Momen kelulusan di Indonesia punya kesan yang khas dan tak terlupakan. Baik itu saat masih sekolah maupun sudah kuliah. Ada beberapa ritual atau kebiasaan khusus yang hanya terjadi pada musim-musim kelulusan.

Tak hanya mereka yang lulus, banyak mata pencaharian atau orang yang tidak ikut merayakan kelulusan ikut ‘mewaspadai’ momen-momen kelulusan ini. Mengapa? Karena ada beberapa fenomena unik seperti berikut ini.

1. Corat-Coret Seragam

Khusus untuk anak SMA nih, seringnya kita melihat mereka merayakan momen kelulusan dengan semprat-semprot seragamnya menggunakan cat pilox atau tanda tangan menggunakan spidol di seragam satu sama lain. Meski sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun, di balik wajah hore-hore mereka, masih banyak kontroversi mengenai kebiasaan coret-coret seragam.

Corat-coret Seragam (suryaonline)
Corat-coret Seragam (suryaonline)

Banyak orang lebih menyarankan agar seragamnya disumbangkan pada adik kelas atau mereka yang membutuhkan seragam sekolah. Setidaknya, seragam itu akan jauh lebih berguna di kemudian hari. Namun namanya juga anak muda, ada juga yang ingin punya ‘memento’ alias benda kenangan, sehingga tetap melakukan tradisi ala anak muda ini.