Nggak akan ada habisnya kalau bicara tentang dunia kuliner, terbukti dari banyaknya gambar atau video makanan yang bermunculan di social media udah punya jutaan views setiap harinya. Melihat makanan yang dimasak memang nggak akan membuat kita bosan. Apalagi jika kita dalam keadaan laper berat! Bisa-bisa nekat langsung menuju ke lokasi untuk merasakan sendiri sensasi makanan yang kelihatannya enak banget itu.

Kita memang nggak akan bisa lepas dari makanan bagaimanapun bentuknya dan rasanya, yang namanya manusia lidahnya akan selalu mencari sensasi yang baru. Kali ini ada kuliner unik yang datang dari Vietnam, bukan makanan yang pedas ataupun terbuat dari keju yang molor abis, tapi makanan ini berbahan dasar tikus. Tikus yang digoreng lebih tepatnya! Menurut mereka ada khasiat tertentu setelah mengkonsumsi tikus goreng ini, kira-kira apa ya? Simak dulu deh poin-poin kita berikut ini!

Dipercaya bisa awet muda saat banyak makan tikus

Percaya nggak kamu makanan ini bisa bikin awet muda? [Sumber Gambar]
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat kulit kita tampak lebih muda, jika biasanya disarankan untuk banyak makan makanan yang bergizi lain halnya seperti yang dipercaya oleh warga Vietnam. Mereka percaya bahwa dengan memakan tikus kulit manusia akan lebih halus dan bebas kerutan. Itu karena tekstur dari kulit tikus sendiri yang halus dan rasanya sih katanya seperti babi yang gurih. Hmmm, cobain nggak ya?

Bukan tikus sembarangan nih yang bisa dimasak!

Katanya sih makin gemuk makin halus kulitnya [Sumber Gambar]
Namun jangan khawatir, tikus yang dimasak untuk dimakan manusia ini berbeda dari tikus yang biasanya ditemukan di rumah. Biasanya yang akan diburu adalah tikus dengan badan yang gemuk dan banyak berada di sekitar persawahan. Tikus-tikus yang banyak ditemukan di sawah ini kebanyakan mengkonsumsi padi atau beras yang sehat, jadi nggak perlu khawatir dagingnya tidak akan meracuni tubuh kita.

Nggak hanya di jalanan, sajian ini udah sampai di restoran mewah!

Kalau udah di plating seperti ini mau makan? [Sumber Gambar]
Walaupun banyak ditemukan sebagai jajanan kaki lima bukan berarti makanan ini hanyalah untuk rakyat jelata lho. Tikus goreng yang biasanya disajikan dengan cara dibakar ini udah sampai ke restoran lho. Dengan harga yang dipatok mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 85.000 saja kamu sudah bisa merasakan sensasi makan tikus di restoran. Kalau melihat review-nya sih banyak yang bilang enak, udah tergoda cobain belum nih?

Ternyata udah dipanen layaknya hewan ternak ayam dan sapi

Sampai ada yang dijuluki Rat King alias raja tikus lho! [Sumber Gambar]
Bulan Juni – Juli adalah bulan yang spesial untuk warga yang ada di sekitar provinsi Kompong Cham, karena di area inilah banyak banget tikus sawah yang siap dipanen untuk dijual. Jika beruntung biasanya per hari mereka mendapatkan tikus hinga 25 kg! Walaupun masih banyak yang menganggap tikus adalah hewan pembawa penyakit, nyatanya nggak berlaku nih untuk warga yang ada di sekitar.

BACA JUGA: Top 5 Wisata Kuliner Paling Ekstrim Di Dunia

Kalau diteliti lagi, populasi ayam dan sapi atau bahkan hewan ternak lain terhitung masih banyak di Vietnam, tapi masih nekat untuk memasak tikus. Apakah kamu termasuk orang yang bisa mengalahkan rasa jijik atau geli atas nama kesehatan untuk memakan apapun? Kira-kira perlu dikasih uang berapa nih untuk mau cobain tikus goreng ini?