Kiamat adalah fenomena yang akan terjadi di saat umat manusia memasuki akhir zaman. pada saat itu, bencana maha dahsyat akan terjadi dan melululantakkan kehidupan seluruh mahkluk hidup di muka bumi. Jauh-jauh hari, hal ini bahkan telah dikabarkan di dalam kitab-kitab suci umat beragama di dunia.

Bukan hanya ramalan belaka, sejumlah tanda-tanda pembuka kiamat juga dapat dilihat dari serangkaian peristiwa di Indonesia. Banyaknya bencana seperti gempa dan tsunami yang terjadi, tersebarnya kebohongan di masyarakat, merupakan salah dua ciri-ciri dari datangnya akhir zaman yang akan segera terjadi.

Banyaknya terjadi bencana gempa di beberapa wilayah

Bencana gempa bumi yang terjadi di beberapa wilayah baru-baru ini, menjadi salah satu tanda-tanda kiamat yang telah terjadi. Berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang dikutip dari muslim.or.id mengatakan, “Tidak akan tiba hari Kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi.” (HR. Bukhari).

Ilustrasi gempa bumi [sumber gambar]
Seperti yang kita tahu, Indonesia pernah dilanda gempa dahsyat yang berujung pada terjadinya tsunami. Seperti Aceh (2004) dan Palu (2018). Bukan hanya gempa, kasus tsunami dan likuifaksi yang pernah terjadi di desa Petobo beberapa waktu lalu, juga menjadi rangkaian tanda-tanda kiamat kecil di Indonesia.

Tersebarnya fitnah dan kabar bohong di tengah-tengah masyarakat

Fitnah dan kabar bohong (hoax), juga menjadi indikasi ciri-ciri datangnya kiamat yang telah terjadi di Indonesia. Salah satunya adalah kasus Ratna Sarumpaet yang sempat menghebohkan publik beberapa waktu silam. Tak hanya itu, penyesatan informasi dan penyebaran komunikasi yang berujung pada kebohongan, juga banyak terjadi pada saat ini di tengah-tengah masyarakat.

Kasus hoax nasional Ratna Sarumpaet yan hebohkan masyarakat Indonesia [sumber gambar]
Laman dari islampos.com menuliskan, Jabir ibn Samurah ra meriwayatkan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Menjelang kiamat, akan muncul para pendusta. Waspadalah terhadap mereka.” (HR. Muslim). Hingga saat ini, hoax atau berita bohong seolah telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Di mana mereka ada dan digunakan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.

Tersebarnya Perdagangan yang semakin meluas

Fenomena diskon belanja dan semakin menjamurnya perdagangan di tengah-tengah manusia, merupakan salah satu tanda-tanda kiamat yang saat ini telah terjadi di Indonesia. Salah satu cirinya adalah banyaknya pusat perbelanjaan atau pasar-pasar yang jaraknya saling berdekatan.

Semakin banyaknya perdagangan menjadi salah satu tanda kiamat [sumber gambar]
Hal ini telah disabdakan jauh-jauh hari oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan al-Hakim dari ‘Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu berbunyi, “Menjelang tibanya hari Kiamat, salam hanya diucapkan kepada orang-orang tertentu, dan banyaknya perdagangan hingga seorang wanita membantu suaminya dalam berdagang.”seperti yang dikutip dari almanhaj.co.id.

Praktik prostitusi yang semakin meluas

Kasus prostitusi artis yang sempat heboh beberapa waktu lalu, semakin membuat masyarakat di Indonesia tenggelam di lautan kemaksiatan yang semakin masif penyebarannya. Hal ini belum lagi ditambah dengan maraknya lokalisasi terselubung seperti di hotel-hotel, penginapan murah dan sebagainya. Tak salah bila peristiwa ini juga menjadi tanda-tanda awal akan semakin dekatnya hari kiamat.

Ilustrasi prostitusi [sumber gambar]
sebagaimana dijelaskan dalam hadits an-Nawwas radhiyallahu ’anhu, Nabi bersabda: “Dan yang tersisa adalah seburuk-buruk manusia, mereka melakukan hubungan intim di dalamnya bagaikan keledai, maka pada merekalah kiamat itu terjadi. ” (HR Muslim) seperti yang dikutip dari muslimah.or.id.

Hilangnya wibawa dan kejujuran pemimpin di mata masyarakat

Tanda-tanda kiamat kecil yang terlihat jelas di Indonesia adalah, saat masyarakatnya mengangkat pemimpin yang justru tak memegang amanah yang dipercayakan padanya. Bisa dibilang, mereka mengkhianati rakyat dengan beragam cara, seperti tersandung kasus korupsi, suap, hingga skandal kemaksiatan yang memang lazim ditemui di kalangan elite.

Saat pemimpin tak lagi amanah dalam menjalankan tugasnya [sumber gambar]
Hal ini sejalan dengan yang diriwayatkan dari ‘Amr bin Syu’aib, dari bapaknya, dari kakeknya Radhiyallahu anhum, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya beliau bersabda: “Akan datang pada manusia suatu zaman di mana mereka akan dipilih,hingga yang tersisa dari mereka hanyalah orang-orang yang hina, perjanjian-perjanjian dan amanah mereka telah bercampur (tidak menentu), dan mereka berselisih, maka mereka seperti ini.” Beliau merenggangkan jari-jemarinya (menunjukkan keadaan mereka yang saling bermusuhan-ed.).”

BACA JUGA: Tanda-Tanda Kiamat dari Berbagai Agama Ini Membuktikan Hari Akhir Sudah Dekat, Bersiaplah!

Kiamat yang menjadi pertanda berakhirnya seluruh kehidupan makhluk hidup di muka bumi, memang menjadi misteri yang akan terus diperbincangkan sepanjang zaman. Sebagai orang yang beriman, sudah seharusnya kita mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya hal tersebut. Bukan begitu Sahabat Boombastis?