Tak Mau Makan Uang Haram, Wu Xuede Kembalikan Uang Yang Dia Temukan

oleh Evi Rizana
12:53 PM on Jan 25, 2015

Di antara sekian banyak orang berdasi yang suka makan uang hasil korupsi, masih ada orang bawah yang menegakkan kejujuran mereka. Orang-orang yang rela hidup pas-pasan daripada makan dengan uang haram.

Salah satu contohnya adalah Wu Xuede, imigran yang menemukan uang sebesar 130.000 RMB atau setara dengan 260 juta rupiah. Merasa tidak berhak atas uang temuan tersebut, dia lalu memutuskan untuk mengembalikan uang yang ditemukannya pada pihak kepolisian, dilansir dari shanghaiist.com. Simak kisah kejujuran Wu Xuede yuk!

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

1. Temukan uang dalam tas kulit

Pria berusia 48 tahun ini merupakan seorang imigran yang belakangan diketahui berasal dari Suzhou, Provinsi Anhui, China. Saat itu, dia sedang berjalan untuk mencari kerja di Nanjing, kota yang dia datangi.

Wu Xuede di pasar lokal Nanjing (copyright shanghaiist.com)
Wu Xuede di pasar lokal Nanjing (copyright shanghaiist.com)

Saat berjalan di pasar lokal setempat, dia kemudian menemukan sebuah tas kulit. Wu Xuede lalu mengambil tas kulit tersebut. Dia begitu kaget ketika membuka tas dan menemukan uang cash dalam jumlah yang tidak sedikit yakni sekitar 130.000 RMB  atau setara 260 juta rupiah.

2. Menyimpannya di rumah

Bagi Wu Xuede, uang 260 juta merupakan uang yang sangat banyak. Bahkan, dia sendiri merasa tidak pernah memiliki uang sebanyak yang dia temukan.

Uang 260 juta di dalam tas kulit (copyright shanghaiist.com)
Uang 260 juta di dalam tas kulit (copyright shanghaiist.com)

Dia tidak bercerita kepada siapa pun tentang penemuan tas kulit berisikan uang tersebut. Dia lalu mengambil tas yang dia temukan dan membawanya pulang ke rumah. Wu Xuede menyimpan uang yang bukan milikinya selama 3 hari sebelum akhirnya memutuskan untuk mengembalikan uang tersebut kepada polisi.

3. Mendapat SMS dari polisi

Pada dasarnya, kejadian Wu Xuede menemukan tas kulit berisikan uang terekam pada CCTV yang berada di sekitar lokasi penemuan. Dia pun menjadi target dari polisi yang sedang mencari keberadaan uang tersebut. Akan tetapi, polisi tidak langsung menangkap dan menahan pria asal Suzhou tersebut melainkan mengirimnya SMS agar segera mengembalikan uang sebesar 260 juta yang ditemukan.

SMS dari polisi (copyright shanghaiist.com)
SMS dari polisi (copyright shanghaiist.com)

Wu Xuede berkali-kali mendapatkan SMS dari polisi yang membujuknya untuk mengembalikan uang yang dia temukan dengan ikhlas. Mengembalikan uang yang ditemukan. Hingga akhirnya, dia memutuskan untuk mengembalikannya setelah tiga hari kemudia. Masih dengan jumlah yang utuh yakni 130.000 RMB.

4. Sosok pria yang jujur

Meski hidup dalam serba kekurangan, Wu Xuede tidak sama sekali berniat menggunakan uang yang bukan miliknya. Pria dengan dua anak ini bahkan menceritakan tentang kesulitan perekonomian yang melandanya akhir-akhir ini pada media setempat.

Wu Xuede mengembalikan uang yang dia temukan (copyright shanghaiist.com)
Wu Xuede mengembalikan uang yang dia temukan (copyright shanghaiist.com)

“Lebih dari 6 bulan saya berada di kota Nanjing. Selama dua bulan pertama saya di sini, saya sudah mencoba 3 jenis pekerjaan. Namun saya hanya bisa mendapatkan uang sebanyak 4.000 RMB (setara dengan 8 juta rupiah) karena sulitnya mencari pekerjaan,” tuturnya pada Xinhua. “Dan saya butuh paling tidak 3 tahun untuk bisa mendapatkan uang sebanyak 130.000 RMB. Tapi saya bukan orang yang mau menyimpan uang yang bukan milik saya sendiri,” tambahnya.

Wu Xuede saja yang bahkan seorang pengangguran dan tidak punya uang masih mau jujur dengan mengembalikan uang yang bukan haknya. Semoga kisah ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus menegakkan kejujuran meski sedang berada dalam kesulitan. Jika di Indonesia banyak orang jujur seperti Wu Xuede, tak akan ada lagi cerita perjabat korupsi di negeri ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA