Wali Kota Transgender Pertama di Dunia, Madhu Kinnar

oleh Ayu
13:02 PM on Mar 16, 2015

Wali Kota transgender pertama sempat menggegerkan dunia di awal tahun ini. Sejak Januari 2015, nama Madhu Kinnar menjadi sosok yang menonjol karena menjadi salah satu kandidat dari rakyat biasa, namun berhasil memenangkan pemilihan Wali Kota di Raigarh, India.

Madhu Kinnar, terlahir sebagai Naresh Chauhan. Ia dikeluarkan dari sekolah saat remaja dan meninggalkan keluarganya untuk bergabung dengan komunitas transgender setempat. Mungkin orang akan memandang remeh status sebagai seorang transgender, atau disebut hijraa di India. Namun kini sejak Madhu Kinnar (nama yang ia gunakan sejak menjadi transgender) memenangkan pemilihan wali kota, hijraa tak lagi dipandang sebelah mata, apalagi bagi mereka yang bergabung dengan komunitas.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

57d8dd06-9383-498b-9718-1d585b4488b8-620x372
Madhu Kinnar via The Guardian

Beberapa tahun lalu, Madhu Kinnar hanyalah orang yang mencari uang dengan menari dan menyanyi di jalanan dan gerbong kereta. Namun dari situlah, ia mengetahui permasalah besar yang dialami masyarakat modern, yakni sanitasi. Apalagi bagi masyarakat kecil yang tinggal di pemukiman sempit. Berbekal misi sederhana itu, Madhu Kinnar mengusung diri menjadi salah satu kandidat wali kota dan berhasil mengalahkan beberapa kandidat lainnya.

Lama tinggal di kalangan masyarakat menengah ke bawah dan terlahir di Kasta Dalit (kasta terendah di India), membuat Madhu Kinnar tidak sulit menyentuh warganya dengan cara yang sederhana. Ada kalanya Madhu melakukan blusukan, menggunakan skuter sewaan, naik becak, atau bahkan menumpang orang lain yang sukarela memberikan tumpangan untuknya.

Wali Kota pilihan rakyat via The Guardian

Setiap pukul 7 pagi, Madhu beserta para stafnya sudah mulai melakukan sidak untuk pengawasan dan penertiban sanitasi lingkungan. Apalagi banyak orang yang kerap mengabaikan hal ini kalau tidak ditekan oleh atasan. Belajar dari pengalaman pemerintahan sebelumnya, para tim kerja Madhu memilih untuk meninjau langsung ke lokasi.

Pernah hidup dari latar belakang sederhana membuatnya mudah mendekati dan memenuhi kebutuhan warga via The Guardian

Transgender usia 35 tahun ini berhasil menjadi salah satu politisi yang down to earth. Sikap inilah yang membuatnya dengan mudah memenangkan pemilihan wali kota, karena ia telah lebih dulu memenangkan hati warganya dengan mengerti kebutuhan mereka. “Masyarakat menunjukkan dukungannya pada saya. Saya menganggap kemenangan ini sebagai cinta dan doa dari mereka untuk saya. Akan saya lakukan usaha terbaik demi mereka,” kata Madhu.

Well, sometimes it’s not about who you are, but it’s about what you do. Mereka yang melakukan sesuatu karena tahu apa yang menjadi tujuan hidup, seringkali lebih disadari keberadaan dan eksistensinya tanpa harus mengatakan siapa diri mereka.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA