Tugce Albayrak, Meninggal Sebagai Pahlawan

oleh didi
08:15 AM on Dec 5, 2014

Tugce Albayrak, gadis berusia 23 tahun itu bisa saja pura-pura tak mendengar teriakan putus asa yang ditingkahi suara tawa bernada kejam dari sebuah toilet di sebuah restoran cepat saji McDonald’s di Kota Offenbach, dekat Frankfurt, Jerman.

Seruan minta tolong tersebut berasal dari dua orang gadis remaja yang jadi bulan-bulanan sekelompok pria. Mereka menjadi korban pelecehan seksual. Kejadian memilukan itu terjadi pada 15 November 2014 lalu, Albayrak memilih tak hanya tinggal diam. Dia menyelamatkan para korban, dan bergelut dengan para pelaku.

Baca Juga
Missileers, Serdadu “Emak-emak” Amerika yang Bisa Bikin Dunia Kiamat Dalam Sekejap
Rochy Putiray, Pesepak Bola Indonesia yang Pernah Bikin AC Milan Ampun-ampunan

Tugce Albayrak, Meninggal Sebagai Pahlawan
Tugce Albayrak, Meninggal Sebagai Pahlawan

Tugce kemudian terlibat adu mulut dengan sekelompok pria yang melecehkan remaja tadi, tanpa takut dia berusaha menghentikan tindakan itu. Namun sekelompok laki-laki tersebut malah menyerangnya secara brutal di parkiran parkir McD, Kota Offenbach, dekat Frankfurt. Hal ini terlihat dalam sebuah video rekaman CCTV yang dipublikasikan di media Youtube memperlihatkan kejadian tersebut.

Tonjokan yang menimpanya membuat Tugce terpental dan membuatnya tidak sadarkan diri. Dia koma selama dua pekan dan dokter memvonisnya mati otak. Dokter angkat tangan dan pihak keluarga pun merelakan kepergiannya. Di hari ulang tahunnya yang ke 23 pihak keluarga mencopot alat bantu hidup yang terpasang di tubuhnya.

Kematiannya menjadi duka cita mendalam, tak hanya bagi keluarganya, tapi seluruh rakyat Jerman. Bendera Turki dan Jerman berkibar di hari pemakamannya, Rabu 3 Desember 2014. Pemakamannya dihadiri ribuan pelayat dari berbagai latar agama. Lebih dari 1.000 pelayat melantunkan doa dalam upacara pemakaman secara Islam dan disiarkan secara langsung di televisi. Belum lagi kerumunan orang di jalanan untuk memberikan penghormatan terakhir.

Pemakaman gadis itu berlangsung di kota kecil Wachtersbach. Sejumlah pejabat turut menghadirinya seperti Ketua Uni Islam Turki-Jerman, menteri negara bagian Hesse, Dubes Turki untuk Jerman dan sejumlah politisi lokal dan federal.

Dalam sebuah petisi, publik Jerman meminta agar pemerintah memberikan penghormatan untuknya dengan medali Federal Order of Merit atas keberaniannya tersebut. Keberanian sang gadis memang luar biasa, menyelamatkan orang lain namun nyawanya sendiri menjadi taruhannya. Lantas, di luar sana masih adakah orang yang memiliki keberanian seperti ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa
BACA JUGA