in

Tentang Microsleep Agar Kita Bisa Terhindar dari Kecelakaan karena Mengantuk

tentang microsleep

Kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh artis Vanessa Angel dan sang suami membawa kabar duka yang mendalam. Apalagi jika melihat mobil pasca kecelakaan yang ringsek sedemikian rupa, seolah kita paham kalau kecelakaan yang terjadi cukup parah.

Baca juga: Peer to Peer Lending, Begini Cara Investasinya yang Murah dan Menghasilkan

Tentang kecelakaan tersebut dikatakan bahwa salah satu penyebabnya adalah sang sopir yang mengantuk. Lebih khususnya, yang dialami oleh si sopir diduga adalah microsleep. Menurut data, ternyata cukup banyak kecelakaan yang terjadi lantaran pengemudinya mengalami microsleep. Lalu seperti apa itu? Simak ulasan berikut.

Apa itu microsleep?

Microsleep adalah sebuah fenomena di mana kita mengalami tidur yang berlangsung sangat singkat. Bisa dalam hitungan detik atau menit. Pada situasi ini sebenarnya otak masih terjaga, namun mata dan fisik seolah tidak bisa untuk bangun. Bisa dibayangkan jika ini terjadi saat mengendarai mobil di tol dengan kecepatan tinggi.

Gejala microsleep

Gejala microsleep biasanya ditandai dengan hilangnya fokus serta kontrol tubuh. Entah dengan melepas pegangan jika menggenggam sesuatu hingga terjatuh tiba-tiba. Ngantuk dan sering kali menguap juga merupakan gejala lain microsleep.

Penyebab microsleep

Penyebab fenomena ini tak lain adalah istirahat yang kurang dan kelelahan. Jadi ketika berada dalam kondisi seperti itu kemudian memaksakan melakukan sebuah aktivitas maka akan muncul kecenderungan terjadi microsleep. Bosan lantaran melakukan sesuatu yang sama berulang-ulang juga bisa menjadi penyebab munculnya microsleep. Salah satu contohnya adalah berkendara di jalan tol yang lurus dan konstan.

Tips menghindari microsleep

Ada beberapa cara untuk menghindari microsleep. Tentu yang paling utama adalah dengan istirahat dan tidur cukup. Jika berkendara, microsleep bisa dicegah dengan meningkatkan fokus misalnya minum kopi atau melakukan peregangan ringan sebelum mengemudi. Di perjalanan kita juga bisa berbicara atau mendengar musik agar tidak bosan yang bisa memicu microsleep.

Microsleep adalah salah satu penyebab banyaknya kecelakaan lalu lintas. Makanya, ketika merasakan gejala-gejalanya, lebih baik untuk beristirahat. Tidak apa-apa agak terlambat sedikit atau lebih lama di jalan asalkan pulang masih bernyawa.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Ingin Lindungi Privasi Anak, 11 Artis Ini Putuskan Tak Mengekspos Wajah Buah Hati Mereka

Panggil Arwah sampai Dugaan Eksploitasi, Di Balik Duka Meninggalnya Vanessa Angel dan Bibi