Selama ini kita mengenal Korea Utara sebagai salah negara yang lumayan mengurung diri. Oleh sebab itu wajar sangat sedikit hal-hal yang kita dengar mengenai negara tersebut. Ada pun berita yang beredar, kalau tidak masalah militernya yang bikin ngeri ya teknologi nuklir yang jadi mimpi buruk banyak negara.

Namun siapa sangka kalau negara ini ternyata juga punya teknologi maju yang tak kalah dengan yang lain, buatan sendiri lagi. Bayangkan saja, mulai dari smartphone hingga satelit ada di sana. Lalu benarkah bisa semaju itu negara yang terkenal dengan nuklirnya itu? Simak ulasan berikut ini.

Mobil Junma jadi satu-satunya yang ada di Korut

Seperti yang diketahui kalau Korut sempat menjadi salah satu negara yang paling menutup dari dari dunia. Bagaimana tidak, hampir tak ada kabar darinya yang ada hanya isu pengembangan teknologi nuklir yang bikin ngeri. Namun siapa sangka kalau di sana ternyata ada sebuah industri mobil. Pyeonghwa menjadi satu-satunya perusahaan yang memproduksi kendaraan roda empat di sana.

Mobil Junma [Sumber Gambar]
Salah satu produknya adalah Junma yang gak kalah dengan mobil-mobil keren lainnya. Usut punya usut, perusahaan ini adalah hasil kerja sama dengan Korsel beberapa tahun sebelumnya dan jadi industri utama. Namun sayang ada kabar kalau perusahaan Pyeonghwa ini tutup produksi tahun 2012, sehingga Junma tak lagi bisa ditemui.

Gak hanya mobil, namun satelit pun bikin sendiri

Memiliki sebuah satelit sendiri mungkin jadi salah satu tanda kalau sebuah negara mulai maju, seperti halnya Korea Utara yang tak mau ketinggalan. Bagaimana tidak, pasalnya meskipun hanya dikenal dunia karena militernya, tapi ternyata negara ini sempat mengembangkan sebuah satelit. Kwangmyongsong-5 dan 4 adalah salah satu bukti nyata bagi pengembangan teknologi tersebut.

Satelit Korut [Sumber Gambar]
Usut punya usut, mengenai peluncuran satelit ini sudah dilakukan oleh Korea Utara sejak tahun 2012, hingga akhirnya terus berlanjut mengembangkan teknologinya hingga satelit Kwangmyongsong generasi ke 5. Melalui satelit ini pula Korea Utara dikatakan mendapatkan beberapa informasi mengenai Amerika.

Si Arirang, smartphone andalan Korea Utara

Di zaman sekarang, smartphone mungkin jadi hal yang tak mungkin dipisahkan lagi. Begitu pula dengan Korut yang juga mulai melek teknologi. Alih-alih melakukan impor besar-besar untuk smartphone, yang ada mala Korut ternyata membuat ponsel canggih andalannya sendiri.

Arirang [Sumber Gambar]
Arirang adalah salah satu bukti ambisi teknologi negara yang satu ini dalam upaya memajukan masyarakatnya. Namun sayang produk buatan perusahaan Koryo Link ini sempat diklaim oleh salah satu blogger sebagai pabrikan China. Namun beberapa media Korut menolak dan menjelaskan kalau Arirang bahannya asli dari Korea Utara. Canggih juga negara ini ya bisa bikin gadget sendiri.

‘Ipad’ nya Korea Utara gak kalah dengan aslinya

Ternyata di Korea Utara juga ada produk bernama Ipad loh, bahkan banyak yang memakainya. Namun bedanya Ipad yang dimaksud bukanlah pabrikan dari perusahaan besar Apple yang kita kenal itu, melainkan bikinan Korut sendiri. Dibuat oleh perusahaan bernama Ryonghung tablet ini memang dinamakan sama dengan milik apple, entah atas dasar apa melakukannya.

Ipad Korut [Sumber Gambar]
Namun jika dilihat masalah spesifikasinya bisa dimasukkan dalam kategori lumayan. iPad pabrikan Korut ini ternyata memiliki spek yang cukup tinggi prosesor quad-core 1,2 GHz, RAM 2 GB, media penyimpanan 8 GB, berikut kabel HDMI, dan koneksi jaringan. Keren juga ya guys.

BACA JUGA: Mengintip Gadget-gadget Buatan Korut yang Ternyata Gak Kalah Gahar dengan Apple

Tak melulu lekat dengan yang namanya perang atau nuklir, namun ternyata Korut juga menjadi negara yang mandiri masalah teknologi. Meskipun masih belum bisa menyaingi negara maju, namun ada usaha dalam diri mereka untuk bangkit. Tentu hal seperti inilah yang memang patut dicontoh.