5 Jenis Basa Basi yang Cuma Ada di Indonesia

oleh Centralismo
09:02 AM on Mar 20, 2015

Mungkin hanya orang Indonesialah yang kenal istilah “basa-basi”. Kita sering kali merasa “tidak enak” untuk menyampaikan maksud hati kita karena takut dianggap kurang sopan atau akan menyakiti hati orang lain. Sebab itu kita melakukan kebohongan yang kita perhalus dengan “basa-basi”.

Berikut ini adalah beberapa basa-basi orang Indonesia yang sering kita dengar atau lakukan di kehidupan sehari-hari. Sketsa dari kehidupan nyata tersebut diangkat oleh Youtuber Indonesia yang sedang naik daun; Last Day Production. Seperti apa lucunya basa-basi orang Indonesia.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

1. On The Way

Orang Indonesia mengenal istilah “jam karet” dimana waktu yang sudah dijanjikan bisa diulur seenaknya. Di Indonesia, jangan kaget jika sebuah acara baru diadakan setengah jam setelah waktu yang tertera dalam undangan. Keterlambatan setengah jam sering sekali dianggap tidak ada oleh orang Indonesia.

On The Way ala Indonesia
On The Way ala Indonesia

Begitu juga jika sedang berjanji dengan teman. Ketika anda menanyakan posisi dari teman anda dan dia menjawab, “on the way”, siap-siap saja menunggu lama. Karena arti “on the way” dalam basa-basi Indonesia adalah sekitar satu jam. Orang yang mengatakan sedang “on the way” sering sekali baru siap-siap dari rumahnya.

2. Jangan Sungkan

Orang Indonesia dikenal ramah dan baik dalam menjamu tamu. Sebisa mungkin orang Indonesia akan memberikan yang terbaik untuk tamunya. Jika bertamu ke rumah orang Indonesia, menawarkan minum, makan, bahkan menginap adalah hal yang harus dilakukan, meski sang pemilik rumah sering kali tidak bermaksud demikian.

Jangan Sungkan
Jangan Sungkan

Oleh karena itu anda jangan terlena jika ada yang berkata, “anggap saja di rumah sendiri”. Di belakang anda, sang pemilik rumah biasanya akan menggunjing jika anda “makan terlalu banyak”, “tidak membantu membereskan piring”, atau “tidak berpamitan dengan sopan”.

3. Buat Lu Aja

Orang Indonesia sangat menghargai pertemanan. Oleh karena itu, menolak ajakan dan permintaan teman dianggap tidak sopan, meskipun dalam keadaan yang tidak memungkinkan. Berbasa-basi dipilih menjadi solusi daripada mengatakan maksud secara langsung.

Buat Lu Aja
Buat Lu Aja

Jika seseorang mengatakan, “buat lu aja” kepada kita, belum tentu dia benar-benar berniat begitu. Sedikit banyak, orang tersebut menginginkan kita untuk merasa “tidak enak” dan menolak tawaran tersebut. Jadi, pikir-pikir lagi jika ada yang mengatakan “buat kamu aja”.

4. Kamu Terlalu Baik Buat Aku

Dalam menjalani hubungan asmara, orang Indonesia tidak terlepas dari basa-basi. Terlebih dalam soal memutuskan tali kasih. Memberi alasan yang jelas dan langsung akan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Sehingga dibuatlah kalimat putus yang sedikit “sopan”.

Kamu Terlalu Baik Buat Aku
Kamu Terlalu Baik Buat Aku

“Kamu terlalu baik buat aku” adalah kalimat putus andalan. Arti sebenarnya dari kalimat ini adalah “aku udah bosan sama kamu” atau “aku pantas untuk dapat yang lebih dari kamu”. Yang benar saja, memangnya siapa yang mau memutuskan orang yang baik buatnya?

5. Ntar Gue Kabarin

Orang Indonesia sering tidak enak dalam melakukan penolakan. Dari mulai penolakan cinta hingga penolakan pekerjaan sering sekali dibumbui dengan basa-basi. Kita pasti sering mendengar kata “ntar gue kabarin” dari teman kita dan kita menunggu berbulan-bulan tanpa kabar yang jelas.

Ntar Gue Kabarin
Ntar Gue Kabarin

Bahkan ketika melamar pekerjaan dan anda mendapat panggilan interview, pihak HRD sering sekali menggunakan kata, “nanti kami hubungi lagi” dan mereka tidak pernah menghubungi. Padahal, apa susahnya memberi kabar, agar orang yang menunggu tidak menunggu terlalu lama?

Demikianlah beberapa kebiasaan lucu kita dalam berbasa-basi. Harus kita akui beberapa dari kebiasaan buruk tersebut masih sering kita lakukan. Video lengkap soal Basa-Basi Orang Indonesia bisa anda tonton di sini.

Jika anda suka video-video dari Last Day Production, anda bisa mengunjungi channel Youtube mereka yang kini sering menjadi viral di Indonesia. Masih banyak kekocakan lain yang bisa mengocok perut anda. Selamat menonton! (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA