Mengintip 5 Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia

oleh Rahma Muliani
07:10 AM on Jun 19, 2015

Puasa adalah menahan diri dari apapun yang membatalkan puasa, termasuk makan dan minum mulai dari terbit fajar sampai waktu Maghrib tiba, yakni saat matahari mulai tenggelam. Lamanya matahari terbit sampai terbenam itu berbeda-beda di setiap negara. Hal itulah yang membuat lama berpuasa di setiap negara juga berbeda-beda.

Jika di Indonesia lama berpuasa dalam sehari itu sekitar 12 – 13 jam, namun berbeda dengan negara-negara di belahan bumi lainnya. Durasinya lebih lama bahkan ada yang sampai 20 jam, wah seperti apa yaa rasanya berpuasa selama itu? Kita simak langsung aja yuk!

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

1. Jepang 15 jam

Matahari di Jepang akan terasa begitu menyengat di kulit, hal itu dikarenakan tingkat kelembapannya yang sangat tinggi. Sudah bisa dibayangkan bagaimana rasanya menahan lapar dan haus di suhu yang panas seperti itu. Mungkin akan terasa sedikit berat, akan tetapi balik kepada iman masing-masing bukan.

Shinjuku, Tokyo
Shinjuku, Tokyo [ImageSource]
Mereka yang berpuasa di Jepang, harus menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 15 jam. Umat Muslim yang tinggal di negara matahari terbit ini, akan memulai puasa sejak pukul 03.11 dan berbuka puasa pada pukul 18.47 waktu setempat.

2. Amerika Serikat, 16 jam

Umat Muslim yang tinggal di negeri Paman Sam ini, mulai berpuasa itu sejak jam 03.00 dini hari dan akan berbuka puasa pada jam 20.00 waktu setempat. Jika dihitung, mereka akan menahan lapar dan haus selama kurang lebih 16 jam lamanya.

New York City, Amerika Serikat
New York City, Amerika Serikat [ImageSource]
Meskipun terbilang panjang, menikmati puasa di Amerika Serikat tidaklah terlalu sulit. Saat siang hari, meski musim panas sedang berlangsung, udaranya tetap sejuk dan kita tidak akan gerah seperti di Indonesia. Besar suhu di sana hanya 20 – 25 derajat celcius saja.

3. Inggris, 17 jam

Meski minoritas dan waktu siangnya lebih lama dibanding di Indonesia, akan tetapi umat Muslim di Inggris tetap semangat melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Waktu siang yang berlangsung selama kurang lebih 17 jam itu, sangat mempengaruhi waktu berbuka para muslim yang berpuasa di sana.

London, Inggris
London, Inggris [ImageSource]
Para umat Muslim di London akan mengakhiri makan sahur pada pukul 02.45 dini hari. Hanya 2 jam lebih cepat dibanding Amsterdam, waktu berbuka puasa Muslim Inggris akan tiba pada sekitar pukul 19.45. Jadi mereka berpuasa dalam satu hari itu,  selama 17 jam lebih.

4. Amsterdam, Lama Puasanya 19 jam

Saat musim panas, di daerah ibu kota dari Belanda ini memiliki siang yang sangat panjang. Muslim yang tinggal di sana tentunya harus memiliki stamina lebih untuk menjalankan puasa. Karena durasi berpuasa di sini lebih lama 7 jam dibanding di Indonesia.

Amsterdam
Amsterdam [ImageSource]
Berpuasa di negara yang memiliki empat musim ini, akan berlangsung selama kurang lebih 19 jam. Para umat muslim akan melaksanakan ibadah sahur dengan batas waktu sampai pukul 04.00 pagi, dan akan berbuka puasa pada jam 10 malamnya.

5. Skandinavia 21 jam

Skandinavia adalah bagian dari negara Nordik yang juga mencakup Islandia dan Finlandia. Di negara ini, waktu siangnya juga lebih lama dibanding dengan waktu malamnya. Terlebih lagi saat musim panas, yang menyebabkan waktu siangnya ada 21 jam.

Pegunungan Di Skandinavia
Pegunungan Di Skandinavia [ImageSource]
Itu tandanya waktu kita untuk menikmati makanan hanya berlangsung selama 3 jam. Akan tetapi, umat Muslim di sana sudah terbiasa dengan lama berpuasa yang cukup panjang ini. Namun ada beberapa ulama mengatakan, Muslim Skandinavia boleh mengikuti waktu sahur dan berbuka di Arab Saudi atau Turki, yang lama berpuasanya hanya 14 jam.

Itulah tadi beberapa negara dengan durasi berpuasa terlama. Meskipun harus menahan lapar dan haus selama 17 jam lebih, tetapi jika memiliki iman yang kuat tentu itu hal semacam ini tidak menjadi penghalang. Jadi, untuk kita yang tinggal di Indonesia, berpuasa hanya sekitar 12 jam sehari bukanlah sesuatu yang berat bukan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Dibangun Mewah Berjuta-juta, TKW Ini Robohkan Rumah Barunya dengan Alasan yang Ngelus Dada Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia
BACA JUGA