12 Benda yang Dapat Dipercaya Membawa Keberuntungan dari Berbagai Penjuru Dunia

oleh Rahma Muliani
10:18 AM on Jun 9, 2015

Di beberapa negara, masih ada yang mempercayai bahwa sebuah benda bisa dijadikan jimat, penjaga diri dari kekuatan jahat bahkan dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Misalnya saja yang sekarang sedang tren di Indonesia, yakni cincin batu akik. Padahal keberuntungan itu, bukanlah datang dari sebuah benda, melainkan pemberian dari Yang Maha Kuasa.

Seperti yang dilansir di list25.com, beberapa benda ini dipercaya oleh pemiliknya dapat membawa sebuah keberuntungan untuknya. Benda-benda itu sendiri bukanlah benda-benda dengan harga mahal loh. Mari kita simak pemaparannya di bawah ini.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

1. Segitiga

Segitiga merupakan sebuah bentuk bidang yang terdiri dari tiga buah sudut, yang antara sudut yang satu dengan sudut lainnya dihubungkan dengan sebuah garis. Segitiga ini, juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan bagi beberapa orang atau kaum.

Melambangkan Siklus Kehidupan
Melambangkan Siklus Kehidupan [imagesource]
Segitiga sering juga dikaitkan dengan Piramida Mesir dan simbol di balik lambang dollar AS. Menurut sebuah pemahaman, segitiga memiliki tiga sisi yang masing-masing mempunyai makna dan mewakili siklus kehidupan. Siklus tersebut meliputi kelahiran, kedewasaan dan juga kematian.

2. Bambu

Bambu adalah tanaman sejenis rumput yang terdapat rongga dan ruas di batangnya. Tanaman ini mempunyai laju pertumbuhan tertinggi di dunia, karena bambu dapat tumbuh sekitar 100 cm dalam kurun waktu 24 jam. Pemanfaatan dari bambu diantaranya untuk dikonsumsi, bahan kontruksi, bahan membuat alat musik dan lain-lain.

Meningkatkan Energi Dalam Diri
Meningkatkan Energi Dalam Diri [imagesource]
Menurut ilmu Feng Shui, jika tanaman bambu diletakkan di sisi timur sebuah ruangan, maka akan meningkatkan energi dalam diri. Jika ada yang memberi bambu sebagai hadiah, bambu tersebut juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan oleh sang penerima.

3. Gigi Buaya

Kita semua tentu tahu buaya adalah hewan yang sangat buas. Giginya yang sangat tajam itu mampu mengoyak habis apapun dalam waktu singkat, termasuk manusia dan hewan-hewan lainnya. Tapi siapa sangka, gigi tersebut justru bisa membawa keberuntungan bagi beberapa orang.

Gigi Buaya Dijadikan Bandul Pada Kalung
Gigi Buaya Dijadikan Bandul Pada Kalung [imagesource]
Memang terkesan mengerikan, akan tetapi beberapa peselancar yang ada di Afrika, termasuk Steve Irwin percaya jika memakai gigi buaya akan membawa keberuntungan untuknya. Biasanya gigi tersebut akan disematkan dan menjadi bandul pada sebuah kalung.

4. Evil Eye

Dalam budaya Timur Tengah, ada sebuah benda yang sangat populer untuk dijadikan jimat. Jimat itu sering disebut-sebut dengan nama Evil Eye. Jika diperhatikan, bentuknya memang seperti sebuah mata yang sedang melotot dengan tatapan jahat.

Banyak Wisatawan Yang Turut Membeli
Banyak Wisatawan Yang Turut Membeli [imagesource]
Menurut kepercayaan, siapapun yang memakai jimat ini, dirinya akan terlindung dari pandangan jahat dan berbahaya. Tak jarang juga para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini, turut membeli jimat yang berbentuk mata satu  dan sangat populer di Timur Tengah ini.

5. Penangkap Mimpi

Siapapun tidak akan mau mengalami mimpi buruk. Terlebih jika hal itu terjadi berkali-kali. Di Amerika ada sebuah budaya yang mempercayai akan suatu barang yang dipercaya dapat menangkal semua mimpi buruk dan mendatangkan mimpi yang indah.

Menangkal Datangnya Mimpi Buruk
Menangkal Datangnya Mimpi Buruk [imagesource]
Berawal dari kisah cerita rakyat, Nokomis. Nokomis melindungi seekor laba-laba yang akan dibunuh oleh cucunya. Kemudian laba-laba tersebut pergi ke jendela dan membentuk jaring-jaring. Bentuk penangkal mimpi itu memang seperti jaring-jaring laba-laba.

6. Kachinas

Kachinas adalah boneka yang memakai pakaian dan sering dijadikan teman bermain untuk anak-anak. Bentuknya sedikit menyeramkan, tapi begitu populer di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Benda ini dijadikan jimat oleh para pemiliknya.

Boneka Ini Menjadi Teman Bermain Anak
Boneka Ini Menjadi Teman Bermain Anak [imagesource]
Kachinas merupakan sebuah boneka yang mewakili roh. Mereka percaya, dengan mengundang roh ke dalam rumah seseorang atau keluarga akan membawa keberuntungan, yakni panen yang berlimpah ruah. Roh itu nantinya akan masuk ke dalam boneka Kachinas tadi.

7. Naga

Naga merupakan sebuah makhluk mitologi yang berwujud reptil dengan ukuran raksasa. Biasanya, dalam penggambarannya adalah seekor ular besar, namun ada juga yang menggambarkannya seperti seekor kadal yang mempunyai sayap dan dapat terbang.

Boneka Ini Menjadi Teman Bermain Anak
Boneka Ini Menjadi Teman Bermain Anak [imagesource]
Patung naga juga dipercaya sebagai keberuntungan dalam hal karir. Jika memiliki sebuah patung naga, maka sang pemilik akan mendapatkan posisi yang baik di sebuah perusahaan. Selain itu, patung naga juga dipercaya dapat mengalirkan kekuatan jika kita lewat di depannya.

8. Imperial Garden Lions

Benda ini sering juga disebut sebagai “Anjing Fu”. Benda ini banyak ditemukan di negara-negara di Asia, termasuk Cina, wujudnya berupa patung yang berbentuk seperti singa. Kaki sebelah kanannya, nampak seperti sedang menginjak bola.

Patung Ini Mencegah Datangnya Pencuri
Patung Ini Mencegah Datangnya Pencuri [imagesource]
Patung ini biasanya berdiri di depan pintu rumah dan jumlahnya sepasang, yakni sisi kanan dan kiri pintu. Patung ini dipercaya dapat menangkal pencuri yang mencoba mencuri di rumah tersebut. Orang-orang yang memasang patung ini adalah orang kaya, kuil-kuil dan juga istana.

9. Babi

Babi merupakan hewan ternak yang biasa dikonsumsi dagingnya oleh orang Eropa dan Asia. Hewan ini berasal dari Eurasia, memiliki moncong yang panjang dan hidung yang cenderung pesek. Namun tidak hanya dikonsumsi, tapi babi juga dianggap pembawa keberuntungan di Eropa.

Banyak Celengan Yang Berbentuk Babi
Banyak Celengan Yang Berbentuk Babi [imagesource]
Diseluruh Eropa ada sebuah kepercayaan bahwa dengan memelihara babi dapat membawa keberuntungan berupa kekayaan dan kemakmuran. Dalam mitologi Cina pun, babi dianggap sebagai simbol kejujuran dan ketekunan. Itulah sebabnya, mengapa banyak celengan berbentuk seekor babi.

10. Patung Buddha Tertawa

Dari sekian banyak modelnya, patung Buddha yang sedang tertawa dianggap membawa keberuntungan bagi sang pemilik. Buddha yang tertawa ini dipercaya membawa kekayaan baik materi maupun spiritual.

Dipercaya Mendatangkan Kekayaan
Dipercaya Mendatangkan Kekayaan [imagesource]
Menurut Feng Shui, tempat meletakkan patung Buddha yang sedang tertawa ini adalah di bagian barat pada sebuah ruangan. Hal ini dipercaya akan mendatangkan kekayaan dan membawa kesehatan bagi sang pemilik.

11. Kaki Kelinci

Kelinci adalah hewan yang sangat lucu dan menggemaskan, bulunya yang halus dan tingkah lakunya sangat sering membuat kita tersenyum sendiri melihatnya. Namun ternyata, ada sebuah budaya yang mempercayai bahwa salah satu bagian dari tubuh kelinci membawa keberuntungan.

Mempercepat Dapat Keturunan
Mempercepat Dapat Keturunan [imagesource]
Satu kaki belakang dari seekor kelinci dapat membawa keberuntungan berupa keturunan, kaki dari kelinci tersebut melambangkan kesuburan. Banyak pasangan yang baru menikah, mempercayai jimat ini, agar cepat mendapatkan keturunan.

12. Daun Semanggi

Daun semanggi adalah tumbuhan jenis paku-pakuan yang biasa hidup di pematang sawah atau di sekitar saluran irigasi. Biasanya tumbuhan ini terdiri dari empat buah anak daun pada satu tangkainya, tapi tidak semua terdiri dari empat buah anak daun, langka.

Jumlahnya Sangat Langka
Jumlahnya Sangat Langka [imagesource]
Nah, kelangkaan itulah yang membuat daun semanggi yang memiliki 4 lembar anak daun menjadi jimat keberuntungan. Angka empat itu sendiri melambangkan iman, kasih, harapan dan juga keberuntungan. Jumlah daun semanggi yang dianggap jimat ini, dipercaya hanya ada sebanyak 1 dari 10.000.

Itulah tadi beberapa benda yang dianggap dapat membawa sebuah keberuntungan bagi beberapa orang, tapi ada juga yang tidak mempercayainya dan menganggap ini adalah hal yang kuno. Sungguh aneh memang, di era serba modern seperti sekarang ini masih ada saja yang mempercayai hal-hal seperti ini. Namun semuanya memang kembali pada keyakinan masing-masing.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA