Bila berbicara mengenai kemajuan negara-negara di Asia, tentunya Indonesia belum bisa menempati posisi puncak dibanding lainnya. Sebut saja Jepang maupun Singapura yang selama ini namanya memang sudah membahana dari segi kemajuan teknologi maupun industrinya. Namun ternyata tidak semua masyarakat negara tersebut paham teknologi sepenuhnya. Atau bahkan saking pahamnya mereka dengan teknologi canggih sehingga melupakan hal-hal yang kecil.

Seperti cerita yang baru-baru ini menjadi viral di media sosial, di mana ada seorang warga negara asing yang mengunggah status di akun facebooknya untuk membandingkan Singapura dan Indonesia. Bukan mengenai kelemahan kita, melainkan justru dalam unggahan tersebut Indonesia tampak unggul dibanding Singapura. Lha dari segi apanya ya?

Sang turis bercerita mengenai pengalaman memperbaiki HP di Singapura

Sebenarnya bila dilihat-lihat postingan tersebut adalah biasa saja. Namun karena isinya membandingkan kebolehan dua negara jadilah status itu heboh. Pria berkewarganegaan asing bernama Nik Semenov itu menceritakan pengalamannya memperbaiki HP di Singapura. Dalam statusnya dia menuliskan bahwa saat dirinya mencoba membetulkan ponsel di negara itu ada dua orang yang melayaninya.

Status Nik [image source]
Kedua orang tersebut mencoba membetulkan HP Nik dalam waktu kurang lebih satu jam. Dan setelah menunggu bukannya si ponsel berhasil diperbaiki, dua orang tersebut malah mengatakan bahwa Nik harus mengirim HP tersebut ke Cina. Dan bila dia melakukan saran tersebut maka butuh waktu sekitar tiga minggu baginya untuk mendapatkan HP kembali dan dia juga harus mengeluarkan biaya sebesar SGD 400 atau kurang lebih Rp 3,8 juta. Namun perlakuan lain diperoleh Nik ketika dia di Indonesia.

Pelayanan di Indonesia jauh berbeda

Dengan saran yang diberikan oleh dua teknisi HP di Singapura sebelumnya tidak lantas membuat Nik setuju mengirim ponsel tersebut ke Cina untuk diperbaiki. Kemudian ketika Nik di Indonesia, dia kembali mencoba peruntungan membawa ponselnya menuju Mall Ambassador di Jakarta Selatan untuk diperbaiki. Mall ini memang dikenal sebagai salah satu tempat penjualan HP di ibu kota serta ada banyak gerai yang menyediakan jasa perbaikan ponsel di sana.

Mal ambasador [image source]
Dalam status Nik, dia menyebutkan bahwa ketika membawa HP tersebut di salah satu gerai service dia hanya dilayani oleh satu orang pegawai. Hebatnya hanya dalam waktu 30 menit, tukang service yang kira-kira masih berusia 17 tahun tersebut berhasil memperbaiki HP rusaknya. Belum lagi Nik hanya perlu membayar USD 50 atau kira-kira Rp 750 ribu untuk jasanya. Selain itu Nik juga diberikan waktu garansi selama 30 hari beserta jus gratis sembari menunggu.

Sang bule ternyata berasal dari Rusia

Tidak heran bila status tersebut seketika menjadi viral, karena secara tidak langsung cerita Nik menunjukkan bahwa kualitas tukang service HP Indonesia tidak kalah dengan mereka di negara semaju Singapura. Setelah ditelusuri ternyata Nik ini berasal dari Saint Petersburg, Rusia yang sudah memiliki gelar MSc Strategic Management di Paris.

Bule Rusia [image source]
Pria ini juga menyebut dirinya sebagai seorang wirausaha di kawasan Asia. Makanya tidak heran jika dia kerap berpindah-pindah negara seperti kali ini dari Singapura ke Indonesia. Status facebook Nik sontak kemudian dibagikan ratusan teman-temannya yang juga mengakui kehandalan teknisi di Indonesia. Tentunya hal ini sedikit mengejutkan kita ya, karena ternyata tukang service yang kita punya memiliki kemampuan oke juga.

Status Nik kebanjiran komentar berbagi pengalaman serupa

Seperti yang sebelumnya disebutkan bahwa unggahan Nik tersebut dibagikan oleh ratusan orang temannya. Selain itu dia juga kebanjiran komentar yang bernada serupa. Seorang pengguna facebook bernama Retna Sri Karminingsih menuliskan, “this is so funny I had that experience same before #foreverambass,” atau yang berarti dia juga pernah mengalami kejadian serupa. Ada juga Pavel Kostyuchenko yang malah bertanya di mana dia bisa bertemu tukang service tersebut karena ponselnya juga harus diperbaiki.

Banjir komentar [image source]
Ada pula akun bernama Nick Dzivakou yang menuliskan bahwa Mall Ambassador merupakan tempat terbaik di mana kita bisa memperbaiki apapun barang yang rusak. Selain itu pengguna bernama Rich Halle berkomentar di mall tersebut ada sekitar 5 sampai 10 toko yang dapat membantu memperbaiki apapun jenis HP nya. Wah ternyata kebolehan tukang servis di Mall Ambassador sudah membahana di kalangan orang berkewarganegaraan asing ya.

BACA JUGA: Inilah Potret Keadaan Kos di Hongkong yang Ternyata Ibarat ‘Neraka’ Ketimbang di Indonesia

Ada-ada saja memang, mungkin Nik Semenov tidak akan menduga kalau postingan di akun facebooknya seketika menjadi viral. Dan sepertinya masyarakat kita jadi semakin bangga mengetahui fakta sederhana dari cerita perbaikan HP bule Rusia tersebut. Wah kayaknya tukang service HP kita sudah boleh diadu dengan negara lain nih ya kebolehannya.