Categories: Trending

5 Negara ini Harusnya Mengucapkan Terima Kasih Pada Indonesia. Mengapa?

Indonesia memang bukanlah negara maju seperti Amerika atau pun Tiongkok. Namun negeri telah melakukan banyak hal kepada dunia, hingga penghargaan sudah selayaknya didapatkan. Indonesia mungkin tidak menginginkan sebuah imbalan berupa materi berupa barang atau uang. Indonesia hanya ingin sebuah ucapan terima kasih yang tulus dari beberapa negara yang telah mendapatkan kemudahan di masa lalu atau pun sekarang.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Amerika Segan dengan Indonesia

Inilah lima negara yang seharusnya mengucapkan terima kasih kepada Indonesia. Jika tidak ada Indonesia, mungkin beberapa hal di masa lalu negara ini tak akan berjalan dengan lancar.

1. Amerika

Ya, anda tidak salah membaca. Amerika adalah negara pertama yang harusnya mengucapkan terima kasih (bonus minta maaf) kepada Indonesia. Pertama karena negara ini banyak sekali mengeruk keuntungan dari Indonesia. Anda pasti sudah paham jika banyak sekali perusahaan besar dari Amerika yang menguasai Indonesia sejak zaman dahulu hingga sekarang.

Freeport di Indonesia [image source]
Salah satu yang paling fenomenal adalah Freeport yang mengeruk banyak sekali emas dari Bumi Cendrawasih. Sejak tahun 60-an, Freeport telah menjadi perusahaan besar yang mengambil banyak keuntungan besar. Pemerintah mungkin diberi jatah, namun jumlah terbanyak tetap masuk ke kantong perusahaan. Oh ya, kasus Freeport ini bahkan sampai ada teori konspirasinya juga. Salah satu yang paling santer dibicarakan adalah lengsernya Soekarno. Banyak yang bilang jika lengsernya Soekarno terjadi akibat intervensi Amerika agar bisa menguasai tambang emas terbesar di Indonesia itu.

2. Belanda

Belanda telah menjadikan Indonesia menjadi koloninya sejak ratusan tahun yang lalu. Selama itu pula Belanda telah banyak sekali mengeruk hasil bumi dan rempah yang kemudian di bawa kembali ke Eropa. Selain ucapan terima kasih, Belanda sudah sepantasnya memberikan ucapan permintaan maaf kepada bangsa ini karena di masa lalu orang di nusantara ini dianggap sebagai hewan ternak.

Belanda di Indonesia [image source]
Banyak sekali hal-hal di masa lalu yang membuat bangsa ini sengsara. Misal menjadikan bangsa ini pekerja paksa tanpa gaji dan makan yang cukup. Hal-hal semacam ini seharusnya tak pernah dilupakan sampai kapan pun. Dan Belanda sudah sepantasnya mengucapkan terima kasih kepada negeri yang telah memberinya banyak hal dari tenaga manusia sampai hasil bumi yang melimpah.

3. Malaysia

Malaysia adalah negara tetangga yang sering sekali membuat orang Indonesia menjadi gerah. Kasus-kasus seperti klaim wilayah hingga klaim kebudayaan sempat membuat Indonesia memanas. Pada pemerintahan Soekarno pun Malaysia sudah berulah hingga muncullah sebuah jargon: Ganyang Malaysia! Oh ya, alasan mengapa Malaysia harus mengucapkan terima kasih kepada negeri ini karena di masa lalu negeri ini banyak belajar dari Indonesia.

Pidato ganyang Malaysia [image source]
Dahulu kala banyak sekali guru dari Indonesia dikirim ke Malaysia untuk mengajar di sana. Mirisnya, kualitas pendidikan di Malaysia jauh lebih maju dari Indonesia sekarang. Selain itu masalah olahraga, banyak sekali pelatih Indonesia terutama dalam bidang bulu tangkis yang didatangkan ke negeri itu. Akhirnya bulutangkis Malaysia berkembang dengan cepat. Terakhir, mungkin agak memalukan adalah masalah TKI. Pekerja dari Indonesia ini sudah selayaknya diapresiasi oleh Malaysia meski pekerjaannya hanya tukang cuci.

4. Tiongkok

Tiongkok adalah negara yang harusnya mengucapkan banyak sekali ucapan terima kasih kepada Indonesia. Pertama karena mereka banyak sekali menempatkan pekerjanya di Indonesia. Banyak perusahaan dari negeri tirai bambu ini yang menguasai sektor penting dalam negeri. Kedua adalah banyaknya barang dari Tiongkok yang membanjiri Indonesia.

barang Tiongkok di Indonesia [image source]
Negeri ini adalah pasar yang sangat menarik bagi berbagai produk Tiongkok yang sangat beragam. Menemukan produk dengan tulisan Made in China di Indonesia tidaklah susah. Hal ini sudah membuktikan jika tidak ada Indonesia maka banyak sekali produk-produk Tiongkok yang akan mangkrak dan tak laku dijual. Well, meski tidak secara langsung mereka harus berterima kasih, sih. Pasalnya orang Indonesia juga dikenal sangat komsumtif. Apalagi jika barang itu murah meski hanya berkualitas KW.

5. Vietnam

Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah mengalami perang bertubi-tubi hingga jutaan orang harus rela menjadi korbannya. Saat perang dingin terjadi dan negeri ini menjadi dua kubu, Vietnam menjadi sebuah tanah yang penuh dengan ceceran darah. Sekitar tahun 1973-1974 Indonesia pernah mengirimkan Pasukan Garuda IV ke negeri ini untuk mengawal status quo dan juga pertukaran tawanan perang.

Perang Vietnam [image source]
Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia adalah yang terkuat. Itulah mengapa di situasi pelik yang menimpa Vietnam, Indonesia turun di garda depan untuk mengawal negeri ini untuk berbenah. Dan benar saja, dua tahun setelah dikawal, akhirnya terjadi reunifikasi dan tak ada lagi Vietnam Utara dan Selatan. Sudah sepantasnya Vietnam mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya untuk Indonesia.

Baca Juga: 5 Penguasa Indonesia Paling Hebat dari Masa Kerajaan Nusantara Hingga Sekarang

Inilah lima negara yang sudah sepantasnya mengucapkan terima kasih kepada Indonesia. Apa yang dilakukan oleh negeri ini sudah sepantasnya dihargai meski tak harus diganti dengan sebuah materi yang jumlahnya banyak.

Share
Published by
Adi Nugroho
Tags: Indonesia

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

1 day ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago