in

Salman Syamlan, Youtuber di Balik Lagu yang Dinyanyikan ‘Kearab-araban’ dan Penuh Qolqolah

Apakah Sahabat Boombastis semua tau lagu ‘Daging Anjing Sayur Kol’ yang viral banget itu? Walaupun tidak hafal, pasti pernah mendengar bukan? Lagu yang dicipta dan dinyanyikan oleh Punxgoaran, sebuah band dari Sumater Utara. Viral dinyanyikan oleh anak kecil di instgram, akhirnya semua orang berlomba untuk mengcover lagu ini dengan versi mereka masing-masing.

Salah satu yang unik dan mencuri perhatian warganet adalah channel 3way Asiska. Di tengah maraknya Daging Anjing Sayur Kol, sang Youtuber malah mengganti liriknya menjadi lebih syar’i lengkap dengan qolqolah super mantul yaitu ‘Daging Unta Sayur Qowl’.

Video klip berdurasi 3 menit lebih tersebut diawali dengan prolog tentang seorang pemuda Arab konyol yang mencari makanan misterius. Kata-kata digidigidaw eak eak eak bhukak tietiek jhos, tetapi hidungnya tetap tajam dan mancung seperti tower’. Untung, akhirnya ia menemukan apa yang dicari selama ini.

Setelah intro yang membuat penonton bingung, ‘ini maksudnya apa sih?’, ia lanjut menyanyikan lagi Sayur Kol versi Arab. Dandanan khas Arab, memakai sorban, serta qolqolah medhok pastinya membuat penonton tak bisa menahan tawa. Latarnya pun dibuat seolah berada di daerah Timur Tengah, dengan hamparan gurun pasir, kambing gurun, serta unta.

Foto bersama Fiyan Asiska [Sumber gambar]
Adalah Salman Syamlan, si bintang video klip yang ada di dalam parody tersebut. Kalau dilihat dari wajahnya, Salman memang tampak punya darah Arab, sehingga cocok memarankan karakter dengan logat tersebut. Salman sendiri merupakan seorang mahasiswa asal Situbondo yang kuliah di Universitas Brawijaya, Malang jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan.

Jika kalian sudah sering menonton video yang ada di kanal 3way Asiska, maka wajah pria satu ini sudah tidak asing lagi. Ia beberapa kali membuat video parody ‘kearab-araban’ plus qolqolah mantul. Mulai dari lagu Balonku Ada Lima, Ramayana (Kerja Lembur Bagai Quda), serta Despacito. Setelah Boombastis.com telusuri, Salman dan pemilik channel 3way Asiska, Fiyan Triway Asiska memang merupakan sahabat baik. Mereka tampak akrab di depan atau di belakang kamera ( behind the scene) pembuatan videonya.

Hingga sekarang video yang diunggah pada 5 Januari 2019 ini sudah ditonton lebih dari 9 juta orang. Kanal youtubenya pun sudah meraih Silver Play Button dengan 350k subscriber. Antusias mereka bukan main karena menemukan hal yang unik dan beda dari yang lain. Komentar netizen pun beragam. “Nih lagu gue ulang ulang terooos sampe emak gue marah marah…”kalo sholawatan jangan itu aja nak…!!!” ucap akun @mushoff88. Atau @AlifFirmansyah yang bilang “Sebaiknya di perbaiki lagi. Untuk bagian sayur qoleq ada huruf Ya bertemu dengan Qof ditambah Lam mati. Itu panjangnya 2 harokat bang.”

BACA JUGA: Mael Lee, Youtuber yang Sedang Naik Daun dan Menyebut Dirinya ‘Preman Terkuat di Bumi’

Orang-orang di balik 3way Asiska adalah anak muda kreatif dan berbakat. Ya, semoga ke depannya semakin sukses dan terus menghibur kita semua ya, para warganet seperti butuh lebih banyak konten unik yang mendidik dan enggak mainstream.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Masih Banyak Dipakai, Susuk Ternyata Punya 5 Pantangan Bagi Penggunanya

Aktor Saphira Indah Hembuskan Nafas Terakhir, Ini Kiprahnya dalam Dunia Perfilman