Kabar bahagia baru saja datang dari keluarga besar Jokowi. Putrinya, Kahiyang Ayu baru saja melahirkan anak pertamanya di Rumah Sakit YPK, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu pagi (1/8). Tentu saja kabar ini disambut baik oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hingga artikel ini ditayangkan, nama dari putri Kahiyang Ayu belum juga dirilis.

Maka dari itu, bukan nama dan marga yang didapat anak pertama Kahiyang yang akan dibahas dalam ulasan kali ini. Melainkan tanggal cantik serta weton ketika cucu kedua Jokowi ini lahir. Kalau menurut pepatah Jawa, hari lahir anak Kahiyang adalah hari baik, loh!

Tanggal cantik 1.8.18

Kahiyang Ayu melahirkan di RS YPK, Menteng, Jakarta Pusat secara Caesar. Meskipun operasi, Iriana menyatakan bahwa prosesi persalinan Kahiyang mendadak, tidak disengaja agar tanggal lahir sang buah hati bisa “cantik,” dikutipn dari cnnindonesia.com. Lagipula, Gibran dan Kaesang juga tak tampak hadir di sana.

Tanggal cantik 1.8.18 [sumber gambar]
Mengenai tanggal 1.8.18 yang disebut cantik oleh masyarakat, Boombastis.com akan melihat angka tersebut menurut prespektif Cina atau Feng Shui. Dikutip dari tahunbaruimlek.com, angka 1 berarti keutuhan dan kemandirian, karena 1 fokus kepada “saya” atau diri sendiri. Sedangkan angka 8, seperti yang kita sudah tahu, adalah angka hoki bagi masyarakat Tionghoa. Angka 8 dilafalkan dengan ba yang mirip dengan fa, yang berarti kemakmuran.

Angka 8 menurut prespektif dari berbagai negara

Tak hanya Cina, angka 8 juga disebut sebagai nomor baik di beberapa negara. Vladimir Nabokov, sastrawan Rusia yang menulis Lolita sebagai karya besarnya, menyatakan bahwa angka 8 merupakan simbol dari infinity atau tidak terbatas dalam bukunya yang berjudul The Gift dan Pale Fire. Selain itu, budaya Latin juga menyimbolkan angka 8 sebagai infinity.

8 means infinity [sumber gambar]
Selain itu, mitologi Yunani juga menyebutkan bahwa angka 8 merupakan angka yang baik. Mereka yang mempelajari ilmu angka dalam pemahaman Yunani menyebutkan angka 8 sebagai ilmu tertinggi, 888 di Yunani disebut sebagai angka sakral yang mengarah kepada Yesus, dikutip dari astrojourneys.com.

Rabu pon sebagai pasaran anak Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Pada pukul 05.50 WIB, di hari Rabu, tepatnya 1 Agustus 2018, Kahiyang Ayu melahirkan seorang anak perempuan di RS YPK, Menteng. Menurut ilmu Jawa, anak Kahiyang dan Bobby memiliki pasaran atau weton Rabu Pon. Tak hanya menurut tanggal saja, weton Jawa juga menyebutkan bahwa hari lahir anak Kahiyang adalah hari baik.

Weton Rabu Pon [sumber gambar]
Mulai dari jumlah Rabu Pon yaitu 14, angka genap, terdiri dari 7 dan 7, dua angka yang sama dan dipercaya baik oleh masyarakat Jawa. 7 dibaca pitu oleh orang Jawa yang juga diartikan sebagai pitulungan atau pertolongan. Di mana mereka percaya bahwa siapa yang lahir dengan unsur angka 7 berarti akan mendapat banyak pertolongan dalam hidupnya.

Weton yang sama dengan sang mbahkung

Sulit dipercaya, tetapi weton putri Kahiyang sama dengan milik Jokowi. Presiden Republik Indonesia ini juga lahir pada Rabu Pon. Jika dilihat dari sifatnya yang baik dan bertanggung jawab, tak ayal jika nantinya anak Kahiyang juga akan mewarisi sifat sang mbahkung.

Weton Jokowi [sumber gambar]
Pemilik weton Rabu Pon kebanyakan berjiwa satria dan juga ramah. Tanggung jawabnya terhadap sesuatu yang ia yakini betul juga tak tanggung-tanggung. Mereka yang lahir di Rabu Pon juga salah satu kategori orang yang baik dan mudah berteman dengan siapa saja.

Wah, wah, wah, belum-belum anak Kahiyang dan Bobby sudah mendapat doa dari banyak orang, nih. Mulai dari disebut tanggal lahirnya adalah hari baik hingga kepercayaan orang-orang Jawa terhadapnya. Semoga saja cucu kedua Jokowi ini bisa berguna bagi nusa dan bangsa, serta berbakti kepada orang tua.