Meski Mematikan, 5 Racun Ini Ternyata Juga Bisa Membantu Manusia

oleh Tetalogi
07:00 AM on Jan 28, 2016

Mendengar kata racun saja kita sudah tahu apa yang mungkin terjadi jika kita tidak sengaja meminumnya. Yang jelas, sebisa mungkin kita akan berusaha untuk jauh-jauh dari zat seperti ini.

Meski begitu, ternyata racun juga bisa dimanfaatkan untuk kebaikan manusia, lho. Dengan pengolahan yang baik dan dosis yang benar, bisa yang sangat mematikan pun bisa dijadikan obat. Berikut ini beberapa diantaranya.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

1. Racun Kobra India

Ular Kobra India dikenal sebagai salah satu ular paling beracun di Asia Tenggara. Bahkan ular ini adalah penyebab kematian paling banyak diantara 10 ribu kematian karena gigitan ular di India setiap tahunnya. Meski begitu, bisa ular yang mematikan ini ternyata bisa juga bermanfaat sebagai obat untuk radang sendi.

Racun kobra India [Image Source]
Racun kobra India [Image Source]
Eksperimen yang dilakukan pada tikus ternyata menunjukkan bahwa dosis kecil bisa kobra ini ternyata mampu mengurangi pembengkakan dan kaku pada sendi. Pasalnya, racun ini mampu menghambat kerusakan kolagen yang jadi penyebab kerusakan tulang rawan. Penelitian lanjutan sedang dikembangkan untuk mengetahui bagaimana hal ini bisa bekerja untuk manusia.

2. Deadly Nightshade

Apapun yang bernama deadly alias mematikan biasanya akan dijauhi. Tanaman deadly nightshade atau belladonna yang mematikan ternyata bisa digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan seperti asma, encok, dan epilepsi. Memakan buah dari tanaman ini bisa menyebabkan susah bicara, muntah, halusinasi, dan bahkan kematian.

Deadly Nightshade [Image Source]
Deadly Nightshade [Image Source]
Meski begitu, kemampuannya untuk menahan beberapa reflek syaraf berarti tanaman ini bisa digunakan untuk mengatur beberapa reflek tubuh jika digunakan dengan benar. beberapa diantaranya seperti memperlambat detang jantung saat proses operasi. Tamanan ini juga penting untuk operasi mata karena mampu membuat pupil membesar sehingga mempermudah operasi.

3. Keringat Katak Fire-Bellied

Ketika merasa terancam, katak ini akan mengeluarkan keringat beracun yang mengakibatkan iritasi kulit parah dan bahkan bisa berakibat fatal jika dikonsumsi. Meski begitu, keringat ini ternyata bisa menjadi obat bagi mereka yang mengalami luka serius.

Katak Fire-Bellied [Image Source]
Katak Fire-Bellied [Image Source]
Menurut Profesor Christopher Shaw, komponen racun pada katak ini bisa membantu memicu pertumbuhan pembuluh darah dan mempercepat proses penyembuhan serta meminimalisir munculnya bekas luka. Uji coba untuk manusia sedang akan dilakukan dan hak patennya sudah didaftarkan oleh China dan Amerika.

4. Ergot

Ergot adalah jamur yang menginfeksi gandum dan tumbuhan biji-bijian. Jamur ini terkenal bisa menimbulkan halusinasi, kejang, dan bahkan kematian jika termakan. “Wabah menari” di Strasbourg tahun 1518 yang menyerang lebih dari 400 orang membuat mereka terus menari disebabkan karena keracunan Ergot.

Ergot [Image Source]
Ergot [Image Source]
Meski begitu, racun ini juga digunakan dalam beberapa obat-obatan tertentu seperti Parkinson, migrain, bahkan diberikan kepada wanita yang baru melahirkan. Ergot menjadi sangat berharga karena mengandung zat kimia yang menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pendarahan.

5. Hemlock

Tanaman ini terkenal sangat beracun. Saking beracunnya binatang ini, manusia bisa tewas ketika memakan daging binatang yang sebelumnya memakan biji tanaman ini. Racun tanaman ini bekerja dengan melumpuhkan beberapa bagian tubuh dan membuatnya mati rasa.

Hemlock [Image Source]
Hemlock [Image Source]
Ilmuwan telah menemukan cara untuk memanfaatkan racun ini untuk perawatan epilepsi dan batuk parah. Racun ini juga dimanfaatkan untuk mengurasi rasa sakit saat gigi bayi tumbuh dan getaran bagi penderita Parkinson.

Dulu manusia hanya tahu bahwa racun hanya bersifat mematikan bagi manusia. Namun ternyata lewat penelitian lebih jauh, dengan pengolahan yang tepat ternyata racun tersebut bisa dimanfaatkan menjadi obat. Siapa sangka jika bahan yang berbahaya ternyata juga memiliki manfaat besar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA