Tahun Ini Jumlah Peserta SBMPTN Mengalami Peningkatan

oleh Adys Disty
06:24 AM on Jun 9, 2015
Foto Ilustrasi via okezone
Foto Ilustrasi via okezone

Tahun ini jumlah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun yang lalu. Hal ini terjadi karena mereka tertarik terhadap kredibilitas dan kualitas program studi dari universitas bersangkutan.

Ketua Umum SBMPTN 2015 Rochmat Wahab mengatakan sejak pendaftaran SBMPTN  telah dibuka pada 74 kampus negeri, tercatat 1.455.656 lulusan SMA/sederajat yang mendaftar untuk KAP dan PIN pada SBMPTN 2015. Angka tersebut naik sekitar 4,31 persen dari jumlah peserta SBMPTN 2014 yaitu 664.509 siswa. Dia pun menilai meningkatnya jumlah peserta ini dikarenakan peminat tertarik dengan prodi dan kualitas dari universitas yang dipilih.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

“Dibandingkan dengan tahun yang lalu, ada peningkatan sekitar 50 ribu orang yang menjadi peserta SBMPTN 2015. Terjadinya peningkatan mungkin disebabkan oleh kredibiltas prodi lembaga universitas tersebut, mungkin prestasi dan bobotnya yang sudah kelihatan. Saya kira itu yang memengaruhi,” kata Ketua Umum SBMPTN 2015 Rochmat Wahab di Jakarta, Minggu, (7/6).

Pelaksanaan ujian tulis SMBPTN 2015 akan digelar besok pada Selasa 9 Juni. Tahun ini, 74 perguruan tinggi negeri di Indonesia membuka saringan masuk melalui ujian tertulis dan keterampilan tersebut. Berikut ini adalah daftar kampus negeri yang paling diminati peserta SBMPTN 2015 :

  1. Universitas Padjajaran (Unpad) di Bandung, diminati 85.879 calon mahasiswa.
  2. Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, diminati 75.155 calon mahasiswa.
  3. Universitas Brawijaya (UB) di Malang, diminati 73.558 calon mahasiswa.
  4. Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, diminati 70.568 calon mahasiswa.
  5. Universitas Indonesia (UI) di Depok, diminati 67.136 calon mahasiswa.
  6. Universitas Diponegoro (Undip) di Semarang, diminati 62.649 calon mahasiswa.
  7. Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, diminati 62.574 calon mahasiswa.
  8. Universitas Sebelas Maret (UNS) di Surakarta, diminati 58.002 calon mahasiswa.
  9. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung, diminati 54.889 caln mahasiswa.
  10. Universitas Andalas (Unand) di Padang, diminati 54.060 calon mahasiswa.

Panitia SBMPTN 2015 akan membagikan soal kepada para peserta di seluruh Indonesia pada hari ini. Mereka terbagi menjadi tiga kelompok yakni kelompok ujian sains dan teknologi (saintek), kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum), serta kelompok ujian campuran (saintek dan soshum).

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA