Cuma di Papua, Tradisi Unik dan Ekstrem Ini Berada

oleh VeBee
07:00 AM on Feb 21, 2016

Tanah di ujung timur Nusantara ini, ternyata punya tradisi-tradisi unik yang bikin orang bakal melongo melihatnya. Pulau yang terkenal dengan Raja Ampat-nya ini terdiri dari beberapa suku yang punya tradisi masing-masing.

Nggak cuma rumah Hanoi yang mirip jamur itu, atau koteka yang nyentrik aja yang bikin Papua unik. Tapi juga deretan tradisi ini, juga perlu kalian tahu. Siap-siap melongo ya Guys!

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

1. Yang satu ini namanya Tradisi Bakar Batu, diadakan sebagai ungkapan syukur.

Tradisi bakar batu [image source]
Tradisi bakar batu [image source]
Meski namanya bakar batu, tapi nggak cuma batu aja yang di bakar. Ada ubi, ketela, singkong, dan umbi-umbian lain yang biasanya ikut dibakar di atas batu. Nyem nyem makan ubi rame-rame dong!

2. Tradisi Potong Jari untuk keluarga yang ditinggal orang tercinta.

Tradisi Potong Jari, SukuDhani-Papua [image source]
Tradisi Potong Jari, SukuDhani-Papua [image source]
Sebagai pertanda kesedihan karena ditinggal orang yang dicintai, maka orang yang ditinggal harus memotong jari mereka sesuai jumlah orang yang meninggal. Waduh, kalo yang meninggal 10 bisa nggak punya jari tuh!

3. Nah, saat ada acara pernikahan, maka ada arak-arakan seperti ini. Namanya Tradisi Ararem

Tradisi Ararem di Papua [image source]
Tradisi Ararem di Papua [image source]
Kalau ngantar pengantin, seperti ini ramainya, Sob. Orang-orang ini mengantarkan mas kawin ke tempat nikah. Yang unik dalam tradisi ini adalah mereka tak pernah lupa membawa bendera merah putih loh. Wah, udah kayak karnaval aja ya?

4. Di Kabupaten Sorong, Papua ada Tarian adat yang unik bernama Imeko

Tarian adat suku Imeko, Papua [image source]
Tarian adat suku Imeko, Papua [image source]
Nama Imeko diambil dari 3 daerah sembaran yaitu inanwatan, metemani, dan kokoda. Tarian ini bisa dibilang unik. Kenapa? Karena tarian ini terkenal dengan goyang pantatnya. Uniknya lagi, pada tarian ini gerakan tangan penari menyerupai kepakan sayap berbagai macam burung. Sayangnya, kita cuma bisa lihat tarian ini saat ada acara-acara adat atau memasuki rumah baru aja Guys.

5. Mumi, nggak cuma ada di Mesir, di Papua juga ada. Kenalan yuk sama Mumi Aikima

Mumi aikima berusia lebih dari 3 abad [image source]
Mumi aikima berusia lebih dari 3 abad [image source]
Di Papua ada mumi Aikima yang berusia lebih dari 300 tahun. Selain ini, ada 2 mumi lagi yang berhasil menarik wisatawan untuk melihatnya. Hii, berani foto bareng mumi?

6. Suku Kamoro bahkan punya tradisi berdarah Guys. Mereka bikin gendang dari darah. Hiii..

Suku Kamaro membuat genderang dari darah [image source]
Suku Kamoro membuat gendang dari darah [image source]
Yup, gendang atau yang disebut masyarakat Papua sebagai Tifa ini, tidak direkatkan dengan lem, tapi dengan darah. Darah itu diambil dari seseorang yang berani paha-nya disilet. Ngeri ya, Guys.

7. Siapa yang suka main perang-perangan? Di Papua bahkan ada festivalnya loh! Namanya Festival Lembah Baliem

Festival Lembah Baliem di Papua [image source]
Festival Lembah Baliem di Papua [image source]
Festival ini diadakan sebagai pertanda kesuburan, Sob. Meski melibatkan adu kekuatan antar suku, tapi festival ini tetap asyik dan aman buat kita lihat dan nikmati. Yang keren lagi dari festival yang melibatkan 3 suku di Papua ini adalah adanya skenario pemicu perang. Wah, udah kayak main film aja ya.

Gimana, Sob? Udah melongo belum? Tradisinya unik dan nyentik kan?

Indonesia itu kaya,Bro. Kaya alam, seni, dan adat istiadat. Bahkan di daerah pelosok seperti Papua, juga kaya tradisi. Yakin cuma diam di rumah aja? Yuk, beranjak dari tempat duduk, dan mulailah jelajahi ibu pertiwi. Memulainya dari Papua, boleh juga.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA