Siapa yang tidak tahu dengan serangga cokelat yang satu ini. Bisa dibilang kalau binatang dengan kaki bergerigi adalah mimpi buruk baik bagi pria dan wanita. Selain dikenal jorok, rupanya kecoa juga sulit dibunuh serta membawa banyak penyakit. Jadi wajar kalau banyak orang ingin “memusnahkan” binatang ini dari dalam rumah.

Meskipun sangat ingin disingkirkan, ternyata masih banyak orang yang salah dalam membinasakan hewan yang satu ini. Alih-alih  kecoa mati, yang ada mereka malah terkena penyakit. Seperti beberapa waktu yang lalu, seorang perempuan kakinya harus digerogoti cacing karena membunuh kecoa dengan cara yang salah. Sebagai pembelajaran, ini sekian yang seharusnya tidak dilakukan jika bertemu kecoa dan ingin mengusirnya.

Jangan pernah menginjak kecoa

Mungkin dulu sebagian orang menganggapnya sebagai mitos belaka, namun  ternyata sekarang sudah terbukti kebenarannya. Misalnya beberapa waktu yang lalu, media sosial sempat dihebohkan dengan postingan seorang bernama Verra Kusumaning Astuti .

Postingan viral [image source]
Pasalnya, perempuan ini menunjukkan kakinya  yang mengalami luka yang tidak lazim. Ya, rupanya dalam tubuh kecoa tadi ada bibit-bibit cacing yang menempel. Alhasil cacing tersebut menggerogoti kakinya dan dia pun sempat mengalami demam beberapa hari. Postingan ini pun juga dibenarkan oleh beberapa orang dalam kolom komentarnya yang ternyata pernah mengalami nasib serupa. Dilihat saja kotornya bukan main apalagi diinjak dengan kaki telanjang.

Tetap tenang dan jangan pernah takut saat menghadapinya

Bisa dibilang kalau hewan yang satu ini memang benar-benar mimpi buruk bagi sejuta umat. Bagaimana tidak, kadang saat kita kaget dengan keberadaannya yang tiba-tiba muncul, hewan ini malah menunjukkan mode terbang ke arah kita. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak orang yang trauma akan kengerian kecoa.

Kecoa terbang [image source]
Rupanya hal itu memang sistem pertahanan mereka. Jadi bisa dibilang serangga kecil ini bisa mendeteksi ketakutan makhluk lain. Alhasil, dia malah mendekat saat merasakan ketakutan yang kita miliki. Oleh sebab itu jika menghadapi hewan yang satu ini usahakan setenang mungkin, ambil peralatan yang aman untuk menjauhkannya.

Senjata tajam tidak berfungsi, mereka malah jadi zombie

Sudah tahu kan bagaimana ketahanan tubu seekor kecoa? Ya, oleh sebab itu jangan pernah menggunakan alat tajam seperti cutter, pisau ataupun gunting. Pasalnya hal itu tidak akan sama sekali berefek pada binatang yang satu ini. Mungkin saja mereka mati, namun sayang hal itu membutuhkan waktu yang sangat lama bagi hewan yang satu ini menjemput ajalnya.

kecoa kepala putus [image source]
Pasalnya, meskipun badan dan tubuhnya terbela sekalipun, dia masih tetap bisa bertahan hidup hingga berhari-hari. Bisa dibilang kalau kita hanya malah menambah masalah saja, terutama kalau isi perut atau cairan dalam tubuhnya ikut keluar, itu akan jadi penyakit.

Jangan salah dalam cara membasminya

Sebenarnya ada berbagai cara untuk membasmi hewan yang satu ini. Salah. Salah satu yang paling umum adalah dengan membalikkan badannya. Hal ini akan membuat otot sekitar perut hewan ini kejang karena berusaha membalikkan diri ke posisi semula. Namun sayanya perlu waktu lumayan lama untuk membunuhnya dengan cara itu. Cara lain adalah dengan menggunakan perangkap kecoa, ada yang modern ada pula yang sederhana. Kalau yang modern bisa didapat dengan mudah karena dijual bebas.

Perangkap kecoa dan daun salam [image source]
Sedangkan untuk yang sederhana, bisa dibuat sendiri dengan botol minuman. Ya, botol di potong jadi dua, kemudian bagian corongnya ditaruh di dalam. Jangan lupa selipi minyak di permukaan agar kecoa tidak bisa lepas. Cara terakhir adalah dengan menggunakan tanaman musuh alaminya. Ya, daun salam lemon dan timun ternyata sangat manjur mengusir hewan mengerikan yang satu ini.

Pada dasarnya memang kecoa sudah didesain oleh yang maha pencipta untuk memiliki daya tahan yang luar biasa jadi wajar kalau sulit dibunuh. Apalagi di daerah perkotaan, hewan yang satu ini tidak memiliki musuh alami. Namun demikian, keberadaan kecoa juga menjadi pertanda lingkungan bersih lo. Pasalnya keadaan kebersihan yang terjaga membuat mereka harus keluar “rumah” untuk mencari makan.