in

Liburan Saat ‘New Normal’? Simak 4 Tips Traveling Aman Agar Tetap Hepi di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 memang berdampak pada semua hal yang imbasnya mengganggu aktivitas. Salah satunya adalah dunia pariwisata yang terpukul akibat wabah tersebut. Namun seiring kebijakan new normal yang akan dilakukan oleh pemerintah, peluang untuk kembali berlibur di tempat-tempat wisata sedikit terbuka.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus dilakukan karena pandemi Covid-19 di Indonesia sejatinya masih belum benar-benar berakhir. Salah satunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, jika kegiatan di luar ruangan telah diizinkan sepenuhnya lewat new normal. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan

Ilustrasi social distancing [sumber gambar]
Tak semua daerah bisa menerapkan new normal di wilayahnya. Untuk itu, pilih lokasi atau tempat liburan yang benar-benar siap untuk kebijakan baru tersebut. Setelah memilih destinasi yang cocok, pastikan agar tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan saat tiba di lokasi. Karena menjauh dari keramaian, hal tersebut juga bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk menjelajah spot-spot yang eksotis di kawasan wisata yang dituju.

Pastikan tubuh dalam kondisi sehat saat bepergian

Ilustrasi pengecekan suhu tubuh [sumber gambar]
Salah satu hal penting ketika liburan pada situasi new normal adalah dengan tetap memperhatikan kesehatan diri. Jangan sampai tubuh mengalami gangguan saat bepergian ke tempat wisata. Terutama yang menunjukkan gejala atau ciri-ciri terinfeksi Covid-19. Sebelum berangkat liburan, alangkah baiknya jika melihat kesiapan kondisi tubuh terlebih dahulu.

Memakai masker dan membawa hand sanitizer untuk keperluan di perjalanan

Ilustrasi menggunakan masker [sumber gambar]
New normal bukan berarti kita bisa menjalani kehidupan seperti biasanya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena wabah Covid-19 belum sepenuhnya reda di Indonesia. Untuk itu, protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan membawa hand sanitizer, tetap harus dilakukan. Jangan sampai liburanmu justru batal karena akibat tidak mematuhi peraturan yang berlaku.

Bepergian dengan keluarga dekat sebagai teman saat berwisata

Ilustrasi bepergian dengan keluarga [sumber gambar]
Bepergian saat berlibur ke tempat-tempat wisata juga bisa dilakukan dengan keluarga inti. Selain menjadi teman di perjalanan, keberadaan mereka juga bisa menjadi rekan liburan agar tidak merasa kesepian. Dengan begini, kegiatan berlibur akan terasa menyenangkan meski kondisi lingkungan masih rentan dengan wabah Covid-19. Sekali lagi, jangan lupakan protokol kesehatan seperti yang telah dibahas sebelumnya.

BACA JUGA: Masih Banyak Kerumunan, 4 Hal Ini Bikin Indonesia Sejatinya Belum Siap Hadapi ‘New Normal’

Kebijakan new normal atau tatanan hidup baru memang masih menjadi wacana pemerintah hingga saat ini. Selain butuh persiapan yang matang, pandemi Covid-19 di Indonesia juga dinilai masih tinggi dan belum sepenuhnya berakhir. Oleh sebab itu, senantiasa menjaga diri saat liburan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Fakta Unik Soal Anggapan Bumi Bulat Atau Datar yang Pernah Bikin Masyarakat Indonesia Gaduh

3 Kontroversi Kematian George Floyd yang Bikin Massa AS Naik Pitam