in

5 Tradisi Unik Suku-Suku di Indonesia, Ada Yang Mengasingkan Perempuan Hamil!

5. Tradisi Ma’nene Yang Seram Oleh Suku Toraja

Tradisi yang hanya ada di suku Toraja ini berawal dari kebiasaan para leluhur mereka yang suka mengembara menyusuri gunung dan bukit. Dalam pengembaraannya, tidak jarang ada diantara mereka yang kemudian sakit dan meninggal. Ágar mereka yang meninggal bisa kembali pulang, para kerabatnya menggunakan kekuatan gaib agar mereka bisa berjalan sendiri.

Tradisi Ma'nene
Tradisi Ma’nene

Dalam perjalanan pulangnya, orang yang meninggal tersebut tidak boleh disapa, dipanggil ataupun dipegang oleh orang yang masih hidup. Konon, jika sampai disapa atau dipegang, kekuatan gaib yang menyelimuti mayat berjalan tersebut akan hilang dan orang yang menyapa itu akan ikut meninggal.

Kini, tradisi ini masih dilestarikan namun dengan cara yang berbeda. Setiap tiga tahun sekali, kerabat yang meninggal akan ‘’dibangunkan”. Caranya adalah dengan mendandani jasad tersebut, dipakaikan bedak dan baju bagus dan kemudian diarak keliling desa. Anehnya, meskipun jasad tersebut sudah berumur tahunan, namun masih tetap utuh dan bahkan seolah bisa berdiri di atas kaki mereka sendiri.

Sungguh kaya bukan tradisi di tanah air kita? Semoga kekayaan budaya kita akan menambah kecintaan kita akan budaya sendiri.

Baca Juga :5 Perempuan ini, Pembalap Tercantik Di Dunia

Written by Admin

Leave a Reply

Wah, Jualan Tongsis di Korea Selatan Bisa Dipenjara Lho!

Mini MacDonald's

Gaya Hidup Tak Lepas Dari Fast-Food, Anak 12 Tahun Terserang Diabetes