Gubernur Jakarta Setuju Dengan Kebijakan Mendikbud

oleh didi
08:13 AM on Dec 10, 2014

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama setuju dengan langkah Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan yang menghentikan kurikulum 2013. Menurutnya, kurikulum tersebut terburu-buru untuk dilaksanakan.

“Saya kira sudah tepat keputusan menteri (Anies Baswedan) Kurikulum 2013 ini enggak siap, ngapain dipaksain,” kata Ahok di Balai Kota DKI, Jalan Medan Meredeka Selatan, Jakarta, Senin (8/12).

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Gubernur Jakarta Setuju Dengan Kebijakan Mendikbud
Gubernur Jakarta Setuju Dengan Kebijakan Mendikbud

Dia berjanji akan mempersiapkan segala keperluan terkait perubahan kurikulum tersebut. Dia juga akan berkoordinasi dengan Kadis Pendidikan Pemprov DKI untuk mempersiapkan sekolah-sekolah di Jakarta menghadapi pergantian kurikulum. “Kita sambil siapkan nanti,” katanya.

Sebelumnya, Mendikbud Anies Baswedan telah memutuskan menghentikan pelaksanaan Kurikulum 2013 di seluruh Indonesia. Anies menuturkan alasan keputusan itu diambil karena sebagian besar sekolah belum siap melaksanakan Kurikulum 2013. Sebab masih ada masalah soal kesiapan buku, sistem penilaian, penataran guru, pendamping guru dan pelatihan kepala sekolah yang belum merata. Hal ini berdasarkan rekomendasi tim evaluasi implementasi kurikulum dan diskusi dengan berbagai elemen pemangku kepentingan.

“Saya memutuskan, menghentikan pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah yang baru menerapkan satu semester yaitu sejak tahun pelajaran 2014/2015. Sekolah ini supaya kembali menggunakan kurikulum 2006,” kata Anies.

Anies juga mengatakan bahwa kurikulum 2006 itu agar digunakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. “Harap diingat, konsep yang ditegaskan dalam kurikulum 2013 sebenarnya telah diakomodasi kurikulum 2006 seperti penilaian otentik dan pelajaran tematik terpadu,” tuturnya.

Saat ini Kemendikbud telah menyiapkan surat penjelasan Nomor: 179342/MPK/KR/2014 tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013. Penjelasan tersebut ditujukan kepada seluruh kepala sekolah se-Indonesia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA