in

Jangan Tertipu! Kenali Trik-trik Laknat yang Sering Digunakan Penjual Motor Bekas

Saat ini, banyak orang yang berminat untuk membeli motor bekas. Biasanya masyarakat memilih membeli motor bekas karena keterbatasan biaya yang dimiliki. Kemudian, kualitas yang tidak jauh berbeda dengan motor baru menjadi salah satu bahan pertimbangan juga. Sehingga jangan heran kalau saat ini banyak penjual motor bekas yang menjamur di mana-mana.

Akan tetapi, karena motor bekas diminati oleh semua kalangan, banyak penjual yang memanfaatkan keadaan ini. Mereka menggunakan beragam trik supaya motornya bisa cepat terjual. Bahkan, tidak hanya satu atau dua saja, kini banyak penjual yang melakukan hal haram tersebut demi mendapatkan keuntungan.

Jual beli motor bekas banyak diminati masyarakat [Sumber Gambar]
Metode culas yang paling banyak digunakan ialah menghaluskan suara dari mesin motor. Pada umumnya, motor bekas dijual dalam keadaan komponen yang mengalami aus. Nah, jika ada komponen yang aus, maka secara otomatis mesin akan mengeluarkan suara berisik. Untuk itu, para pedagang menghindarinya dengan cara motor diberikan oli yang tingkat kekentalannya sangat tinggi. Dengan begitu, suara berisik dari motor tidak akan terdengar sama sekali oleh pembeli.

Lalu, trik curang lainnya adalah mengganti suku cadang asli dari motor dengan yang KW alias palsu. Sementara suku cadang yang asli dijual untuk memperoleh keuntungan bagi diri sendiri. Contoh suku cadangnya adalah spakbor, lampu ataupun pelek. Jadi, untuk kalian yang ingin membeli motor bekas harus berhati-hati ya.

Mengganti lampu dengan barang KW [Sumber Gambar]

Kemudian speedometer juga tak luput dari bidikan para pedagang culas nih. Biasanya mereka mengakali agar angka di odometer menjadi rendah. Caranya hanya dengan mengganti speedometer menjadi yang baru dan angkanya sudah diatur sedemikian rupa supaya terlihat lebih rendah. Ini dilakukan para pedagang lantaran motor yang memiliki angka odometer rendah, harga jualnya akan semakin tinggi.

Nah, itu tadi trik-trik nakal yang sering digunakan oleh para pedagang motor bekas. Jadi, untuk kalian yang berniat membeli motor bekas, harus melakukan beberapa hal. Contohnya adalah konsultasi ke bengkel terpercaya terlebih dahulu tentang apa saja yang harus diperhatikan saat membeli motor bekas. Lalu, kalian bisa juga mengajak kerabat yang tahu tentang motor, supaya tidak tertipu dengan trik-trik culas tersebut.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Deddy Corbuzier Punya Pacar Baru, Begini Komentar Mantan Istrinya yang Ngademin

11 Unggahan Netizen Pas Jakarta Lagi Sepi Ini Benar-benar Menggugah Tawa