in

Mengenal Carok, Tradisi Bertarung Sampai Mati Demi Kehormatan ala Orang Madura

Sikap Ksatria Para Pelaku Carok

Nggak ada Carok yang berakhir dengan dua orang yang baik-baik saja. Minimal keduanya akan mengalami luka berat bahkan salah satunya meninggal. Biasanya, kalau sudah terjadi korban meninggal, maka pelakunya akan menyerahkan dirinya ke polisi.

Pelaku Carok menyerahkan dirinya ke polisi [Image Source]
Pelaku Carok menyerahkan dirinya ke polisi [Image Source]
Carok dipandang dari mata hukum adalah aksi kriminal, apalagi sampai jatuh korban. Makanya, para pemenang Carok biasanya sangat sadar akan hal tersebut kemudian menyerahkan dirinya ke polisi. Sayangnya, kondisi seperti ini nggak selalu terjadi. Banyak juga para pelaku Carok yang menyembunyikan dirinya setelah berhasil menang dan membunuh lawannya.

Baca Juga :7 Hal ini Jadi Kebiasaan Unik Orang Madura yang Tidak Ada Duanya

Meskipun dianggap sebagai semacam budaya, Carok pada intinya adalah aksi kekerasan. Maka, ada baiknya budaya ini mulai ditinggalkan. Bukan, bukan bermaksud untuk meninggalkan budaya, tapi memandang Carok bukanlah cara terbaik untuk menyelesaikan perkara. Hal ini pula yang dikatakan oleh Wakapolda Jawa Timur beberapa waktu lalu. Beliau menyarankan agar tradisi Carok ini dihentikan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Mayam, Tradisi Mahar Ala Aceh yang Mahalnya Nggak Karuan

Menguak Praktik Jual-Beli Ginjal di Iran yang Ternyata Legal Demi Uang