in

5 Tempat Paling Angker di Jawa Timur yang Bakal Bikin Kamu Merinding

3. Alas Ketonggo, Ngawi

Selain Alas Purwo yang ada di Banyuwangi, ada satu lagi hutan di Jawa Timur yang kental sekali dengan nuansa mistisnya. Tempat ini bernama Alas Ketonggo atau Srigati yang ada di Ponorogo. Dilihat dari namanya sendiri sebenarnya sudah cukup merepresentasikan apa yang ada di dalamnya. Ketonggo berasal dari kata “Katon” yang berarti terlihat dan “Onggo” yang artinya adalah makhluk halus.

Jika Alas Purwo diibaratkan sebagai bapak, maka Alas Ketonggo adalah ibunya
Alas Ketonggo di ibaratkan sebagai ibunya [ImageSource]
Menurut sejarah, tempat ini adalah hutan di mana Prabu Brawijaya bersembunyi ketika Majapahit diserang Demak. Alas Ketonggo juga sekaligus tempat dimakamkannya sang raja yang dibuktikan lewat sebuah makam tua.

Sama seperti dua tempat mistis di atas, Alas Ketonggo juga katanya adalah sebuah kerajaan gaib. Tempat ini juga sering sekali dikunjungi banyak orang entah untuk bersemedi  atau berziarah.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Sisi Lain Kehidupan Floyd Mayweather di Luar Ring Tinju yang Tak Banyak Diketahui Orang

Wahai Kaum Adam, Apakah Wanita Pilihanmu Sudah Memiliki Beberapa Hal Berikut?