Keberadaan ojek online memang hal yang sangat membantu masyarakat. Tak ingin berlelah-lelah menunggu angkutan umum, tak lagi jadi masalah. Terlebih jika lokasi rumah kita yang tidak dilalui kendaraan umum, adanya tukang ojek online tentu sangat membantu. Namun, bagi orang-orang yang punya prinsip untuk tidak bersentuhan dengan yang bukan mahram, tentu ini jadi beban pikiran tersendiri.

Kadang seorang penumpang sampai harus pikir ulang, sebab naik ojek online sangat rawan bersentuhan, baik sengaja atau tidak. Namun, belakangan ini seorang tukang ojek online mendadak viral karena memberikan pembatas khusus di belakang punggungnya. Keberadaan pembatas tersebut sangat membantu untuk tidak bersentuhan langsung dengan penumpang. Kreatif ya, sekalinya ada niat, pasti ada jalan.

Bikin penumpang nyaman

Tukang ojol [sumber gambar]
Seorang penumpang bernama Nova Yenti membagikan pengalamannya di Facebook, menurut Nova, ia sudah dua kali mendapat driver ojek online religius yang bahkan memberikan pembatas di motornya. Sebagai penumpang, Nova mengaku sangat nyaman. Sebab, sering kali ia mendapat ojek online yang mengerem mendadak di tengah perjalanan, otomatis hal tersebut membuat penumpang dan pengemudi ojek saling pepetan, dan tentu saja itu membuat risi. Dengan adanya pembatas pada motor, setidaknya meski pengemudi mengerem mendadak, keduanya tidak akan saling berpepetan secara langsung.

Tidak bersentuhan dengan yang bukan mahram adalah prinsip

ilustrasi [sumber gambar]
Di jaman ini, mungkin bersentuhan dengan yang bukan muhrim bukan lagi menjadi hal yang tabu. Padahal, jika kita sebagai orang muslim, seharusnya tidak tidak sampai menyentuh yang bukan mahramnya. Bagi bapak driver yang tidak disebutkan namanya ini, tidak menyentuh penumpang yang lain gender adalah prinsip. Makanya, ia memakai cara sederhana, yaitu menggunakan sandaran yang simple di belakang punggung. Meski terkesan sepele, namun kebukti kalau cara ini bener-bener memuaskan penumpang. Walhasil, si bapak pasti dapet bintang lima dari para penumpang wanita.

Multifungsi, bisa buat nyender juga

buat nyender [sumber gambar]
Ide sederhana namun ngena milik si bapak driver ini rupanya diacungin jempol sama para penumpangnya, terlebih Nova. Menurutnya, cara si bapak untuk menjaga jarak dengan penumpang memiliki dua manfaat di waktu yang sama. Selain untuk menghindari bersentuhan dengan yang bukan mahram, bisa juga untuk sandaran saat si bapak kelelahan. Terlebih si bapak merupakan driver yang bekerja seharian. Jadi, tak akan terasa terlalu lelah dengan memanfaatkan sandaran yang ada di belakang punggungnya. Nah, cara ini bisa banget jadi inspirasi buat para driver lain.

Sudah ada beberapa ojek syariah loh

ojek syariah [sumber gambar]
Bukan bank aja yang syariah, tukang ojek juga. Ternyata sudah ada beberapa tukang ojek yang menerapkan prinsip tidak menyentuh penumpang, seperti yang dilakukan oleh tukang ojek di Jakarta ini. beliau bahkan memberikan tulisan di sandaran punggungnya dengan kata “syariah”. Menanggapi foto yang diambil secara candid tersebut, banyak netizen yang memberikan komentar positifnya. Bahkan tak sedikit yang berharap agar driver lain terinspirasi dan menerapkan sistem sandaran di belakang punggung agar penumpang perempuan merasa lebih nyaman. Ide bagus sih.

BACA JUGA: 4 Cerita Kebaikan Tukang Ojek Online yang Menyentuh Hati

Nah, gimana menurut kamu? Membuat pembatas antara penumpang dan driver ojek online memang banyak memiliki manfaat. Bantu share ya, biar makin banyak yang tahu, termasuk para driver online, kalau cara ini bisa nambah rasa nyaman buat para penumpang.