Kumpulan Video Amatir Detik-Detik Dahsyatnya Topan Chaba Menghantam Busan Korea

oleh Adi Nugroho
10:23 AM on Oct 6, 2016

Setelah Train to Busan menjadi hits selama beberapa saat, kali ini #PrayForBusan mendadak jadi tren dunia. Kota pesisir selatan Korea Selatan itu terkenal hantaman Topan Chaba yang merupakan topan terkuat dan terbesar di dunia. Akibat terjangan itu, hujan deras disertai angin membuat Busan jadi porak poranda. Kota pelabuhan yang menjadi sentra industri ini mendadak terendam oleh banjir.

Beberapa warga yang ada di Busan langsung menyelamatkan diri begitu Topan Chaba menghantam Pulau Jeju terlebih dahulu. Mereka lebih banyak tinggal di dalam rumah untuk menghindari angin yang kekuatannya sampai 132 mil per jam dan juga gelombang besar yang datang dari lautan. Akibat terjangan air yang cukup besar, Busan seperti dihantam oleh Tsunami.

Baca Juga
Mengenal Port Moresby, Kota ‘Paling Berbahaya’ yang Bertetangga Dengan Indonesia
Tajir tapi Dermawan, 5 Negara Ini Jadi Sasaran Bill Gates ‘Hambur-hamburkan’ Uangnya

Hingga berita-berita Topan Chaba disiarkan ke media, penduduk yang dikabarkan meninggal dunia mencapai 5 orang. Mereka tenggelam di dalam air karena terlepar oleh kekuatan angin. Selain korban yang meninggal dunia, rumah-rumah di kawasan Busan juga hancur. Bangunan semi permanen milik warga banyak yang hancur lebih sehingga tidak bisa ditempati lagi.

https://www.youtube.com/watch?v=dRaexx7LEPc

Topan Chaba menyebabkan penerbangan dari dan ke Korea Utara dibatalkan. Pihak bandara tidak mengizikan keberangkatan mengingat topan yang datang bisa merusak apa saja. Para penumpang yang ada di bandara memilih kembali pulang atau bertahan di dalam bandara hingga cuacanya membaik dan situasinya menjadi kondusif.

Untuk masalah kerugian, pemerintah Korea Selatan masih belum bisa menentukan. Yang jelas bisa mencapai jutaan atau miliaran won. Busan adalah kawasan industri terbesar di Korea Selatan. Bencana yang hadir di sini merusak pabrik, sentra industri, hingga kawasan wisata.

Semoga setelah bencana ini, Busan bisa kembali tumbuh. Bencana memang tidak bisa dicegah, namun usaha yang besar akan membuat Busan menjadi lebih baik. Pray for Busan!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas
BACA JUGA