in

Panggil Arwah sampai Dugaan Eksploitasi, Di Balik Duka Meninggalnya Vanessa Angel dan Bibi

Vanessa Angel dan Bibi. [sumber gambar]

Media sosial tak pernah berhenti memberikan polemik kepada masyarakat di dunia nyata. Hal ini tak lepas dari mudahnya menggapai popularitas dengan memanfaatkan sesuatu yang sedang viral. Bermodal menekan tombol rekam pada perangkat, seseorang bisa menjadi selebriti sehari.

Begitu juga dengan tragedi kecelakaan yang mengakibatkan kematian Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah. Beberapa orang kemudian memanfaatkan momen tersebut untuk menjaring ketenaran. Baik tidaknya, masyarakat yang menilai. Namun, apakah aksi ini diperbolehkan?

Seorang cenayang lakukan aksi panggil roh Vanessa Angel

Masih basah kubur Vanessa dan Bibi setelah meninggal di Tol Nganjuk, Jawa Timur. Tiba-tiba saja, Indonesia dikejutkan dengan unggahan yang menjadi viral. Seorang yang mengaku cenayang beraksi dengan mencoba memanggil roh Vanessa dari balik dunia lain.

Ki Soleh Pet jadi sasaran kemarahan warganet. [sumber gambar]
Pengunggah video tersebut adalah YouTuber Ki Soleh Pet. Dengan menggunakan perangkat seperti radio, ia kemudian menangkap suara-suara janggal di sekitar lokasi kejadian kecelakaan yang merenggut nyawa Vanessa dan Bibi. Konon terdengar pula suara teriakan wanita dan bunyi mobil.

Disebar admin medsos, dihujat warganet

Ilustrasi marah. [sumber gambar]
Dirasa tidak memiliki nurani, warganet kemudian menghujani kreator video berjudul “Nekat ! Panggil Arwah Vannesa Angel di Tempat Terjadinya Kecelakaan Tol Jombang” tersebut dengan kritikan. Banyak yang mempertanyakan sikap hormat mereka terhadap yang kehilangan.

Dihapus Ki Soleh Pet dengan klarifikasi dan permintaan maaf

Merasa terjepit, kreator konten tersebut, Ki Soleh Pet dan Baks 888 kemudian menghapus video itu dari dunia maya. Tapi, jejak digital tak semudah itu dihilangkan. Banyak warganet yang sudah menangkap layar aksi mereka saat mengaku “mengundang” roh Vanessa.

Ki Soleh Pet dan Baks 888 beri klarifikasi soal panggil arwah Vanessa Angel. [sumber gambar]
Ramai di media sosial, keduanya kemudian melakukan klarifikasi bahwa kedatangan mereka adalah untuk mendoakan almarhum Bibi dan almarhumah Vanessa. Selain itu, mereka juga menghapus konten video tersebut dari YouTube supaya kegaduhan tak berlanjut.

Bukannya mereda, polemik setelah kematian Vanessa dan Bibi makin meruncing

Usai Ki Soleh Pet menghapus video tentang suara arwah Vanessa, stand-up comedian Ernest Prakasa gantian jadi fokus pembicaraan. Hal ini tak lepas dari adanya beberapa video tentang Gala Sky, anak Vanessa dan Bibi. Fuji, adik kandung Bibi, dan Tom Liwafa, jutawan asal Surabaya, memang sering memberikan update tentang kondisi Gala, yang mengalami cidera kepala akibat kecelakaan tersebut.

Lewat Twitter, Ernest Prakasa singgung yang manfaatkan kemalangan Gala. [sumber gambar]
Ernest kemudian menulis cuitan di Twitter yang menyinggung supaya Gala tidak dijadikan bahan konten demi popularitas. Karena unggahan ini, Ernest kemudian panen hujatan karena dianggap melayangkan tuduhan yang tidak semestinya.

Fuji coba berikan penjelasan tentang maksudnya bikin video bareng Gala

Fuji unggah video bareng Gala untuk update kondisi terbaru keponakannya. [sumber gambar]
Merasa disinggung oleh Ernest, Fuji coba berikan penjelasan kepada warganet. Menurutnya, seringnya ia mengunggah video adalah mencoba membantu netizen yang penasaran dengan kondisi terbaru Gala. Fuji juga memberi pesan, bila tidak memberi bantuan atau berkontribusi setidaknya sediakan ruang untuk respect.

BACA JUGA: Tinggalkan Duka Mendalam, Vanessa Angel dan Suami Meninggal dalam Kecelakaan Mobil di Tol

Memang sulit untuk memisahkan putih dan hitam dalam media sosial. Selain itu, giringan opini juga begitu mudah dibuat di sana. Semua jadi serba abu-abu karena setiap orang hanya bisa menilai lewat layar smartphone masing-masing. Lalu bagaimana menjadikan dunia maya sebagai “dunia yang indah?” Mudah saja, yaitu lebih bijak dalam bermedia sosial.

Written by Bayu Yulianto

tentang microsleep

Tentang Microsleep Agar Kita Bisa Terhindar dari Kecelakaan karena Mengantuk

Disebut Sebagai Pawang sampai Kebal Bisa, 5 Orang Ini Meninggal Dunia Setelah Diserang Ular