in

Kontroversi Dinda Safay, Influencer yang Bagikan Trik-trik ‘Sesat’ untuk Hindari Virus Corona

Belakangan, nama Dinda Safay menjadi puncak trending di Twitter. Dinda adalah seorang influencer yang beberapa kali mendapat sorotan selama wabah corona. Baru-baru ini, ia kembali disorot karena dianggap memberikan tips ‘sesat’ dan bisa membahayakan kesehatan oleh netizen, lagi-lagi ia menyebut untuk mencegah virus corona.

Karena statusnya sebagai seorang influencer, Dinda dianggap bisa membuat para pengikutnya mengikuti apapun konten yang ia buat. Enggak heran, kalau kemudian ia disebut sebagai salah satu influencer kontroversial. Mau lihat seperti apa sih yang ia lakukan? Simak dalam ulasan berikut ini!

Membuat air diffuser anti-bakteri dari air dan sabun cair

Yang paling baru dan membuat dirinya menjadi sorotan nih. Jadi, dalam video TikToknya, Dinda mengatakan kalau cara itu merupakan salah satu upaya untuk mencegah corona virus. Ia tampak mencampurkan cairan sabun antiseptic ke dalam sebotol air mineral. Cairan yang sudah tercampur itu dimasukkan ke dalam diffuser.

https://twitter.com/xnethacy/status/1249500148431896577

Hal tersebut jelas sebuah cara yang ‘sesat’, karena cairan sabun antiseptic hanya untuk pemakaian luar tubuh saja. Sedangkan, kalau dimasukkan ke dalam diffuser, ia bisa terhirup dan membahayakan paru-paru. Ya, kalau kata netizen, mati karena corona virus sih mungkin enggak, tapi mati karena cairan diffuser itu bisa saja~~

Sebelumnya, ia membuat hand sanitizer yang juga tuai kontroversi

Selama musim corona ini, bukan karena diffuser saja, Dinda Safay sebelumnya juga pernah bikin heboh terkait dengan hand sanitizer yang ia buat sendiri. Melalui kanal YouTubenya, Dinda mencampurkan alkohol 96% tanpa takaran yang jelas dan Aloe Vera sebanyak 500 mg.

Dinda Safay [sumber gambar]
Dan parahnya lagi ia mengklaim bahwa ini udah sesuai standar WHO. Dengan jumlah pengikut dan subscriber yang sudah banyak, hal itu jelas bisa saja membahayakan—bukan hanya dirinya tapi juga orang lain. Karena dihujat dan dikritik, ia akhirnya menghilangkan video tersebut.

Memakai sarung tangan lateks selama berbelanja

Sebelum dua hal di atas, Dinda sudah membuat heboh dengan memposting fotonya yang sedang berbelanja dan memakai sarung tangan lateks. Ia menuliskan caption bahwa WHO bahkan menganjurkan untuk mencuci tangan dan memakai sarung tangan lateks saat berada di kerumunan orang (ruang publik).

Dinda memakai sarung tangan lateks [sumber gambar]
Tak hanya itu saja, Dinda juga pernah menyatakan bahwa kita bisa tau apakah seseorang menderita corona dengan menahan nafas selama 10 detik. Hal ini jelas saja membuat netizen emosi, karena bahkan ada mereka yang dinyatakan positive corona meski sehat dan tak ada tanda apapun.

BACA JUGA: 3 Artis Ini Sering Bikin Kontroversi, tapi Nggak Cuma Koar-koar Saat Ada Bencana

Beberapa tindakan di atas mendapatkan hujatan dari netizen karena di berbagai macam platformnya Dinda Safay punya banyak pengikut. Takutnya, saat ia memberikan tips yang salah dan diikuti oleh banyak orang, ia akan membahayakan banyak orang pula.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Manfaat Positif bagi Penanganan COVID-19 saat Data ODP yang Sebenarnya Dibuka oleh Pemerintah

Tidak Asal dan Sembarangan, Inilah Tata Cara Tarawih di Rumah yang Wajib Diketahui