Wabah virus corona atau COVID-19 membuat banyak hal berubah. Karena masifnya penyebaran dan belum tentu bisa dikendalikan, momen bulan ramadan pada 2020 bakal tidak bisa dinikmati seperti tahun-tahun sebelumnya. Terutama kegiatan salat tarawih yang biasa dilakukan secara berjamaah di masjid.

Kementerian Agama (Kemenag) sendiri sempat mengeluarkan imbauan untuk mengerjakan salat tarawih di rumah masing-masing, guna mencegah penyebaran virus corona lewat Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 mengenai panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H. Caranya? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Ibadah yang tidak memiliki perbedaan antara di rumah maupun di masjid

Ilustrasi salat tarawih di rumah [sumber gambar]
Pelaksanaan ibadah salat tarawih tak memiliki perbedaan yang spesifik, baik jika dilaksanakan di masjid maupun di rumah. Dilansir dari Islam.nu.or.id (11/04/2020), praktiknya bisa dilakukan secara berjamaah maupun sendiri (infirad). Hanya saja, usahakan hanya keluarga inti saja dengan sedikit orang jika dilaksanakan secara berjamaah di rumah.

Memenuhi syarat-syarat utama terpenuhinya salat Tarawih

Ilustrasi memenuhi syarat salat tarawih [sumber gambar]
Ada beberapa syarat dan ketentuan sesuai petunjuk agar salat tarawih bisa berjalan lancar meski dilaksanakan di rumah. Seperti niat untuk melaksanakan salat tarawih, mengerjakan 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat diakhiri salam seperti biasa atau 4 rakaat dengan sekali salam. Di akhir ibadah, bisa ditutup dengan salat witir sebanyak 3 rakaat. Untuk jumlah rakaat sendiri, beberapa juga mengerjakan 20 rakaat terawih dan 3 rakaat witir setelahnya.

Ibadah tarawih bisa ditutup dengan salat sunnah witir

Ilustrasi salat sunnah witir [sumber gambar]
Seusai salat tarawih, ibadah lain yang bisa dilakukan adalah salat witir sebanyak 3 rakaat sebagai penutup. Tata caranya pun kurang lebih sama dengan ibadah salat fardhu maupun sunnah lainnya, yakni membaca niat kemudian dilanjutkan dengan ibadah. Umumnya, rakaat yang dipilih berjumlah 1 atau 3.

Manfaat salat tarawih yang luar biasa

Ilustrasi salat tarawih [sumber gambar]
Salat tarawih yang dikerjakan di bulan suci ramadan juga memiliki beragam manfaat bagi mereka yang mengerjakannya. Dilansir dari Rumaysho.com (20/08/2009), pertama adalah mendapatkan ampunan dosa yang telah lalu, shalat tarawih bersama imam seperti shalat semalam penuh, shalat tarawih adalah seutama-utamanya shalat pada masa bulan ramadan.

BACA JUGA: 7 Kejadian Unik yang Selalu Terjadi Saat Tarawih Tiba, Pastinya Bikin Betah Terus Berada di Masjid

Selain Kemenag, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU juga mengimbau masyarakat, khususnya dari kalangan NU, untuk tetap melaksanakan ibadah salat tarawih dan Idul Fitri di rumah masing-masing. Ya, semoga saja wabah corona atau COVID-19 bisa segera hilang sebelum masuk bulan ramadan ya Sahabat Boombastis.