in

Dari Penyakit Kulit Hingga Virus, Inilah 4 Risiko Jika Tidak Cuci Baju Baru

Punya baju baru itu menyenangkan bagi setiap orang. Saking senangnya biasanya mereka langsung memakai baju baru tersebut. Enggak peduli dengan bau toko yang penting bisa keren dengan pakaian barunya. Namun, tanpa disadari baju yang mereka pakai itu banyak sekali kuman yang menempel dan bisa berpengaruh pada kesehatan.

Walaupun bajunya terhitung baru, tapi kita enggak akan pernah tau berapa lama ia di toko itu. Belum lagi pakaian tersebut berdekatan dengan baju yang lain. Selain itu sudah berapa banyak tangan yang memegang baju tersebut. Hmm.. kalau dipikir-pikir, jorok juga ya pakaian baru yang kita beli itu. Maka dari itu, baju yang baru dibeli harus dicuci terlebih dahulu kalau enggak mau bahaya ini mengancam tubuh kalian.

1. Jamur yang berasal dari orang yang coba pakaian barumu

Pakaian yang dicoba berkali-kali bisa menyebabkan jamur [Sumber Gambar]
Pakaian baru yang kita bangga-banggakan tersebut tidak diketahui sudah berapa banyak ia dicoba oleh orang lain. Kemudian, kita juga enggak bakal pernah tau mereka yang lebih dahulu mencoba baju tersebut menderita penyakit jamur atau tidak. Jamur atau penyakit kulit lainnya mudah sekali menempel pada serat-serat baju dan tidak akan pernah menghilang. Malah jamur tersebut akan terus bertambah jika tidak dicuci bersih. Bayangkan saja, kalau yang telah mencoba pakaianmu lebih dari 10 orang, berapa banyak bakteri yang menempel di bajumu?

2. Bisa kena penyakit kulit lain ketika kamu berkeringat

Penyakit kulit lain akan bertambah jika berkeringat [Sumber Gambar]
Keringat yang dikeluarkan, pasti menempel di baju yang dikenakan. Nah, kalau baju baru yang kita pakai tidak dicuci terlebih dahulu, kuman-kuman akan menumpuk menjadi satu. Bisa dibayangkan kalau Sahabat Boom harus pakai baju tersebut selama seharian penuh. Bakteri yang menumpuk akan menginfeksi kulit dan menyebar ke semua bagian indra peraba kita. Kalau sudah begitu, mandi saja tidak cukup untuk menyembuhkannya lho.

3. Bisa terkena virus flu yang menempel di bajumu

Bisa terkena virus flu [Sumber Gambar]
Baju baru enggak akan pernah bersih dari yang namanya kotoran. Apalagi ia digantung bebas tanpa ada pelindung sedikitpun. Salah satunya adalah virus flu yang dapat menempel di permukaan baju. Bakteri tersebut dibawa oleh para pengunjung yang berkeliaran di sekitar tempat bajumu diletakkan. Pasti Sahabat Boom juga tau kalau virus yang satu ini bisa menyebar dengan mudahnya dan cepat sekali untuk berkembang biak. Nah, kalau sudah begitu apa masih mau enggak cuci baju baru kesayanganmu itu?

4. Baju baru bisa membuat kamu terkena alergi juga

Pewarna baju yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit [Sumber Gambar]
Enggak bisa dipastikan kalau pabrik tempat pembuatan baju itu benar-benar bersih 100%. Pasti ada kuman bertebaran dan bisa berasal dari mana saja. Contohnya aja pewarna pakaian. Pewarna pakaian yang masih baru mengandung suatu zat yang bisa menyebabkan kulit iritasi. Ini akan sangat berpengaruh untuk orang yang memiliki kulit sensitif. Bisa-bisa ia terserang alergi dengan gejala pertama yaitu gatal-gatal. Kemudian ada juga zat kimia dalam proses pembuatan pakaian yang bisa membuat para pemakainya terserang penyakit kalau baju enggak dicuci terlebih dahulu. Contohnya saja formalin yang digunakan untuk proses finishing, ia bisa membuat para pengguna bajunya terserang iritasi mata, paru-paru bahkan alergi pada paru-paru. Ihh.. serem ya..

Kita boleh berbangga dengan baju yang kita beli, tapi jangan lupakan kesehatan diri sendiri juga ya. Harus rajin untuk mencuci baju baru karena kita tidak tau berapa penyakit yang menempel di benda tersebut. Namun, dalam mencuci juga ada beberapa aturan Sahabat Boom. Yang pertama adalah baju harus direndam minimal satu jam dengan detergen anti bakteri. Kemudian jangan lupa mencuci dengan air panas ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Anti Kemewahan, Pernikahan 5 Artis Ini Sederhana, Ada yang Pakai Sarung dan Peci!

Bagai Bumi dan Langit, Beginilah Potret Kesenjangan di Afsel yang Bikin Terenyuh