Bersabarlah, Karena Allah Sedang Menyiapkan Sesuatu Untukmu!

oleh Sofia Fitriani
18:23 PM on Jan 27, 2016

Sesungguhnya Allah tidak menciptakan kita, hambaNya ini, sebagai makhluk yang lemah lagi mudah berputus asa. Kita sebagai manusia diciptakan Allah sebagai khalifah atau pemimpin di dunia ini, dengan kondisi yang kuat dan tangguh.

Dan ketika cobaan hidup datang silih berganti, Allah tak pernah meminta apapun kepada kita dalam menghadapinya, karena Dia menyuruh kita untuk meminta pertolongan kepadaNya lewat sabar dan sholat. Dan jika kita sabar dalam menjalaninya, Allah telah menyiapkan sesuatu indah di ujungnya.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Itulah mengapa, sebagai manusia kita harus bisa dan mampu, mengambil setiap hikmah yang ada dan tersebunyi di balik setiap ujian dan cobaan yang Allah berikan kepada kita. Bersabarlah ketika kekurangan, karena sesungguhnya Allah telah menyiapkan hadiah luar biasa atas kesabaran kita dalam menghadapi kondisi tersebut.

1.Pengganti Terindah Setelah Kehilangan

Menyakitkan sekali, ketika kita kehilangan orang-orang yang sangat kita sayangi. Apalagi jika mereka meninggal dunia. Namun yang harus kita ingat adalah, bahwa setiap manusia yang hidup pasti akan kembali kepadaNya, alias mati. Maka sebuah peristiwa kematian adalah peristiwa keniscayaan, yang kesemuanya pasti terjadi. Dengan kita meyakini bahwa hal tersebut tak mampu, dan bukan kuasa kita dalam menolaknya, maka rasa sabar dan ikhlas akan bisa kita bina, akan bisa kita pupuk dan tekankan pada diri kita sendiri.

Pengganti Terindah setelah Kehilangan [image source]
Pengganti Terindah setelah Kehilangan [image source]
Yakinlah, bahwa Allah telah menyiapkan hikmah terbaik, yang mungkin tak kita rasakan saat itu juga, namun bisa kita temukan kemudian. Begitupun saat kita ditinggalkan seseorang, karena sesungguhnya Allah sedang mengeliminasi yang buruk bagi kita, dan jika kita kuat dalam sabar dan ikhlas, Allah akan menggantinya dengan yang jauh lebih baik.

2. Keberkahan dalam Harta setelah Kita Menerima Kemiskinan

Allah tak pernah sekalipun menyusahkan hambaNya. Jika seorang hamba berada dalam kesulitan, dan dia merasakan putus asa kemudian menyerah kalah, sesungguhnya dia adalah hamba yang menjauh dari nikmat Allah. Karena Allah telah menjanjikan sebuah pertolongan bagi hambaNya yang meminta pertolongan kepada Allah lewat shalat dan sabar.

Keberkahan dalam Harta setelah Kita Menerima Kemiskinan [image source]
Keberkahan dalam Harta setelah Kita Menerima Kemiskinan [image source]
Sehingga tugas manusia terhadap ujian dan cobaan dari Allah hanyalah terus berusaha mengubah nasibnya dalam kesabaran, dan memohon kepada Allah pertolongan dengan shalat dan tentunya doa, serta amalan-amalan kebaikannya. Termasuk dalam kondisi miskin atau kekurangan. Dengan kita bersabar terus berusaha mengubah nasib serta memohon pertolongan kepada Allah dengan shalat dan amalan-amalan kebaikan, yakinlah bahwa Allah telah menyiapkan keberkahan harta..bukan harta melimpah, namun harta yang dapat menolong kita menuju ke syurgaNya kelak. In shaa Allah.

3. Pendamping Shalih/ah Setelah Sabar Dalam Penantian

Seorang hamba yang telah dengan sabar dan teguh berusaha menjaga kesucian dan harga dirinya dari zina dan perbuatan haram yang dilaknat Allah, akan mendapatkan pasangan yang sepadan juga dengannya. Yaitu dia yang juga mampu menjaga kesucian dan harga dirinya demi mempertahankan prinsip dan melaksanakan ketaatannya kepada Allah semata.

Pendamping Shalih(ah) setelah Sabar dalam Penantian [image source]
Pendamping Shalih(ah) setelah Sabar dalam Penantian [image source]
Allah telah menjanjikan dalam QS. An-Nuur ayat 26, bahwa lelaki yang baik akan mendapatkan perempuan baik dan sebaliknya, lelaki pezina akan mendapatkan wanita pezina juga. Jika kita saat ini sedang dalam penantian panjang yang belum menemukan ujungnya, terus perbaiki diri dan tingkatkan kualitas iman, agar Allah meridhoi apa yang akan Dia beri kepada kita kelak. Karena sesungguhnya memang takdir telah Allah tetapkan, yang membedakan adalah keberkahan yang akan kita raih dalam proses menjemputnya, serta keberkahan sesudah kita menjalani apa yang telah kita raih tersebut.

Maka jangan pernah ragu dalam mengambil prinsip kehidupan, yakinlah bahwa segala kebaikan selalu Allah siapkan asalkan kita mampu berproses selalu untuk menuju kebaikan di dunia dan di akhirat kelak. Yang perlu kita ingat bahwa Allah Maha Tahu, jadi sekecil apapun niat kita, apapun itu akan Dia ganti sesuai dengan niat tersebut. (sof)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA