Selain perekonomiannya yang melaju sangat pesat, Tiongkok juga dikenal berkat perkembangan teknologi militernya. Mulai dari pesawat tempur J-20, Pengebom jarak jauh Xian-H6K, hingga kapal induk Liaoning. Deretan alusista tersebut membuat Tiongkok disegani oleh militer dunia.

Tak cukup di situ, Tiongkok kini mulai berinovasi menciptakan sebuah senjata masa depan yang berteknologi tinggi. Bukan senapan main-main. Amunisinya adalah sebuah sinar laser yang sanggup memanggang tubuh manusia seketika. Konon, teknologi ini akan dikembangkan dan digunakan untuk kepentingan militer maupun kepolisian. Penggunaannya yang terbatas, tentu akan semakin membuat penasaran untuk diketahui.

Dari fiksi ilmiah, menjadi fakta ilmiah

ZKZM-500 lahir dari tangan-tangan ahli Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok. Muntahan sinar lasernya sanggup membakar target dalam waktu singkat dari jarak maksimal satu kilometer. Bahkan, jika durasi terpaannya lebih lama atau intensitas tenaga laser dibesarkan, sanggup membakar manusia dalam sekejap.

Kalau terkena kulit, maka mengalami yang namanya ‘karbonisasi instan’ dan meninggalkan bekas luka permanen. Ini senjata senyap, namun mematikan,” kata Wang Zhimin, seperti dikutip dari situs gizmodo.com.

Jika Amerika Serikat boleh bangga dengan senjata laser dalam film Star Wars, Tiongkok pun lebih canggih lagi karena berhasil membawa teknologinya ke dunia nyata. Bisa dibilang, apa yang ada dalam film fiksi ilmiah tersebut, telah menjadi fakta ilmiah yang tak terbantahkan.

Teknologi sangar yang bakal diproduksi secara massal

Sinar laser yang dimuntahkan dari moncong ZKZM-500 tergolong sangat mematikan. Mengusung kaliber 15 mm dan berat tiga kilogram, senjata ini cukup kuat untuk membakar tangki bensin dan meledakkan fasilitas bahan bakar pangkalan militer. Selain itu, sinar laser pada senapan ZKZM-500 ini disetel pada frekuensi yang tak terlihat dan tidak menghasilkan suara. Senyap dan mematikan

Bakal diproduksi secara massal [sumber gambar]
Sebagai teknologi yang baru dikembangkan, ZKZM-500 nantinya akan diproduksi secara massal. Namun sayang, penggunaannya hanya sebatas pada militer dan institusi kepolisian Tiongkok saja. Selain itu, satuan antiteroris Tiongkok juga kabarnya akan mendapatkan jatah pemakaian dari senjata mematikan ini.

Spesifikasi dan tujuan penggunaan ZKZM-500

Dilansir dari tactical-life.com, ZKZM-500 dirancang untuk dapat dipasang pada mobil, perahu boat dan pesawat. Bobotnya yang ringan (3 kg), membuat senjata ini dijuluki sebagai AK-47 versi laser. Untuk tenaganya , ZKZM-500 dilengkapi dengan baterai lithium yang bisa diisi ulang dan sanggup menembak sebanyak 1.000 kali dengan jeda waktu dua detik.

Bakar kulit manusia hingga rusak poster demonstran [sumber gambar]
Dibuat oleh Xian Institute of Optics and Precision Mechanics, , ZKZM-500 menelan biay produksi sekitar 100 ribu yuan (US$15 ribu) atau sekitar Rp213,5 juta per unit. Dilansir dari sains.kompas.com, senjata ini bakal digunakan untuk membakar spanduk ilegal yang melakukan protes atau membakar rambut dan pakaian pendemo. Selain itu, penggunaanya yang tak biasa membuat militer Tiongkok mengawasi keberadaannya dengan ketat.

Meski hanya sebatas uji coba, militer Tiongkok sukses membangun sebuah senjata yang selama ini hanya ada dalam khayalan belaka. Bersaing ketat dengan AS yang juga kuat berinovasi di bidang militer, semoga senjata ini bisa digunakan untuk tujuan positif ya Sahabat Boombastis.