Industri hiburan Indonesia bisa dibilang terbuka untuk semua orang. Buktinya saja, orang-orang viral seperti Rahmawati Kekeyi hingga Bowo, juga selebgram penuh sensasi seperti Awkarin dan Younglex selalu mendapat panggung. Belum lagi artis-artis yang datang dari luar negeri dan mencari nafkah di Indonesia.

Seperti bagaimana Tyson Lynch—suami Melaney Ricardo yang banting setir dari pemain basket menjadi selebriti. Juga warga negara Korea Selatan yang menghasilkan banyak uang ketika menjadi YouTuber hingga artis di Indonesia. Demam Korea rupanya enggak hanya ngefek kepada idol K-Pop, loh. Warga biasanya juga dicintai oleh masyarakat Indonesia. Enggak percaya? Simak ulasan berikut ini.

Lee Jeong Hoon, enggak bisa jadi idol di Korea malah lari ke Indonesia

Zaman Korean wave menyerang Indonesia dan menjamurnya boy serta girl group lokal membuat Lee Jeong Hoon menjadi salah satu membernya. Ia tergabung dalam sebuah boy group bernama Hitz yang populer dengan lagu Yes Yes Yes. Ketika zaman K-Pop mulai redup, ia bukannya kembali ke Seoul, malah menetap di Indonesia.

Lee Jeong Hoon jadi artis di Indonesia [sumber gambar]
Lee—nama panggung Lee Jeong Hoon bahkan mendapat tawaran untuk main sinetron komedi berjudul Kelas Internasional di salah satu stasiun televisi. Setelahnya, ia lebih banyak berkegiatan sebagai presenter. Banyak program yang dibawakannya, loh. Tak sampai di situ saja, ia menikahi seorang wanita Indonesia dan bahkan sudah menimang buah hati. Lee sendiri menyebutkan dirinya senang berkarier di Indonesia karena di Korea Selatan, ia tidak pernah dibayar sebagai public figure.

Han Yoo Ra, YouTuber Korea Selatan pertama yang punya banyak fans

Jika sekarang banyak YouTuber Korea Selatan yang terkenal di Indonesia, Han Yoo Ra merupakan seorang yang menginisiasinya. Ia sempat berkolaborasi dengan YouTuber-YouTuber senior seperti skinnyindonesian24 juga Chandra Liow. Han Yoo Ra bahkan tergabung dalam proyek YouTube Rewind 2016, sebelum dunia YouTube Indonesia menjadi terkotak-kotakkan.

Sempat lama menghilang dan disebut mengidap penyakit kanker, Han Yoo Ra akhirnya membuat klarifikasi dalam kanal YouTube-nya beberapa bulan lalu. Ketika memasuki industri hiburan, Han Yoo Ra awalnya dipandang sebelah mata karena dirinya orang Korea (identik dengan operasi plastik). Namun, keteguhannya membuat ia semakin bersinar. Ia bahkan sempat bermain dalam satu sitkom bersama Lee, loh!

Hari Jisun, videonya selalu masuk di trending!

Sama seperti Han Yoo Ra, Hari Jisun juga mengawali kariernya di Indonesia sebagai YouTuber. Hingga akhirnya, banyak stasiun televisi yang mengundangnya untuk bincang-bincang. Salah satunya, program Hitam Putih yang dipandu oleh Deddy Corbuzier. Sayangnya, terjadi sebuah miskomunikasi di sana, yang membuat keduanya bersitegang.

Hari Jisun food blogger [sumber gambar]
Beruntung Hari Jisun tetap fokus pada karier YouTube-nya dan tidak mandeg begitu saja. YouTuber yang fokus dengan konten makanan ini selalu ditunggu-tunggu videonya oleh netizen. Belum lagi, videonya selalu nangkring di trending setelah diunggah. Bisa kebayang, kan, berapa rupiah yang masuk ke dalam rekeningnya setiap bulan?

Jun Chef, awal mula hanya masak kini jadi setara idol K-Pop

Tipikal muka orang Korea yang digilai masyarakat Indonesia juga berdampak pada Jun Chef. Meskipun dirinya mengawali karier di Indonesia sebagai chef, banyak netizen yang notice bahwa dirinya cukup tampan dan cocok dipanggil “oppa” bak idol K-Pop. Alhasil, Jun Chef merambah ke ranah YouTube yang membuat dirinya semakin settle tinggal di Indonesia.

Jun Chef jadi artis di Indonesia [sumber gambar]
Apalagi, Jun Chef bukan hanya seorang penikmat makanan seperti Hari Jisun, ia juga memasak. Sehingga, selain menjadi chef di restoran, ia juga seringkali dipanggil untuk menjadi narasumber untuk acara masak-masakan Korea. Belum lagi penghasilannya dari YouTube. Wah, kira-kira setara dengan Younglex enggak ya, gajinya?

Sunny Dahye, selebgram favorit penggemar K-Pop

Tak hanya memiliki wajah sebatas orang Korea Selatan, Sunny Dahye—yang enggak segan mengakui dirinya operasi plastik, benar-benar merepresentasikan seorang idol K-Pop. Tak ayal jika banyak netizen Indonesia yang menobatkan dirinya sebagai selebgram favorit. Hitung-hitung, kalau enggak bisa bertemu idol K-Pop, minimal foto bareng Sunny Dahye, deh.

Sunny Dahye jadi artis di Indonesia [sumber gambar]
Sama seperti Han Yoo Ra, Sunny Dahye sudah lama tinggal di Indonesia. Namun, ia tak segera memulai karier YouTube-nya seperti Han Yoo Ra. Baru-baru ini saja namanya dikenal secara luas di media sosial. Tak hanya mendapat penghasilan dari YouTube, ia juga menerima endorsement dari merek-merek yang enggak kalah, deh, dari Awkarin.

BACA JUGA: 15 Public Figure Tanah Air Ini Punya ‘Kembaran’ di Korsel, Ada Anak Mantan Gubernur!

Sahabat Boombastis, jika setelah melihat ulasan ini kalian berpikir “lahan pekerjaan Indonesia telah disabotase orang Korea Selatan,” berarti kalian mainnya kurang jauh. Coba kurang-kurangi, yuk, pola pikir seperti itu. Nanti malah kalian yang tengsin sendiri, loh, mending meneladani perjalanan karier mereka, siapa tahu ada yang bisa ditiru dan mendapat penghasilan yang lebih dari cukup juga.