in

Mengenang Sosok Tjahjo Kumolo, Menteri yang Baru Saja Berpulang

Tjahjo Kumolo [sumber gambar]

Indonesia kembali berduka, lantaran sosok putra bangsa yang berprestasi meninggal dunia. Sosok penting ini bertugas untuk membantu presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Ialah Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), yang menjabat sejak Oktober 2019 lalu.

Ia dikabarkan meninggal dunia setelah melawan penyakit yang ia derita. Bahkan, ia beberapa kali keluar masuk rumah sakit, meski sempat dikabarkan membaik. Selama hidupnya, ia meraih banyak penghargaan. Berikut sosok Tjahjo Kumolo yang berprestasi bagi Indonesia.

Tjahjo Kumolo memiliki sakit infeksi yang menyebar ke paru-paru

Sempat mengalamai kelelahan dan jatuh sakit, Tjahjo Kumolo harus dirawat secara intensif dan sempat dikabarkan membaik. Hal itu dikatakan oleh Mahfud MD setelah menjenguk Tjahjo di RS Abdi Waluyo Jakarta Pusat. Mahfud juga mengatakan Tjahjo sedang menjalani perawatan untuk penyembuhan.

Tjahjo Kumolo [sumber gambar]
Tjahjo sempat dirawat selama 2 minggu. Namun, kabar meninggalnya Tjahjo disampaikan oleh Sekretaris Kementerian PANRB, Rini Widyantini pada 1 Juli 2022 pada pukul 11.00 WIB. Banyak yang mengira Tjahjo hanya mengalami sakit asam urat. Ternyata, ia mengalami infeksi yang menyebar ke paru-paru hingga ia meninggal di usia 64 tahun.

Prestasinya selama menjabat menjadi menteri

Prestasi Tjahjo Kumolo semasa pemerintahan Jokowi adalah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri  Indonesia (Mendagri) pada 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019. Tak hanya itu, ia dipercaya kembali untuk menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (PANRB) sejak Oktober 2019.

Menteri PANRB [sumber gambar]

Tak hanya itu, ia pernah menerima kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana karena jasanya sebagai Menteri Dalam Negeri periode 2014-2019. Di bawah kepemimpinannya, ia berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dari Kementrian Keuangan tahun 2019.

Perjalanan karier Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo saat menjabat menteri PANRB [sumber gambar]
Tjahjo memulai kariernya sebagai anggota DPR RI tahun 2009 hingga 2014. Setelah masa jabatannya selesai, ia melanjutkan kariernya sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia pada Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Sebelum masa jabatannya usai, ia sempat menjabat sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia selama 20 hari, sebelum akhirnya ia kembali dipercaya menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia hingga ia tutup usia.

BACA JUGA: Mantan Jubir Satgas Covid-19 Derita Kanker Usus Sebelum Meninggal, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Di antara semua karier politik yang luar biasa, masih banyak lagi jabatan-jabatan penting yang pernah ia pegang. Alumni Fakultas Hukum UNDIP ini memang memiliki karier yang luar biasa dan mengagumkan. Sebagai politisi pun, ia sangat teguh memegang prinsip yang berlaku. Berbagai penghargaan bintang telah ia dapatkan, kemampuannya didunia politik pun tidak bisa diremehkan.

Written by Terry

Cincin Nyangkut 4 Hari di Kemaluan Pria, Sampai Kerahkan Petugas Damkar untuk Bantu Lepaskan

Tragedi Terowongan Paledang, Peristiwa Berdarah 20 Pelajar yang Naik di Atap Gerbong Kereta