Debat presiden yang berlangsung Minggu (17/02/19) memang sedikit berbeda dari bulan lalu, di mana calon presiden maju sendiri tanpa ditemani oleh para wakilnya. Ternyata, tak hanya calon pemimpinnya saja yang adu argumen bagaimana memakmurkan Indonesia 5 tahun ke depan, para netizen di berbagai media sosial juga ikutan debat. Bedanya, perbedabatan mereka ya terkait dengan dua sosok calon presiden. Mulai dari gaya mereka berbicara, hingga atribut yang digunakan keduanya, semua menjadi sorotan.

Jika sebelumnya Prabowo ramai dibicarakan perihal unicorn dan tanah HGU seluas 340 ribu hektar di Aceh dan Kalimantan, Jokowi malah dipermasalahkan dengan alat bantu untuk berbicara selama debat berlangsung. Sebagian kalangan menaruh kecurigaan bahwa Jokowi menggunakan earpiece (semacam perangkat kecil pelantang suara yang disumpalkan secara tersembunyi di telinga), dengan alat pengendali berbentuk pulpen di tangan.

Menanggapi hal tersebut, Jokowi bereaksi datar saja, ia malah bilang bahwa hal tersebut paling-paling juga ulah pihak yang iseng. Lebih jauh, paslon no 1 ini mengatakan bahwa itu sudah masuk ranah fitnah dan penyebaran berita bohong. Seperti dikutip dari sebuah video Kompascom, ‘debatnya sudah rampung, fitnah seperti itu jangan diterus-terusin-lah, jadi jangan membuat isu yang tidak bermutu-lah’ ucapnya lagi saat ditemui di sela-sela kunjungan ke SDN Panimbang Jaya 1, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglan, Banten. Adapun saat para reporter menanyakan perihal pena yang katanya menjadi benda pembantu lain, Jokowi menunjukkan barang tersebut dan membukanya.

Namun, kreativitas netizen ternyata tetap berlanjut saja, adanya tagar #SavePulpen bertebaran dan sempat menjadi trending topic di Twitter. Netizen pun beramai-ramai menambahkan analisa terhadap apa-apa yang dipakai oleh Jokowi ketika debat malam tersebut.

Editan Pakaian Jokowi saat debat [Sumber gambar]
Selain pulpen dan earpiece ternyata juga ada softlense tembus pandang yang bisa mencari jawaban debat langsung, sepatu anti-gravitasi, celana anti-kerut dan penuaan dini, kode tangan rahasia dari luar angkasa yang bikin jawaban Jokowi lancar ~dikira alien kali yaa~. Yang enggak kalah bikin kocak adalah ternyata yang datang debat malam itu bukan Jokowi tetapi Robot Jokowi artificial Intellegence, ada-ada sih netijen di negara ber-flower ini.

Teknologi canggih editan netizen [Sumber gambar]
Bukannya berhenti, editan lain juga tersebar, kali ini persiapan untuk debat ketiga. Bukan Jokowi saja, cawapres Ma’ruf Amin juga menggunakan teknologi yang enggak kalah canggih, ada tasbih bluetooth contekan debat, kacamata laser, peci ber-WiFi biar bisa berkomunikasi rahasia, serta sarung infrared berbahan contekan. Hadehhh, tambah ngawaur dan enggak jelas kan?

BACA JUGA: Dapat Julukan ‘Tuan Tanah’ Begini Luas Lahan Prabowo, 3 Ribu Kalinya Kebun Raya Bogor

Menanggapi hal tersebut, banyak yang takjub sekaligus menanggapi dengan guyonan receh mereka. ‘seriusan udah kebangetan ini’ begitu cuitan dari @RambaTika. Ya, menurut para warganet negara kita tidak secanggih itu menggunakan teknologi untuk hanya digunakan debat pilpres. Kalau menurut Sahabat Boombastis gimana?