in

7 Kebaikan Besar Ini Bisa Dilakukan dengan Uang Jajan Harian Raja Salman di Indonesia

Dipastikan memperpanjang masa liburan di Pulau Dewata, Raja Arab Saudi dan rombongan yang awalnya akan mengakhiri liburan pada 9 Maret, menambah jangka waktu hingga 12 Maret. Hingga masa liburan berakhir, kabarnya rombongan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud menghabiskan dana sebesar 250 miliar rupiah dalam kurun waktu 10 hari di Indonesia. Kalau dihitung-hitung, total pengeluaran harian sang Raja dan rombongan sekitar 25 miliar rupiah perhari. Wow… !

Dana sebesar 25 miliar itu tentu bukan nilai yang sedikit bagi rakyat Indonesia. Apalagi mengingat Indonesia merupakan negara yang masih berkembang dan butuh banyak perbaikan di sana sini. Dengan uang jajan harian Raja Salman selama di Indonesia, kira-kira ada beberapa hal keren berikut ini yang bisa dilakukan.

Memberi Beasiswa Puluhan Anak Yatim Hingga S3

Ilustrasi pendidikan tinggi [image: source]
Masih banyak anak-anak Indonesia yang belum mempunyai kesempatan untuk mengenyam bangku perkuliahan. Tentu bukan karena anak-anak Indonesia kurang dalam hal akademis, tapi karena ketidakberadaan biaya untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Program-program pemerintah yang menampung anak-anak tidak mampu, jumlahnya amat terbatas. Seandainya uang liburan Raja Salman untuk sehari kita pakai untuk membiayai 10 saja anak yatim, maka dipastikan mereka bisa mengenyam pendidikan hingga jenjang S3.

Membangun 10 Masjid Sederhana

Ilustrasi masjid sederhana [image: source]
Dana 25 miliar yang digunakan untuk liburan rombongan Raja Salman juga bisa digunakan untuk membangun masjid. Karena seperti yang kita tahu, di daerah pedalaman Indonesia yang minoritas muslim masih sangat sedikit berdiri masjid. Contohnya saja di Kabupaten Siau, Sulawesi Utara. Di Kabupaten yang terdiri dari beberapa pulau ini, masjid hanya ada sekitar dua. Karenanya, untuk pergi ke masjid warga muslim harus berjuang menaiki perahu kayu dan melewati arus deras untuk menunaikan sholat jumat. Uang sebesar 25 miliar tentu sangat bisa untuk membuat 10 masjid sederhana di daerah semacam ini.

Memperbaiki 100 Sekolah yang Rusak

Ilustrasi sekolah rusak [image: source]
Meski bidang pendidikan mendapat anggaran 20% tiap tahunnya, namun data Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2016 lalu masih menunjukkan bahwa sebesar 70% ruang kelas sekolah di Indonesia mengalami kerusakan. Karenanya, kita bisa menggunakan dana liburan harian Raja Salman untuk merenovasi setidaknya 100 sekolah dengan kondisi rusak berat. Anggaplah masing-masing sekolah mendapat kucuran dana senilai 250 juta, seperti dana alokasi khusus yang biasanya diberikan pemerintah.

Memberikan Modal Usaha untuk Ribuan Orang

Ilustrasi usaha kecil menengah [image: source]
Hal lain yang bisa dilakukan dengan uang 25 miliar adalah memberikan modal usaha untuk orang-orang yang membutuhkan, orang jalanan, atau pengangguran. Anggaplah masing-masing orang diberikan 10 juta saja modal untuk usaha, maka setidaknya 2500 orang akan terentaskan dari pengangguran.

Membantu Biaya Operasi Jantung 100 Orang

Ilustrasi sakit [image: source]
Di Indonesia, penyebab kematian karena penyakit jantung mencapai 35%. Kebanyakan pasien yang menderita penyakit ini diharuskan melakukan operasi. Sayangnya, banyak di antara pasien-pasien tersebut yang tidak mampu menanggung biayanya. Dan semisal uang 25 miliar digunakan untuk membantu pembiayaan operasi jantung, niscaya sekitar 100 orang bisa mendapat kesempatan hidup yang lebih panjang.

Memberi Makan Ribuan Orang yang Kelaparan

Ilustrasi kelaparan [image: source]
Memberi bantuan berupa logistik makanan juga bisa dilakukan dengan uang sebesar 25 miliar. Bisa jadi, nyawa ribuan orang akan terselamatkan dengan uang itu. Karena sampai hari ini, bencana kelaparan masih melanda dunia bahkan ada juga di Indonesia. Terhitung 100 orang di Somalia pada bulan ini meninggal akibat bencana kelaparan. Dan pada tahun 2015, organisasi pangan dunia (FAO) masih memperkirakan sekitar 19,4 juta penduduk Indonesia masih mengalami kelaparan.

Mendirikan 100 Kamar di Rumah Susun Bagi Tuna Wisma

Rumah susun Pinus Elok, Jakarta [image: source]
Seperti yang kita tahu, di Indonesia pada tahun 2015 menempati posisi ke enam kategori negara dengan jumlah tunawisma terbanyak di dunia. Dan kota yang menempati urutan teratas dengan keberadaan tunawisma terbanyak adalah Jakarta. Dengan uang 25 miliar, setidaknya bisa dibuat sebuah blok rumah susun dengan kualitas baik dengan 100 kamar. Tentu hal ini akan mengurangi jumlah tuna wisma di Indonesia.

Jadi, ada banyak macam-macam hal yang bisa dilakukan dengan uang 25 miliar rupiah yang dikeluarkan Raja Salman dalam sehari. Andaikan uang 25 miliar itu diberikan kepadamu, langkah mana dari 7 hal di atas yang bakal kamu pilih? Hmm, pasti untuk tujuan pribadi. Entah untuk biaya nikah atau beli aset pribadi.

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Panah Wayer, Senjata Tradisional Beracun yang Bikin Resah Masyarakat Indonesia

Nabi Yusya, Panglima Gagah Berani yang Mampu Menghentikan Matahari