Di balik kehebatannya sekarang, Honda bisa dibilang memiliki pengaruh besar untuk perkembangan balap Valentino Rossi. Berkat pabrikan asal Jepang itulah dahulu banyak orang mulai mengenal sosok Rossi. Lewat motor NSR500 dan RC211, Vale perlahan unjuk gigi di jagad balapan kuda besi dunia. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kemenangan dan performa yang bagus.

Bahkan menjadi salah satu pembalap yang selalu diperhitungkan setiap ajang MotoGP. Valentino Rossi sendiri bisa dibilang hanya menorehkan waktu yang singkat saat bersama pabrikan asal Jepang tersebut. Tercatat pria Italia hanya mampu bertahan tiga tahun saja dari 2000 sampai 2003. Kendati singkat, namun mampu torehkan beberapa kisah manis dengan serangkaian gelar. Tidak percaya? Buktikan sendiri lewat ulasan berikut ini.

Bersama Honda, Rossi sukses menjadi juara dunia kelas 500 cc

Sebelum mampu berjaya di kelas bernama Moto GP dengan Honda, nomor 500 cc yang pertama kali dimenangkan pria asal Italia tersebut. Sebuah capai yang bisa dibilang bagus lantaran hanya membutuhkan satu musim untuk beradaptasi lalu mampu menjadi yang terbaik. Hal bagus ini terjadi pada tahun 2002, lewat motor NSR500 dirinya begitu sulit untuk dikalahkan.

Aksi Rossi bersama Honda [Sumber Gambar]
Layaknya senjata motor digunakannya sukses ‘menghancurkan’ lawan-lawannya. Dari penulusuran penulis saat menorehkan prestasi bagus di kelas 500 cc, Valentino Rossi sukses torehkan 11 kali menjadi nomor satu dan kumpulkan 325 poin. Hasil yang juga membuat pria asal Italia ini menyabet  beberapa gelar individu di jagad balapan roda dua.

Lewat pabrikan Jepang sukses merengkuh gelar juara kelas Moto GP

Beranjak ke musim 2003, Rossi kembali mengejutkan banyak orang lewat performa yang bagus dengan motornya RC211V ia kembali catatkan diri sebagai juara dunia motor balap termasyhur tersebut. Kali ini tidak lagi kelas 500 cc, namun sudah Motor GP. Hasil bagus itu seperti menjadi pelengkap bagaimana kegemilangannya di musim itu.

Rossi jadi nomor satu [Sumber Gambar]
Dirinya mampu menorehkan 16 kali naik podium di tahun 2003, jumlah yang dapat diartikan apabila setiap balapan ia jalani sukses memperoleh gelar juara. Berkat hasil tersebut, poin yang diperolehnya tahun 2003 adalah 357. Menjadi salah satu yang tertinggi selama karier di dunia balap motor roda dua tersebut.

Selama bersama Honda juga torehkan 31 kali kemenangan

Kendati beredar kabar hubungan tidak baik antara Rossi dan Honda setelah kepindahannya tahun 2003 akhir. Rossi tetap patut berterimakasih kepada pabrikan satu ini. Pasalnya, berkat mereka lah performa pria Italia ini terus meningkat. Bahkan bisa dibilang mulai dikenal dunia lewat juara dunia MotoGP di tim yang memiliki slogan One Heart itu.

Rossi podium [Sumber Gambar]
Selain itu bakatnya juga semakin terasah saat bergabung dengan pabrikan satu ini. Rekor kemenangan atau juara satu di tim ini tidak bisa dibilang enteng. Selama bersama Honda The Doctor sukses memperoleh jumlah kemenangan mencapai 31 kali. Tidak itu saja dirinya juga sukses menyingkirkan pembalap hebat lain macam Max Biagi, Sete Gibernu, dan lainnya.

Apa yang dicatatkan Valentino Rossi di Honda memang tidak sehebat kala ia di Yamaha, namun dengan torehkan waktu yang singkat dirinya tetap pantas disebut dahsyat kala bergabung dengan pabrikan tersebut. Dengan motor NSR500 dan RC211V ia begitu istimewa dengan acap kali memenangkan kompetisi balap. Kalau menurut kalian apakah Rossi sebaiknya kembali bersama Honda?