Wacana Kenaikan BBM

oleh didi
08:08 AM on Nov 4, 2014

Rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang akan dilaksanakan pemerintahan mendatang, memberikan ruang terbuka terjadinya praktek penguasaan ladang usaha stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) oleh milik asing.

Bahan bakar minyak dapat mendorong pertumbuhan ekonomi tahun depan. Alasannya, dana yang semula untuk subsidi BBM dapat digunakan pemerintah untuk mengembangkan pembangunan dalam negeri. Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said memastikan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi tak akan ditunda. Sebab, sudah selama lima tahun terakhir anggaran subsidi BBM mencapai Rp 1.300 triliun, melebihi pengeluaran untuk kesejahteraan rakyat dan infrastruktur yang hanya Rp 1.000 triliun.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Rencana-kenaikan-bahan-bakar-minyak
Rencana-kenaikan-bahan-bakar-minyak

Namun menurut Sudirman, akibat besarnya subsidi yang digunakan untuk bahan bakar minyak ini, bantuan kepada masyarakat menjadi tidak tepat sasaran. Mestinya dana sebesar itu sudah bisa dimanfaatkan untuk pembangunan jalan tol, rumah sakit, irigasi, dan infrastruktur. Kendati demikian, ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik. Meskipun ada rencana kenaikan harga, pasokan BBM subsidi di seluruh daerah dipastikan aman.  Beliau meminta kepada masyarakat tidak perlu mengantri untuk mengisi BBM subsidi jika pemerintah memutuskan kenaikan harga BBM subsidi kelak.

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Jokowi dan Jusuf Kalla sepakat memutuskan kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi sebesar Rp 3.000 per liter pada November 2014. “Sudah diputuskan Jumat minggu lalu, akan dinaikkan Rp 3.000 per liter, Namun Presiden terpilih Joko Widodo membantah pernyataan penasihat Tim Transisi, Jenderal (Purnawirawan) Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut menyatakan harga bahan bakar minyak akan naik sebesar Rp 3.000 per liter pada November 2014. Jokowi mengatakan belum memutuskan kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi. Ada sejumlah opsi yang sedang dikaji sebelum menaikkan harga BBM. Kenaikan harga juga bervariasi.

Dinaikkannya harga BBM akan mendorong pemerintah mencabut subsidi untuk dialihkan kepada sektor lain. Padahal dalam sejarahnya, salah satu alasan pemberian subsidi adalah untuk menekan perusahaan asing agar tidak menguasai sektor usaha SPBU. Pemberian subsidi minyak, tidak semuanya buruk. Salah satunya adalah membendung menjamurnya perusahaan minyak asing.

Luhut mengatakan langkah menaikkan harga BBM akan menambah defisit anggaran senilai Rp 27 triliun. Selain itu, pemerintah Jokowi dan Jusuf Kalla juga harus menanggung utang kekurangan bayar BBM subsidi sebesar Rp 46 triliun. Tanpa kenaikan ini, menurut Luhut, kas negara bisa minus Rp 72 triliun. Jika kenaikan tersebut dilakukan, maka dampaknya akan meluas. Dampak yang meluas, seperti kenaikan tarif angkutan umum hingga harga nasi rames. Kenaikan harga BBM akan memberikan dampak yang tersebar dan menyeluruh. Dampak yang paling dirasakan akan berada di kota besar lebih dahulu sampai ke kota-kota dipelosok daerah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA