in

Nih, 5 Kegiatan Alternatif Kalau Game Online Beneran Jadi Diblokir

Saat ini, dunia Game Online sedang menjadi perhatian hangat di Indonesia. Gara-garanya KPAI mengungkapkan dukungannya atas ide pemblokiran game online yang mengandung kekerasan. Nah, ternyata dukungan ini menuai kontroversi. Ada yang setuju, tapi nggak sedikit juga yang mengkritik dan bahkan sampai meretas situs KPAI.

Terlepas dari benar akan diblokir atau tidak, sebenarnya ada banyak kegiatan lain yang nggak kalah seru. Seandainya suatu saat nanti memang benar-benar game favoritmu diblokir, kenapa nggak nyoba beberapa kegiatan keren ini?

1. Ngeband

Ngeband bisa jadi alternatif untuk ngisi waktu luang kamu yang biasanya dihabiskan buat main game online. Ngeband bisa melatih jiwa seni kita serta bisa jadi ajang mengekspresikan diri yang positif. Apalagi kalau memang suka musik, daripada cuma dengerin saja, kan makin seru kalau bisa ikutan bikin musik.

Band indie [Image Source]
Band indie [Image Source]
Ngeband juga bisa bikin kamu makin ngetop, apalagi kalau bandmu sampai terkenal minimal di kalangan pemusik indie. Lebih bagus lagi kalau sampai bandmu dilirik label besar. Bisa sekalian dapet penghasilan kan?

2. Traveling

Kalau kamu suka dengan hal-hal yang menantang, traveling juga bisa jadi pilihan. Berkunjung ke tempat-tempat baru akan membuka pandanganmu tentang dunia dengan lebih luas. Kamu juga jadi lebih menghargai perbedaan dan keragaman yang ada di dunia.

Travelling [Image Source]
Traveling [Image Source]
Traveling juga bisa mengajarkanmu keluar dari zona nyaman. Saat berada di zona ini, seseorang cenderung nggak mau bergerak dan akhirnya jadi stagnan alias diam di tempat. Dengan mencoba keluar dari zona nyaman, kamu akan menemukan hal-hal baru yang seru dan menarik untuk dilakukan.

3. Olahraga

Biar nggak diam saja di rumah, coba deh isi waktumu dengan olahraga. Kamu bisa main futsal, sepakbola, basket, atau olahraga lainnya. Kalau perlu, sekalian ikut perkumpulan olahraga favoritmu agar kamu makin semangat buat latihan secara rutin.

Olahraga [Image Source]
Olahraga [Image Source]
Olahraga nggak cuma bikin badan kamu jadi sehat, tapi pikiranmu juga bisa lebih fresh dan segar. Jadi saat melakukan aktifitas lain seperti kuliah dan kerja juga makin lancar.

4. Hunting Tempat Nongkrong

Daripada pusing mikir nggak bisa main game, kenapa nggak sekalian aja jalan-jalan di kotamu buat hunting tempat nongkrong yang seru? Siapa tahu kamu bisa nemu tempat nongkrong yang kece buat ngumpul bareng teman-temanmu.

Tempat nongkrong [Image Source]
Tempat nongkrong [Image Source]
Sekarang ini tempat nongkrong sebenarnya makin banyak bertebaran di berbagai kota. Coba saja kunjungi tempat-tempat tersebut agar kamu punya referensi lokasi hang out paling keren. Jadi nanti kalau mau jalan sama gebetan udah nggak perlu lagi kelamaan mikir mau pergi kemana. Dengan menunjukkan tempat keren yang jarang diketahui, itu udah jadi nilai plus juga bagi gebetanmu.

5. Blogging

Buat yang suka nulis, blogging juga bisa jadi alternatif lainnya. Kamu bisa nulis keseharianmu, karya-karyamu seperti cerpen atau komik, serta masih banyak lagi. Kalau kamu bisa merawat dan memanfaatkan blogmu dengan baik, itu juga bisa jadi lahan penghasilan sendiri buatmu.

Blogging [Image Source]
Blogging [Image Source]
Coba deh mulai asah kreatifitas menulismu lewat blog. Akan seru banget rasanya ketika blogmu dibaca dan diberi komentar orang. Apalagi ketika kamu mendapat banyak dukungan atas tulisanmu.

Nah, sebenarnya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di waktu luang. Terlepas dari benar tidaknya game akan diblokir, setidaknya kamu sudah punya alternatif kegiatan seru lain untuk dilakukan. Bukan berarti harus anti-game, tapi setiap hal yang berlebihan itu nggak baik. Jadi kenapa nggak mencoba melakukan aktivitas lain sebagai selingan dari hobi ngegame kamu?

Written by Tetalogi

Leave a Reply

5 Tips Dari Para Supir Truk Kepada Para Pemotor yang Masih Ingin Pulang Selamat

5 Hal Ini Bikin Wisatawan Kapok ke Bali Meski Tempat Wisatanya Menakjubkan