in

6 Tips Cepat Naik Haji Bila Gaji Anda Pas-Pasan

hajj-ramadan
hajj-ramadan

Naik haji, muslim dan muslimah mana yang tidak ingin? Selain bisa mendapatkan kesempatan bertamu ke rumah Allah SWT, juga berkesempatan menunaikan rukun Islam ke lima tersebut.

Baca Juga :Inilah Para Seleb Cantik yang Masuk Agama Islam

Berangkat haji memang membutuhkan dana. Tapi bagi mereka yang gajinya pas-pasan, bukan berarti tidak mungkin kok. Kalau kita mau berusaha, insha Allah akan dimudahkan. Nah, ada beberapa tips cepat naik haji bila penghasilan Anda terbatas tapi ingin berangkat haji. Mulai dengan bismillah dan lakukan beberapa tips ini.

1. Stop Jajan-Jajan Lucu di Cafe

Gaya hidup hangout dan jajan-jajan lucu di cafe sih boleh-boleh saja, tapi umumnya sekali ngafe bisa habis budget 50-100 ribu. Di sisi lain, gaya hidup macam ini tidak baik bagi kesehatan tubuh dan dompet bila dilakukan terlalu sering dalam seminggu.

Kuliner
Jajan di Cafe [image source]
Sebaiknya kurangi jadi 1-2 kali sebulan, lebih baik lagi bila bisa dilakukan rekreasional atau sesekali saja dalam beberapa bulan. Hangout dan jajan lucu bisa Anda lakukan di tempat lain, misalnya ke rumah teman untuk masak bersama dan sebagainya. Jadi bisa berhemat untuk menabung haji kan?

2. Menabung Uang 20.000

Tips menabung ini sudah banyak dibagikan dan dilakukan orang Indonesia. Setiap mendapat uang 20.000 yang berwarna hijau, kumpulkan dan jangan dipakai sampai periode tertentu. Anda akan kaget karena ternyata hasil yang dikumpulkan sudah dua kali lipat.

Menabung (blogspot)
Menabung (blogspot)

Cara menabung ini juga menghindarkan Anda dari kebiasaan boros. Resiko sekaligus manfaatnya adalah Anda jadi sedikit dilema tapi juga belajar mengendalikan diri saat akan membelanjakan uang yang Anda miliki. Oiya, selain menabung uang, jangan lupa menabung amal ya, seperti langkah berikutnya.

3. Rajin Bersedekah

Lho kok malah bersedekah? Iya, menzakatkan sebagian penghasilan dan rajin bersedekah tak akan membuat Anda miskin. Selain bisa membersihkan harta yang Anda miliki, juga bisa membersihkan hati. Percaya deh pada jalan Allah SWT, maka pintu rezeki dari berbagai penjuru akan dibukakan untuk Anda.

sedekah (sedekahalquran)
sedekah (sedekahalquran)

Jangan hitung harta hanya dengan matematika ala manusia. Biarkan ‘matematika Allah’ bekerja dan Anda akan tahu bahwa dengan cara ini juga bisa memudahkan jalan Anda yang berniat untuk berangkat haji. Yeah, makin dekat dengan tujuan kita bertamu ke rumah Allah nih.

4. Dekatkan Diri Kepada Allah SWT

Ada banyak cara untuk mendekatkan diri pada Allah. Misalnya berbuat baik kepada orang tua, keluarga dan sesama, pergi ke masjid, perbanyak pengetahuan tentang agama lewat ceramah, buku agama dan Al Qur’an dan sebagainya. Aktivitas baik seperti ini bisa memupuk motivasi kita agar tidak gagal fokus dengan tujuan ingin naik haji. Bergaul juga dengan teman-teman atau orang-orang yang bagus agama serta perilakunya.

Dekatkan Diri dengan Allah (tumblr)
Dekatkan Diri dengan Allah (tumblr)

Anda akan merasa selalu bersemangat dan tidak mudah putus asa. Pendekatan ini juga akan melatih kita untuk siap bertamu ke Mekkah, karena selama 40 hari kita akan dihadapkan pada banyak pengalaman spiritual di sana. Pendekatan ini mungkin tidak menambah uang untuk berangkat haji, tapi bisa memperkaya khasanah hati dan pikiran Anda untuk berserah diri pada pertolongan Allah.

5. Lengkapi Informasi Keberangkatan Haji

Secara teknis, Anda juga perlu melengkapi informasi tentang berangkat haji. Misalnya dengan mendaftarkan diri ke lembaga yang legal, membuka tabungan haji, mengikuti manasik haji, bergaul dengan orang-orang yang pernah berangkat haji dan sejenisnya.

Keberangkatan Haji (antaranews)
Keberangkatan Haji (antaranews)

Mengetahui seluk beluk keberangkatan haji bisa membuat Anda lebih siap dan yakin untuk bisa mewujudkan tujuan berhaji. Pastikan agen Anda terpercaya, supaya persiapan haji Anda tidak terhambat.

6. Komitmen Dengan Diri Anda

Yang pasti, komitmen dengan diri Anda sendiri. Mulai dari membatasi diri kalau melihat sale yang menggiurkan (tenang saja, sale masih ada esok hari), disiplin dalam menabung dan menggunakan uang, serta fokus pada tujuan untuk berangkat haji.

Komitmen (kontan)
Komitmen (kontan)

Benar kata pepatah, bersaki-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Setelah Anda menahan diri, menabung, berhemat, banyak bersedekah dan mendekatkan diri pada Allah, nantinya semua itu akan diganjar dengan rejeki yang terbaik dari-Nya. Yakinlah bila kita percaya pada jalan Allah, maka Allah akan memudahkan jalan kita.

Sebenarnya berapapun gaji yang kita miliki tak masalah. Kadang meski berkecukupan dalam kemampuan, ternyata tidak berkecukupan dalam kemauan. Semuanya kembali pada diri sendiri. Kalau tukang bubur bisa naik haji, Anda pun pasti bisa.

Written by Orchid

Leave a Reply

Kamu Terlalu Baik Buat Aku

5 Jenis Basa Basi yang Cuma Ada di Indonesia

Deg Degan Bersepeda di Angkasa Ekuador