5 Tips Dari Para Supir Truk Kepada Para Pemotor yang Masih Ingin Pulang Selamat

oleh Rizal
08:52 AM on May 4, 2016

Bagi pengguna motor, selain angkot yang suka berhenti seenaknya, truk adalah kendaraan yang paling tidak disukai ada di jalanan. Besar, lamban, menghabiskan space jalan, sampai dianggap sebagai penyebab banyaknya kecelakaan yang berakibat kematian. Makanya, banyak orang yang takut dan ngeri dengan kendaraan satu ini.

Soal kecelakaan antara motor dan truk, hal tersebut bukan hal yang jarang terjadi. Dan dari banyaknya kasus kecelakaan antara dua kendaraan ini, pengguna motor selalu yang celaka. Sebenarnya kalau dirunut masalahnya, tak melulu pengemudi truk yang salah. Para pemotor sendiri yang sering lalai dalam berkendara dengan tidak memerhatikan banyak hal.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Truk dan motor bersinggungan, pasti motor yang celaka. Nah, untuk menghindarkan hal mengerikan itu, berikut adalah tips-tips yang disarankan oleh para supir truk bagi kita tentang bagaimana bersikap kala bersinggungan dengan kendaraan besar satu itu.

1. Jangan Berhenti Mendadak Atau Bakal Mati

Dari banyaknya kasus kematian yang dialami pemotor lantaran truk, salah satu penyebabnya adalah karena pengguna motor berhenti mendadak. Biasanya, jika sudah seperti ini, korban pasti bakal kena sruduk, atau lebih parahnya digilas oleh kendaraan besar di belakangnya itu.

Berhenti mendadak di depan truk [Image Source]
Berhenti mendadak di depan truk [Image Source]
Hal yang perlu diketahui, truk tidak sama seperti motor atau mobil yang bisa berhenti mendadak. Setidaknya butuh jarak beberapa meter untuk truk yang berjalan kemudian langsung berhenti. Makanya, ketika ada motor berhenti mendadak di depan mereka, para supir truk tidak bisa berbuat banyak. Jadi, selalu perhatikan hal ini biar tidak jadi korban berikutnya.

2. Salip Atau Tidak Sama Sekali

Memang susah kalau di depan kita ada truk. Tak hanya karena mereka pasti lebih lamban, tapi juga view jalan yang jadi terbatas. Seringkali ketika pemotor dihadapkan dengan situasi ini mereka pasti menyalip. Tidak masalah, asal bisa cari kesempatan dan tak ragu.

Akibat ragu menyalip truk [Image Source]
Akibat ragu menyalip truk [Image Source]
Kebanyakan kecelakaan adalah ragu-ragu ketika hendak menyalip truk. Mau melewati tapi urung, begitu terus. Para supir truk mengatakan hal ini adalah perilaku yang sangat mematikan. Daripada ragu dalam menyalip, mending tidak usah melakukannya. Mati jelas jadi taruhannya.

3. Jangan Pernah Berjalan di Sela-Sela Truk Gandengan, itu Sangat Mematikan

Maksud hati ingin menyalip truk gandengan, tapi apa daya kecepatan dan jaraknya tak cukup sehingga harus melipir ke bagian tengah-tengah. Jangan pernah lakukan ini karena risikonya sangat-sangat fatal. Tak ada konsekuensi lain selain kematian.

Jangan berjalan di sela-sela truk gandengan [Image Source]
Jangan berjalan di sela-sela truk gandengan [Image Source]
Alasannya sendiri karena pemotor tak akan terlihat di spion supir truk. Alhasil, mereka tak akan aware dan melaju natural seperti tak ada apa pun. Alasan kedua, truk sangat mungkin untuk menambah atau mengurangi kecepatan. Jika pengendara tak bisa menyesuaikan sudah jelas akan terjadi tubrukan dan kematian pasti menghampirinya. Makanya, selalu perhitungkan baik-baik kalau ingin menyalip truk gandengan.

4. Selalu Nyalakan Lampu Belakang

Jangan pernah macam-macam dengan alat standar keamanan motor, karena hanya itulah satu-satunya tempat kita bergantung selama di jalan. Sayangnya, seringkali banyak orang yang tak terlalu peduli. Salah satunya meremehkan fungsi lampu belakang. Padahal vital luar biasa peranannya.

Gara-gara lampu belakang tak nyala [Image Source]
Gara-gara lampu belakang tak nyala [Image Source]
Okelah siang hari kendaraan akan nampak dengan jelas, tapi bagaimana dengan malam hari? Apalagi dengan kondisi penerangan jalan yang suram. Hal ini juga yang membuat para supir truk kesal. Makanya, tak jarang kelalaian macam ini berbuah petaka. Jadi, selalu nyalakan lampu belakang kapan pun. Lampunya putus segera ganti. Jangan segan keluarkan beberapa puluh ribu demi nyawa.

5. Perhatikan Selalu Lampu Sein Truk yang Ada di Depan

Truk memang besar dan mereka akan menghalangi pandangan. Makanya, cari jarak yang aman kalau tidak mau menyalip. Minimal 5 meter atau lebih dari badan truk. Alasannya, agar kita bisa lihat kondisi jalan, barang kali ada obyek-obyek yang bisa bikin celaka, misalnya lubang besar atau oli yang licin.

Akibat tak memerhatikan lampu sein truk [Image Source]
Akibat tak memerhatikan lampu sein truk [Image Source]
Tak hanya itu, ketika berada di belakang truk, selalu perhatian lampu sein kendaraan itu. Cuma itu satu satu-satunya informasi yang kita andalkan untuk bisa selamat. Jangan menyalip ketika truk sedang menyalakan sein kanan atau kiri. Hal tersebut sangat bisa berbuah kematian menurut para supir truk.

Hati-hati dengan kendaraan besar satu ini. Jangan pernah menganggapnya remeh, karena keteledoran akan selalu berbuah celaka dan kematian. Jika bisa memperhitungkan segalanya, silakan lewati, tapi kalau ragu dan takut sangat disarankan untuk menjauh dengan berjalan melambat atau cari alternatif jalan yang lain. Ingat, kadang celaka itu alasan utamanya adalah kita sendiri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA