Semenjak tahun 2015 sudah sering beredar kabar penipuan yang modusnya online shop HP murah dari Batam. Seperti berita yang ditulis oleh Batamnews.co.id, beberapa tersangka penipuan HP murah di Batam menggunakan modus dengan cara transfer tunai dengan calon korbannya. Kebanyakan korban yang diincar adalah mereka yang memang membutuhkan hp murah dalam jumlah banyak seperti distributor handphone.

Nah, karena resahnya masyarakat akibat seringnya kejadian dan kasus penipuan tersebut tentu seharusnya kita bisa lebih mencermati penawaran lewat online yang mengalamatkan handphone murah dari Batam ini. Kira-kira kamu bisa baca tips dibawah untuk referensi ya Guys!

Jangan Langsung Percaya dengan Harga Handphone yang Jauh Selisihnya dari Harga Pasaran

Harga Ponsel [Image Source]
Siapa yang nggak mau HP murah? Apalagi masyarakat Indonesia, pasti doyan tuh dengan segala sesuatu yang berharga miring. Namun, biasanya ada harga ada rupa, artinya ya banderol berbanding lurus dengan kualitas. Hal ini terjadi di kasus HP Batam yang biasanya dipatok dengan harga jauh lebih murah dari aslinya. Hati-hati ya, perhatikan dan cermati sebelum membeli. Pasalnya ada cukup banyak kejadian yang menyatakan jika hape murah Batam kadang memang kualitasnya buruk.

Cek Aksesori Handphone dari Penjual, Bisa Saja Hanya Imitasi

Aksesoris KW VS Asli [Image Source]
Berdasarkan banyak cerita, barang eletronik yang dijual di Batam itu kadang tidak memiliki aksesoris asli. Misalnya handphone, maka charger yang diikutsertakan dalam box merupakan kopian alias imitasi yang dirancang sendiri oleh penjual. Jadi, hal ini bisa jadi patokan. Ketika aksesorisnya tidak original, maka patut waspada dengan handphone atau gadget yang dibeli dari sana.

 

Perhatikan profil dan reputasi si penjual, terutama untuk pemesanan online

Penjual HP Batam [Image Source]
Ini juga hal penting yang perlu dilakukan. Setelah menemukan barang yang disuka dari Batam, maka kemudian cek baik-baik profil dan reputasi si penjualnya. Nggak hanya lewat identitas yang dimiliki tapi juga aktivitasnya di grup-grup sosmed. Kalau perlu tanyakan juga tentang riwayat si penjual di forum online agar kita semakin tahu dan makin kecil juga untuk tertipu.

Pastikan Nomer IMEI Setelah Dicek Sama dengan dang Ada Pada Boxnya

IMEI Ponsel [Image Source]
Setelah melakukan transaksi dan barang sampai di rumah, jangan keburu merasa aman. Masih ada satu step lagi yang harus dilakukan, yakni mengecek IMEI jika kita membeli handphone. Tujuannya tentu adalah memastikan apakah barang ini asli atau tidak. Gampangnya, IMEI ini harus sama dengan kemasan, kalau tidak ya patut curiga. Untuk caranya sendiri cukup banyak, bisa lewat kode atau melalui aplikasi.

Cek Fisik dan Spesifikasi Smartphone dari Batam Secara Detail

Beda HP KW dan Asli [Image Source]
Hal yang juga tak kalah penting ketika membeli barang dari Batam adalah cek fisiknya. Pasalnya, beberapa handphone dari sana kadang tidak sama persis seperti pada umumnya. Entah label atau bahkan fisiknya. Cara cek fisik ini tentu dengan melihat kemulusan serta hal-hal detail seperti kamera, lcd, bahkan bagian dalam seperti baterai dan sebagainya. Jika tidak sesuai dengan yang umum, maka patut dicurigai bahwa si handphone tersebut tidak asli.

Membeli barang dari Batam memang punya risikonya sendiri. Benar murah, tapi kalau tidak teliti bisa-bisa kita yang rugi. Maka, jadi pembeli yang cerdas bisa menghindarkan kita dari hal-hal yang semacam ini. Tapi, lebih amannya sih kalau punya uang ya beli ke toko resminya. Dijamin, aman, original, dan punya garansi resmi.