Kenapa Kamu Beruntung Tidak Tinggal di Ibu Kota

oleh Tetalogi
15:00 PM on Sep 7, 2015

Kota Jakarta rupanya masih menjadi kota favorit bagi mereka yang ingin mencari penghasilan. Banyak orang yang belum berangkat ke Jakarta selalu punya angan-angan untuk berkunjung atau bahkan tinggal di sana. Padahal, tinggal di Jakarta tidak seindah bayanganmu, lho.

Justru di tempat tinggalmu sekarang, bisa jadi merupakan tempat yang lebih baik untuk ditinggali. Jadi, kamu beruntung tidak tinggal di ibu kota karena hal-hal berikut ini:

Baca Juga
Mengenal Port Moresby, Kota ‘Paling Berbahaya’ yang Bertetangga Dengan Indonesia
Tajir tapi Dermawan, 5 Negara Ini Jadi Sasaran Bill Gates ‘Hambur-hamburkan’ Uangnya

1. Terhindar dari Super Macet yang Bikin Senewan

Kita semua sudah hafal betul dengan keluhan macet yang selalu ramai dilontarkan teman-teman kita yang tinggal di Jakarta. Memang sih, di sebagian kota lain juga pasti pernah mengalami macet, tapi setidaknya nggak sampai menjadi kejadian rutin. Dan kalau macet juga nggak sampai berhenti total atau sampai hitungan jam.

[Image Source]
Sudah banyak yang tahu kalau Jakarta langganan macet, tapi masih banyak yang ingin ke sana [Image Source]
Nah, kalau sudah tahu Jakarta macetnya bikin senewen, kamu yang nggak tinggal di Jakarta bisa bersyukur. Setidaknya, macet yang terjadi cuma di hari-hari atau daerah tertentu saja. Masih bisa cari alternatif jalan lain yang lebih lengang.

2. Terhindar dari Banjir Tahunan

Ketika musim hujan tiba, berita tentang masalah Jakarta yang banjir akan memenuhi televisi. Kalau seperti itu kan susah, nggak cuma bingung kalau mau kemana-mana, kamu juga repot karena barang-barang banyak yang terendam air.

[Image Source]
Banjir di Jakarta [Image Source]
Yang namananya bencana memang nggak ada yang tahu, tapi kalau banjir sudah jadi peristiwa tahunan, kan susah juga? Tapi untungnya pemerintah Jakarta sedang berusaha menyelesaikan masalah ini. Semoga saja cepat selesai masalah ini.

3. Aman dari Potensi Kerusuhan

Sebagai ibu kota, Jakarta adalah pusat pemerintahan negara kita. Ada istana negara, kantor DPR/MPR, dan masih banyak lagi. Nah, jadi jangan heran kalau di Jakarta juga sering terjadi kerusuhan, demo atau protes–protes sejenisnya.

[Image Source]
Sebagai pusat pemerintahan, di Jakarta sering terjadi kerusuhan [Image Source]
Tinggal di luar Jakarta, berarti kamu akan aman dari potensi kerusuhan. Apalagi demo sekarang ini sering merambat hingga menjadi aksi kerusuhan. Jadi, kalau kamu termasuk orang yang cinta damai dan nggak suka keributan apalagi kerusuhan, bersyukurlah kamu nggak tinggal di Jakarta.

4. Bebas Stres di Perjalanan

Udah tahu macet, nggak bisa gerak, tapi masih suka mengklakson dengan heboh. Ya tetap saja nggak bakal bisa bergerak. Ada juga motor-motor yang suka nerobos lampu merah, atau yang naik ke trotoar.

[Image Source]
Siapa yang nggak stres kalau harus ketemu macet setiap hari? [Image Source]
Perilaku-perilaku seperti ini yang sebenarnya bikin macet makin parah. Selain itu, perjalanan di jalan raya juga bisa makin bikin stres. Makanya, akan lebih nyaman tinggal di kota kecil yang lengang.

5. Saingan Usaha dan Pekerjaan yang Besar

Salah satu alasan mengapa banyak orang ingin pindah ke Jakarta adalah untuk mencari pekerjaan. Logika yang digunakan adalah karena sebagai pusat pemerintahan dan pembangunan, maka lapangan pekerjaan juga akan melimpah di kota ini.

[Image Source]
Meski banyak perusahaan besar, saingan juga cukup banyak [Image Source]
Hal lain yang gagal dilihat adalah banyak orang juga memikirkan hal yang sama. Akibatnya, justru di Jakarta saingan mencari pekerjaan lebih besar. Oke, memang sih gajinya lebih besar, tapi ingat, biaya hidup di kota Jakarta juga besar. Jadi, kenapa nggak berkarya di kota sendiri?

Memang sih, banyak orang yang ingin ke Jakarta untuk mendapatkan hidup baru dan penghasilan yang lebih baik. Tapi ada juga yang ingin keluar dari zona nyaman. Jika kamu memang menginginkan hal ini, kamu sebenarnya juga bisa mengembangkan diri atau memulai hidup baru di kota lainnya yang lebih nyaman.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas
BACA JUGA