in

Supaya Puasamu Semakin Maksimal, Hindari Memposting 3 Hal Ini di Media Sosialmu

Di bulan puasa ini kita memang benar-benar diuji. Mulai dari menahan amarah, lapar, haus dan lain sebagainya. Termasuk menahan untuk memposting sesuatu di media sosial. Kita jadi harus lebih memilih lagi apa yang pantas diunggah atau tidak ketika sedang melakukan puasa.

Agak susah memang untuk memilah hal yang akan kita posting di media sosial. Sebab, bisa-bisa kita pahala puasa kita berkurang hanya gara-gara unggahan tersebut. Nah, supaya terhindar dari pengurangan pahala puasa, kita harus tahu dulu nih hal apa yang tidak boleh diposting pada saat bulan ramadan seperti ini.

Jangan unggah foto makanan saat berpuasa [Sumber Gambar]
Salah satunya adalah mengunggah foto makanan atau minuman. Sebenarnya sih sah-sah saja, akan tetapi kalau diposting saat siang hari, kasihan orang lain yang melihatnya. Mereka jadi tidak bisa konsentrasi dalam berpuasa dan pastinya bakal membayangkan makanan dan minuman apa yang akan dikonsumsi waktu berbuka nanti. Nah, itu sama saja membangkitkan hawa nafsu orang lain untuk makan dan minum. Jadi secara enggak langsung, kalian akan kecipratan dengan dosanya.

Kemudian, postingan selanjutnya yang seharusnya dijauhi sewaktu bulan ramadan adalah update status mengeluh puasa. Misalnya saja nih, ada yang menuliskan kalau mereka merasakan lapar dan haus pada saat berpuasa. Kalau sudah seperti itu, sama saja dengan tidak terima kalau dirinya sedang berpuasa. Wah, itu mah gawat karena secara tidak langsung dirinya tidak terima dengan peraturan dari Allah. Sehingga jangan pernah deh mengeluh sambil update status. Selain bisa membuat orang mengucapkan kata kasar, juga Allah akan marah besar kepada kalian. Enggak mau kan Allah tiba-tiba mengutuk kalian menjadi batu saat itu juga?

Jangan update status mengeluh [Sumber Gambar]
Nah, hal terakhir ini biasanya banyak dilakukan, khususnya para ladies. Apalagi kalau bukan pamer di media sosial. Sering kali ketika bulan puasa, banyak yang memamerkan ibadahnya. Mulai dari membaca al-qur’an sampai sholat tarawih. Hal tersebut lebih baik dihindari deh selama bulan puasa ini. Penyebabnya bisa membuat orang mengolok-olok kalian karena tentunya hal tersebut dianggap sebagai pamer. Jadi bagi yang masih suka pamer ibadah dengan upload foto selfie sambil pake mukena, harus bertaubat deh. Jangan sampai pahala puasa berkurang hanya gara-gara hal sepele itu.

Media sosial memang tidak pernah melarang kita untuk memposting apapun itu. Akan tetapi, kalau kita perhatikan lebih jeli, media sosial merupakan ladang untuk memupuk dosa. Ia adalah sumber dari iri, dengki, kemarahan dan lain sebagainya. Sehingga kita harus bisa menggunakan media sosial dengan bijak supaya pahala puasa tidak berkurang.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

10 Iklan Promosi Super Nyeleneh Orang Indonesia, yang Malah Bikin yang Baca Ngakak Terus

Berawal Dari Sales Biasa, Pria Terkaya di Indonesia Ini Ungkap Rahasia Kesuksesannya