in

Jadi Perawat Kucing dan Jaga Rumah Kosong, TKI di Amerika Ini Digaji Rp 1,5 Juta per Hari

Jadi TKI di AS jaga kucing digaji jutaan

Bekerja di luar negeri menjadi pilihan bagi sebagian orang Indonesia, beberapa di antara mereka disebut sebagai TKI atau Tenaga Kerja Indonesia. Sejauh ini, pekerjaan TKI yang diketahui serupa dengan tugas asisten rumah tangga. Mulai dari membersihkan rumah, memasak, merawat tanaman, sampai menjaga anak sang pemilik rumah. Namun, ternyata ada juga pekerjaan yang terbilang unik tetapi digaji cukup tinggi, yaitu menjaga rumah kosong dan merawat hewan peliharaan seperti kucing.

Hal ini bukan bualan belaka, melainkan pekerjaan lumrah di Amerika Serikat. Daden dan Juju adalah dua TKI di Amerika Serikat yang bertugas menjaga rumah kosong dan merawat kucing. Apa saja tugas mereka dan berapa pendapatannya? Simak ulasan Boombastis.com di bawah ini.

Bertugas jaga rumah kosong dan rawat kucing

House sitter atau penjaga rumah dan cat sitter atau perawat kucing adalah pekerjaan yang dijalani Daden dan Juju selama belasan tahun. Tugas utama house sitter adalah menjaga rumah yang kosong, artinya sang pemilik sedang tidak di rumah, misalnya untuk bekerja atau liburan. Tujuannya supaya rumah tidak dimasuki maling. Bukan cuma itu, mereka juga melakukan beberapa pekerjaan, seperti membereskan rumah, merawat tanaman, mengecek kotak surat kabar, dan tentunya menjaga hewan peliharaan.

Jadi TKI di AS jaga kucing digaji jutaan
Daden sedang menyisi bulu kucing. [Sumber Gambar]
Sementara itu, jika pemilik rumah mempunyai kucing. Daden dan Juju biasanya membersihkan litter, mengangkat kotoran, memastikan makanan dan minuman selalu tersedia, dan terjaga kebersihannya. Selain Daden dan Juju, ada juga Susie Jaiman yang menawarkan jasa cat sitter. Susie bahkan mampu menyelesaikan pekerjaanya dalam waktu 30 menit. Setelah itu, ia bisa bersantai.

Begitu pula dengan Daden dan Juju yang dapat membersihkan dan menyiapkan keperluan kucing dalam kurun waktu 1 jam. Setelah itu, mereka bermain dengan kucing sembari beristirahat. Daden dan Juju mengakui bahwa pekerjaan tersebut seperti hanya pindah tempat tidur tetapi digaji.

Menjaga 17 rumah

Jadi TKI di AS jaga kucing digaji jutaan
Merawat hewan peliharaan menjadi salah satu tugas house sitter. [Sumber Gambar]

Durasi menjaga rumah sekaligus merawat hewan peliharaan yang dilakoni Daden dan Juju beragam. Tergantung kesepakatan dengan sang pemilik rumah. Ada yang seminggu, dua minggu, sampai satu bulan. Mereka tidak hanya menjaga satu atau dua rumah, bahkan sampai 17 rumah yang dijaga secara bergantian. Tentunya Daden dan Juju memberitahu pemilik rumah bahwa mereka sudah ada janjian untuk menjaga rumah si A, misalnya. Namun, pemilik rumah lain tidak keberatan. Hal terpenting adalah Daden dan Juju mengecek rumah tersebut dan memastikan rumah aman.

Digaji mulai dari Rp 750 ribu per malam

Gaji house sitter di Amerika Serikat rata-rata mulai dari Rp400 ribuan per jam. Bahkan, ada yang mulai dari Rp500 ribuan per jam. Menurut Daden dan Juju, mereka tidak mematok harga karena diserahkan kepada pemilik rumah. Mereka digaji setidaknya Rp750 ribuan sampai Rp1,5 juta per malam. Sementara itu, Susie rata-rata menerima gaji sampai Rp1,5 juta per jam. Salah satu faktor yang membuat pendapatan mereka lebih besar jika di rumah tersebut terdapat hewan peliharaan. Pasalnya, merawat hewan peliharaan juga membutuhkan perhatian lebih.

Jadi TKI di AS jaga kucing digaji jutaan
Ilustrasi sebuah rumah di Amerika Serikat. [Sumber Gambar]
Bahkan, tidak sampai di situ. Pemilik rumah kerap memberikan bonus kepada Daden dan Juju apabila mereka puas dengan hasil kerja keduanya. Misalnya rumah jadi bersih, tanaman terawat, dan hewan peliharaan sehat. Di samping keuntungan materi, Daden dan Juju juga disediakan makanan, hiburan seperti televisi, dan beragam permainan. Tujuannya supaya mereka merasa lebih betah ketika menjaga rumah.

Modalnya sayang kucing dan bisa bersihkan rumah

Baik Daden, Juju, dan Susi tidak memungkiri bahwa pekerjaan sebagai house sitter membutuhkan sedikit tenaga dengan gaji yang lumayan. Tugas mereka tidak membutuhkan keterampilan khusus. Utamanya yaitu dapat menjaga rumah dengan baik dan sayang dengan binatang. Selain itu, juga tidak merasa jijik jika harus membersihkan kotoran hewan peliharaan.

Jadi TKI di AS jaga kucing digaji jutaan
Bermain bersama kucing sembari istirahat. [Sumber Gambar]
Menjaga kepercayaan juga menjadi salah satu modal menjadi house sitter dan cat sitter. Jika pemilik rumah sudah percaya dan tahu hasil kerja house sitter bagus, maka mereka akan menceritakan hal itu kepada orang lain. Tentunya hal itu menjadi pintu rezeki bagi house sitter.

BACA JUGA: Kisah Fitria Denafa, TKW yang Kerja di Vila Raja Arab dengan Gaji 30 Juta Per Bulan

Walaupun menjadi house sitter dan cat sitter seperti tidak melakukan banyak pekerjaan, tetapi mereka tetap harus amanah. Menjalankan tugas dengan baik dan menyayangi hewan peliharaan.

Written by Hayu

Berusia 100 Tahun, Jembatan di India Ini Ambruk dan Telan Ratusan Korban Jiwa

Renovasi rumah temukan harta karun

Niat Renovasi Rumah, Pasangan Ini Temukan Tumpukan Harta Karun Koin Emas Bernilai Miliaran