ayam? Tenang, ada banyak kreasi menu ayam yang tidak kalah spesial untuk sajian lebaran. Salah satunya adalah dimasak balado. Wah pecinta pedas pasti gembira luar biasa nih! Menu khas Sumatera Barat ini jadi istimewa saat Idul Fitri tiba.

Resep Balado Ayam
Resep Balado Ayam [ImageSource]
Kenapa? Karena biasanya disajikan dengan nasi, tapi saat lebaran dimakan bersama ketupat ataupun lontong. Biasanya ditambah dengan siraman kuah kari yang gurih luar biasa. Sudah tidak sabar untuk memasaknya? Ini dia caranya:
Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong menjadi 10 bagian
500 ml air
1 batang serai, geprek hingga pipih
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, geprek hingga pipih

Bumbu Halus :
1 sendok teh ketumbar
2 cm jahe, memarkan
1 sdt garam
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri

Bumbu Balado :
10 buah cabai merah, rajang halus
10 butir bawang merah
2 siung bawang putih
ΒΌ sdt garam
2 buah asam kandis, utuh

Langkah Membuat:
1. Bersihkan ayam yang telah dipotong-potong, pastikan tidak ada darah yang tersisa.
2. Kemudian rebus seluruh potongan ayam bersama bumbu halus yang telah diulek hingga halus, daun salam, serai dan juga lengkuas. Biarkan hingga seluruh bumbu meresap ke dalam daging.
3. Setelah itu, tiriskan ayam lalu goreng hingga matang.
4. Untuk bumbu balado, ulek seluruhnya kecuali asam kandis.
5. Kemudian tumis bumbu balado hingga harum dan layu bersama dengan asam kandis.
6. Masukkan ayam yang telah digoreng tadi, aduk hingga merata dan bumbu balado membalur seluruh potongan ayam hingga ke seluruh bagian.
7. Sajikan panas-panas, nikmati dengan kerupuk udang goreng dan juga acar mentimun yang segar.

Bagaimana, ternyata membuat ayam balado tidak rumit bukan? Tingkat kepedasan juga bisa Anda atur sendiri. Ingin semakin pedas maka bumbu baladonya bisa Anda modifikasi sesuai selera. Tidak ada hidangan lain senikmat menu istimewa yang disantap bersama keluarga.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA