7 Orang Hebat ini Tak Pernah Mendapatkan Penghargaan Nobel Perdamaian Dunia Meski Sangat Pantas

oleh Adi Nugroho
10:00 AM on Dec 28, 2015

Dunia ini selalu penuh dengan pertikaian. Perang dan kekerasan kepada manusia masih terus terjadi hingga butuh seseorang untuk mengubahnya. Di masa lalu banyak sekali orang yang berjuang untuk perdamaian dunia. Mereka berjasa dengan sangat besar hingga kadang nyawa selalu menjadi taruhannya. Namun, apa yang telah mereka lakukan ternyata tak membuatnya mendapatkan penghargaan nobel perdamaian yang sangat prestisius itu.

Berikut ini ada tujuh orang hebat yang karena jasanya, banyak kekerasan kemanusiaan di masa lalu bisa dihentikan meski hanya sementara saja. Atas jasanya, tujuh orang ini sudah sepantasnya mendapatkan penghargaan tinggi bahkan melebihi nobel sastra sekalipun.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

1. Mahatma Gandi

Mahatma Gandhi adalah orang yang berjuang untuk kebebasan India dari jajahan Inggris. Ia melakukan segala hal hingga akhirnya mampu membuat India jadi merdeka di tahun 1947. Selama kariernya membuat India bebas dari Inggris, Gandhi telah menerima setidaknya 5 nominasi penghargaan nobel perdamaian.

Mahatma Gandi [image source]
Mahatma Gandi [image source]
Namun sayang, dari nominasi itu Gandhi sama sekali tidak pernah menerima penghargaan tersebut. Bahkan saat Gandhi dibunuh pada tahun 1948, penghargaan kelas dunia itu tak juga jatuh di tangannya. Padahal, apa yang ia lakukan sudah membuktikan jika ia sangatlah pantas.

2. Irena Sendler

Irena Sendler adalah seorang yang selama tahun 1939-1945 membebaskan setidaknya 2.500 orang Yahudi dari Gestapo. Mereka yang berada di Warsaw Getto dibebaskan oleh Irena dengan dibuatkan paspor dan juga ditarik ke rumah-rumah perlindungan.

Irena Sendler [image source]
Irena Sendler [image source]
Pada tahun 1934, Gestapo menangkapnya dan dijatuhi hukuman. Setelah dipukuli hingga membuatnya nyaris mati, Irena ternyata tak berhenti berjuang. Ia bahkan terus melindungi orang-orang yang nantinya akan jadi korban pembunuhan oleh polisi rahasia milik Hitler yang dikenal sangat hebat itu. Apa yang dilakukan Irena ternyata tak membuatnya mendapatkan nobel perdamaian dunia.

3. Oskar Schindler

Oskar Schindler adalah seorang pengusaha yang mempekerjakan sekitar 1.200 orang Yahudi dari serangan tentara Nazi. Oskar mengangkat pekerja dari orang Yahudi agar mereka berada di perlindungannya. Dengan berada dalam pabrik, maka Nazi akan butuh persetujuannya jika akan melakukan eksekusi.

Oskar Schindler [image source]
Oskar Schindler [image source]
Oskar selalu menawarkan banyak sekali uang kepada para tentara Nazi. Ia rela mengeluarkan banyak sekali uang, agar orang yang ia lindungi bisa selamat dan tidak begitu saja dieksekusi. Apa yang dilakukan oleh Oskar sama sekali tak membuat dunia menoleh kepadanya hingga akhirnya ia wafat.

4. Stephen Biko

Stephen Biko adalah salah satu orang yang sangat berjasa di Afrika Selatan. Setelah Nelson Mendela dipenjara pada tahun 1964, ia akhirnya mengambil alih semua gerakan. Di tangannya, gerakan yang dimulai oleh Mandela terus berjalan dan protes untuk menuntut keadilan akhirnya berjalan dengan sangat baik.

Stephen Biko [image source]
Stephen Biko [image source]
Sayangnya pada tahun 1977, polisi setempat mengejar Biko hingga tertangkap. Mereka memukuli Biko hingga membuatnya tak bernyawa lagi. Apa yang dilakukan Biko sudah selayaknya membuat ia mendapatkan nobel perdamaian dunia. Satu nyawa yang ia korbankan untuk negeri itu, tak berbalas apa-apa.

5. Cesar Chaves

Cesar Chaves adalah orang yang sangat berjasa dalam memperjuangkan kaum buruh di California, Amerika. Ia menyarankan agar memberikan upah yang standar kepada para pekerja di peternakan dan juga perkebunan. Awalnya para orang yang bekerja di tempat itu hanya diberi upah yang sangat buruk.

Cesar Chaves [image source]
Cesar Chaves [image source]
Apa yang dilakukan oleh Chaves berhasil dengan baik. Sebelumnya, ia mendapatkan banyak sekali tekanan dari orang-orang yang menguasai perkebunan. Bahkan nyawanya nyaris dipertaruhkan. Berbekal sifat pantang menyerah, Chaver mewujudkan misinya. Di tahun 1966, buruh di area itu lebih dimanusiakan dan tak dianggap lagi sebagai budak.

6. Abdul Sattar Edhi

Abdul Sattar Edhi adalah seorang dermawan yang hidup di Pakistan. Ia dikenal sebagai seorang yang sangat baik dan sering sekali membantu orang yang tak mampu. Apa yang dilakukan oleh Edhi ternyata tak membuat banyak orang jadi senang. Mereka hanya menganggap Edhi memengaruhi orang itu untuk melakukan pemberontakan pada negara.

Abdul Sattar Edhi [image source]
Abdul Sattar Edhi [image source]
Ia menggunakan semua yang ia punyai dengan tanpa berpikir. Setidaknya saat terjadi wabah di tahun 1957, Edhi mengeluarkan 10 juta dolar dan membeli semua obat serta membangun tenda-tenda. Apa yang yang dilakukan oleh Edhi ternyata tak membuatnya dianugerahi nobel perdamaian. Padahal ia telah menolong puluhan ribu orang tanpa meminta apa-apa.

7. Feng Shan Ho

Feng Shan Ho adalah orang yang berasal dari Cina dan menamatkan kuliahnya di Universitas Munich pada tahun 1932. Ia mendapatkan misi diplomatik di Turki lalu berakhir di Vienna. Saat Hitler menguasai Austria, ia dinaikkan tingkat menjadi Konsul Jendral Cina di Vienna. Hitler menganggap orang ini akan setia kepadanya.

Feng Shan Ho [image source]
Feng Shan Ho [image source]
Ho justru tidak setia dengan Hitler. Ia beberapa kali membahayakan dirinya untuk menyelamatkan banyak sekali orang Yahudi di Austria. Setidaknya, 2.000 orang Yahudi ia bantu keluar dari Austria selama 6 bulan ia bekerja untuk Nazi. Ho akhirnya meninggal saat berusia 96 tahun dan tidak mendapatkan penghargaan apa-apa.

Itulah tujuh orang hebat yang sebenarnya juga pantas mendapatkan nobel perdamaian dunia. Kira-kira di Indonesia, ada enggak ya orang hebat yang layak mendapatkan penghargaan kelas dunia itu?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA