Seorang content creator video atau lebih akrab dengan sebutan YouTuber sekarang bukan lagi sebatas hobby, ia lebih tepat dikatakan sebagai profesi. Toh, ada banyak sekali yang berhenti dari pekerjaannya dan mulai fokus membuat konten video setelah viral dan punya nama.

Ada banyak sekali hal yang bisa dieksplor dan menjadi bahasan para YouTuber ini, mulai dari hal remeh –seperti kegiatan sehari-hari, video lucu, film pendek, hingga yang berupa edukasi kepada para subscriber. Berikut hal yang akan didapatkan oleh seorang Youtuber.

Mendapatkan popularitas dan menjadi superstar

Ada banyak cara untuk menjadi viral dan dikenal di era yang serba digital sekarang. Namun, tanpa dibarengi dengan keahlian atau prestasi tertentu, namamu tidak akan bertahan lama di dunia hiburan. Nah, dengan menjadi konten kreator, secara tidak langsung seseorang sudah membangun namanya sendiri.

Ada banyak sekali sosok yang bertahan hingga sekarang, yang dulunya merintis karier dari Youtube. Sebut saja Raditya Dika, Edho Zell, Arief Muhammad, Mak Beti, serta Atta Halilintar. Dari YouTube juga seseorang bisa mendapatkan sponsor, trip ke dalam atau luar negeri, serta produk gratis untuk kemudian di-review.

Aktualisasi dan pengembangan diri

Sama seperti blogging, YouTube juga merupakan media aktualisasi dan pengembangan diri. Melalui Youtube, kamu bisa menyuarakan pendapat, keluh kesah, kritik, tutorial, serta pendapat tentang sesuatu yang sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat.

Akan tetapi, selain aktualisasi diri, penggunaan media ini juga bisa menjadi kutukan dan merugikan diri jika tidak digunakan dengan baik. Misalnya, menggunakan YouTube untuk hate speech sudah pasti mendatangkan marabahaya untuk diri sendiri. Jadi, pilihan ada di tangan kamu, Sahabat semua.

Mendatangkan uang

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika banyak millennial yang bercita-cita menjadi seorang YouTuber karena tergiur dengan pendapatannya. Sebagai contoh saja, kanal yang jumlah subscribernya di bawah satu juta bisa menghasilkan uang hingga puluhan juta loh,

apalagi kanal besar seperti milik Atta Halilintar atau Ria Ricis ya, bisa miliaran tuh. Sambil menyelam minum air, dengan berbagi video di YouTube kamu bisa mengembangkan diri dan juga mengembangkan rekening.

YouTuber bisa masuk kampus tanpa test

Baru-baru ini viral persyaratan masuk salah satu kampus di Jakarta, tepatnya UPN Veteran Jakarta, yang tak lain adalah 10 ribu subscriber. Hal ini ternyata berlaku untuk calon mahasiswa yang punya YouTube channel sendiri alias konten kreator.

Masuk kampus jalur prestasi [sumber gambar]
Syarat ini sendiri masuk dalam hal yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang akan masuk melalui jalur prestasi, berdampingan dengan prestasi olahraga, Hafiz Alquran, serta pengalaman menjabat OSIS di sekolah. Tuh kan, sekarang menjadi seorang YouTuber itu sudah sangat penting sekali ternyata. Ada yang berani mencoba?

BACA JUGA: Selain Atta Halilintar, Penghasilan 5 Youtuber Ini Juga Enggak Kalah Fantastis

Jadi, untuk kamu yang sekarang sedang berjuang membangun kanal YouTube, jangan berhenti jika masih belum sukses dan tak punya banyak subscriber. Mari belajar dari hal kecil dulu, toh dulunya orang yang punya nama seperti Raditya Dika atau Atta Halilintar juga membangun channel mereka dari 0, kan?