Tradisi Unik Dan Aneh Yang Hanya Ada di Korea Selatan

oleh wahyu
08:00 AM on Dec 10, 2014

Lewat invasi budaya K-Pop, pemerintah Korea tampaknya berhasil memberi pengaruh mereka ke seluruh dunia. Selain kestabilan ekonomi mereka, dalam hal kesenian dan budaya, Korea juga tampaknya ingin punya pengaruh kuat layaknya Jepang. Hal itu tampaknya berhasil dan membuat banyak sekali orang yang ingin berkunjung ke Korea Selatan, khususnya kota Seoul.

Anda bisa jadi adalah salah satu orang yang bermimpi ingin sampai di negeri gingseng tersebut. Namun, sebelum pergi anda harus membiasakan diri untuk beberapa hal berikut. Karena apa yang ada di Korea mungkin akan membuat anda tercengang dan kaget.

Baca Juga
Bukan Anak Artis, 6 Bocah Ini Mendadak Tenar di Sosial Media Sepanjang Tahun 2017
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela

1. Para Pria yang Memakai Kosmentik

Pria di Korea Selatan sangat terobsesi dengan kosmetik. Data menunjukkan bahwa para pria di Korea menghabiskan $900.000 per tahunnya untuk penggunaan kosmetik. Produk yang dipakai para pria ini antara lain pembersih wajah, pelembab anti-aging dan krim untuk kantung mata.

Di Korea anda akan menjumpai para pria berdandan sebelum pergi ke kantor atau ke kampus. Bahkan, keahlian dalam memakai make up adalah salah satu kemampan yang harus dimiliki pebisnis di Korea, mengingat pekerjaan mereka menuntut penampilan yang prima. Dan jangan heran jika di Korea ada acara TV khusus yang membahas make up para pria.

2. Hari-Hari Romantis yang Harus Dirayakan

Korea tampaknya negara yang memang diciptakan untuk tempat manusia saling jatuh cinta. Di sini, diberlakukan banyak sekali hari kasih sayang. Seluruh dunia mungkin hanya menngenal hari kasih sayang di 14 Februari. Namun, orang Korea punya lebih dari itu.

Pada 14 Januari mereka merayakan “Hari Buku Harian” dimana sepasang kekasih akan saling menukar buku harian untuk diisi dengan cerita cinta. 14 Desember adalah “Hari Pelukan”. 14 Juni adalah “Hari Kecupan”. Sementara 14 April adalah “Hari Hitam” dimana orang-orang yang tidak memiliki pasang akan memakan mi berwarna hitam, sambil berharap akan mendapat pasangan di tahun berikutnya.

3. Gologan Darah Anda Akan Jadi Sangat Penting

Apa yang biasanya akan anda tanyakan ketika dalam tahap pendekatan dengan seseorang? Mungkin yang terlintas adalah hobi, kegiatan sehari-hari atau keluarga. Namun, bagi orang Korea, sangat penting untuk mengetahui golongan darah seseorang.

Orang Korea sangat percaya bahwa sifat seseorang sangat bergantung pada golongan darahnya. Menurut orang Korea, orang dengan golongan darah A adalah orang yang blak-blakan. Golongan darah B adalah orang kreatif namun tidak sabar. Golongan AB cenderung misterius dan Golongan O sangat ambisius. Konon, di Korea orang akan memilih calon pendamping berdasarkan golongan darah.

4. Toilet adalah Benda Bersejarah

Di Kota Suwon, Korea terdapat sebuah taman hiburan yang bertema toilet. Taman ini diresmikan pada tahun 2012 lalu untuk mengenang walikota Suwon, Sim Jae-duck yang juga dikenal sebagai “Mr. Toilet”.

https://www.youtube.com/watch?v=qwvkPV_nHXI

Seperti halnya nama taman ini, segala sesuatu yang ada di taman ini berhubungan dengan toilet. Hal ini berkaitan dengan bosesi Sim Jae-duck yang ingin memberikan toilet yang baik untuk semua enduduknya. Pada Piala Dunia Korea tahun 2002 silam, Jae-Duck menjadi inisator pembangunan toilet bersih untuk ribuan fans FIFA dari seluruh dunia.

5. Operasi Plastik adalah Hal Lumrah

Menurut sebuah survey pada tahun 2009, satu dari lima wanita di Korea melakukan operasi plastik. Tidak seperti di negara lain, di Korea, melakukan operasi plastik bukanlah hal yang memalukan. Banyak siswi sekolah menengah atas yang didukung oleh orangtuanya untuk melakukan operasi. Hal tersebut merupakan hal yang lumrah di Korea Selatan.

Bahkan, Miss Korea tahun 2012 juga melakukan operasi plastik dan tidak ada yang memprotes hal tersebut. Operasi plastik juga banyak digemari kaum pria di Korea akhir-akhir ini. Sebanyak lima puluh dua persen dari wanita yang melakukan operasi plastik telah kehilangan indera perasa di area wajah mereka. Mereka juga banyak yang mengalami masalah dalam mengunyah dan menelan.

Korea Selatan sedang merintis jalannya untuk menjadi salah satu negara paling kuat di dunia. Oleh sebab itu mereka melakukan banyak perbaikan di berbagai aspek. Hal ini sedikit-banyak mempengaruhi aspek kehidupan sosial mereka.

Beberapa dari tradisi dan kebiasaan di Korea patut untuk kita contoh, seperti kegigihan mereka dalam memasarkan produk budaya. Namun, sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita juga wajib menyaring budaya dan tradisi yang sebaiknya tidak kita tiru. (HLH/@pulungpulung)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya
BACA JUGA